5 Wahana Ekstrem dan “Agak” Ekstrem yang Saya Coba di Saloka

Minggu, April 07, 2019

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

Jadi, Saloka itu merupakan sebuah nama dari taman tematik terbesar yang ada di Jawa Tengah. Lokasi tepatnya, ada di Jalan Fatmawati No. 154, Lopait, Tuntang, Kabupaten Semarang.

Lah, Tuntang itu sebelah mananya Semarang? “Buta” daerah Semarang aku, Nu…

Tenang, bosku…

Buat kamu – kamu sekalian yang berasal dari luar Semarang dan belum terlalu “mengenal” atau “hafal” daerah Semarang, tenang saja. CALM DOWN. Saloka Theme Park ini mudah banget dijangkau, kok, karena lokasinya berada persis di sisi jalan utama Solo – Semarang.

Biar lebih gampang dan yaqin, cari saja lokasinya lewat bantuan Google Maps. Ketik “Saloka Theme Park” di kolom pencarian, kemudian, ikuti saja petunjuk yang muncul di layar smartphone kalian. Dijamin! Langsung ketemu tanpa takut bakal salah jalan, kebablasan, mblusuk – mblusuk, ataupun kena drama belok di gang yang salah, seperti saat saya mencoba mampir ke Taman Sari beberapa waktu lalu itu. Hehe… Mau datang kesini pakai motor atau mobil pribadi, bisa. Pakai transportasi massal seperti ojek daring atau bus umum pun, no problem romantiko, Bulgozo! Turun dari bus, sudah kelihatanlah itu, gerbang dan maskot dari Taman Saloka.

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang
Si Loka ; Maskot Saloka Theme Park

Oiya, katanya taman tematik terbesar, tapi kok cuma ada lima wahana?

Sabar, wahai kawula muda penerus bangsa…

Sejatinya,


(  (  ( S . E . J . A . T . I . N . Y . A  )  )  )


Saloka Theme Park ini memiliki banyak wahana. Totalnya ada 20-an lebih. Tapi wahana ekstrem dan “agak” ekstrem yang saya coba di Saloka Park kapan hari itu baru lima biji. Nah, berhubung menyandang gelar sebagai wahana ekstrem dan “agak” ekstrem inilah, 5 wahana yang saya coba memiliki syarat khusus yang ditujukan kepada para pengunjungnya. Misal, tinggi minimal dari orang yang bisa menaiki wahana “A” adalah 120 cm. Berat badan maksimal agar bisa mencoba wahana “B”, 75 kg. Kemudian, ada wahana “C” yang tidak diperuntukkan bagi wanita hamil dan orang – orang yang memiliki phobia akan ketinggian. Jadi enggak semua orang bisa menikmati 5 wahana yang saya tuliskan di bawah ini. Apa saja itu?

1\ Cakrawala
Setelah masuk melewati gate pengecekan tiket, pengunjung Saloka Theme Park akan langsung disuguhi dengan gagahnya wahana Cakrawala yang berdiri kokoh di sebelah barat area Jejogedan dan Kapal Jenju. Wahana Cakrawala menjadi wahana yang pertama kali saya naiki untuk menikmati suasana Saloka dan daerah Tuntang dari atas ketinggian. Viewnya cakep! Selain bisa melihat Taman Saloka dari atas ketinggian, mata kita juga akan dibuat eyegasm berkat kolaborasi indah antara luasnya genangan air di Rawa Pening dengan hijaunya barisan beberapa gunung dan area persawahan di daerah Tuntang – Semarang.

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang
Yaaah, basah...

Yasayangnya, baru beberapa detik di atas Cakrawala, gerimis menyerang gondola yang saya naiki dengan tiba – tiba. Mau tidak mau, saya dan beberapa pengunjung lain harus rela untuk sedikit berbasah – basahan terkena tetesan air hujan dari awan mendung yang menggelayut mesra di atas langit Saloka.

2\ Adu Nyali
Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang
Sok-sok'an berani menantang nyali bersama Mas Anggara "menggapaiangkasa.com", Mbak Aida "gubugkecilsangentung.net", dan Mbak Antin "delapanmataangin.com"

Membaca nama wahana plus melihat bentuk fisik dari gedung Adu Nyali, tentu kalian bisa menebak apa yang ada di dalamnya, bukan? Yap, Betul! Gedung Adu Nyali ini bisa dikatakan menjadi wahana “rumah hantu-nya” Saloka.

Serem?

Buat saya yang seumur – umur baru sekali ini mencoba wahana rumah hantu (jangan ada yang ketawa, tolong), jujur, ini cukup serem. Saya dan tiga teman lain yang memutuskan untuk masuk wahana Adu Nyali dalam satu rombongan ini, harus berjalan pelan di lorong remang – remang yang minim penerangan. Belum lagi, tubuh harus selalu dalam posisi kuda – kuda agar siap berlari kencang ketika bertemu dengan para “setan” yang bergentayangan di dalam ruangan. Weeewrrrr! Antara serem dan penasaran, sih, sebenernya. Habis ini ketemu apa, ya? Di ruangan selanjutnya dapet kejutan apa lagi, ya? Recommended untuk dicoba pokoknya!

3\ Lika – Liku
Pernah naik wahana Alap – Alap di DUFAN? Nah, sensasi dari Lika – Liku ini kurang lebih sama seperti itu. Tapi, kalau Lika – Liku lebih terasa war-wer-war-wer-nya (lah, apa ya istilahnya), karena gerak dari rangkaian roller coaster di Lika - Liku lebih cepat dan lintasannya itu lebih “berkontur.” Naik, turun, dan banyak tikungannya. Nagih parah! Saya dan beberapa temen dari Blogger Solo saja sampai naik Lika – Liku 2X putaran, lho!

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

4\ Senggal – Senggol
#TimBelumBisaNyetirMobil, mari merapat. Berhubung takut kena tilangan dan terjadi hal – hal yang tidak diinginkan, mari kita “ugal-ugalan” di wahana Senggal – Senggol milik Saloka saja.

Bebas! Se-bebas-bebas-nya! Mau nyetir woles sesuai aturan lalu lintas, boleh (tapi enggak bakal seru, sih, ini). Mau nabrak – nabrak pagar pembatas, bisa. Nyenggol – nyenggol mobil lain juga sah – sah saja. Intinya, mah, jangan pernah nglepasin pedal gas di “mobil” yang kita kendarai. Gaspol terus, bosqu…

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

5\ Bengak – Bengok
….yang sukses membuat saya dan pengunjung lain beneran BENGAK – BENGOK!

*bengak – bengok : sebuah kata yang berasal dari Bahasa Jawa yang berarti “teriak – teriak”

Seperti apa sensasinya?

Nah, setelah duduk di kursi dan dipastikan sabuk pengaman terpasang dengan benar oleh petugas, bagian wahana yang berbentuk bulat seperti parabola akan berputar secara perlahan sambil bergerak naik turun mengikuti lintasan setengah lingkaran yang ada. Makin lama, putaran dan gerak dari “parabola” yang berjalan di lintasan ini akan semakin cepat. Wuuuuh, sensasinya, coy…. Lebih serem daripada kora – kora yang pernah saya naiki di pasar malem Sekaten yang bunyi ngak-ngek-ngak-ngek itu.

Ya Allah, level ke-serem-an ku lagi kora – kora pasar malem. Cupu banget. || Sepurane, gaes…

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang
Pas posisi parabola di pucuk begini, reflek yang keluar dari mulut para penumpang itu cuma ada tiga.
1) Pisuhan, 2) Ngucap "YA ALLAH - YA ALLAH", dan yang ketiga "Mas, udah, mas!!!" *Yakali aja, mas-mas operatornya denger ( ಠ◡ಠ )

Dan momen yang paling sukses membuat saya bengak – bengok saat naik wahana ekstrem ini, tentu saja saat posisi “parabola” yang kami naiki berada di ujung lintasan. WALAHLAH, RASANE MAK-WEEER, TERUS LANGSUNG DIPUTER MUDUN MENEH. Sensasi “dilempar” ke atas lintasannya belum ilang, eee kita bakal langsung diputar dengan kecepatan tinggi menuruni lintasan Bengak-Bengok. Satu setengah menitan naik Bengak – Bengok, nyawa berasa tinggal setengah aja itu…

***

Itulah 5 wahana ekstrem dan “agak” ekstrem yang sudah saya coba di Saloka. Kalau ada yang nanya, wahana mana yang paling berkesan, tentu saja saya akan menjawabnya dengan wahana Adu Nyali dan Bengak – Bengok. Ngeri – ngeri sedep, gaes!

Nah, selain 5 wahana ekstrem dan “agak” ekstrem yang sudah saya tuliskan di atas, Saloka Theme Park Semarang juga masih memiliki banyak wahana yang tak kalah menarik untuk “dicicipi” sensasinya. Wahana – wahana menarik ini terbagi kedalam 5 zona :

Pertama, ada Zona Pesisir. Zona Pesisir menjadi zona “paling depan” sekaligus menjadi tempat paling recommended untuk menikmati indahnya senja di Saloka. Ya, gimana enggak? Kalau kalian sellow dan enggak diburu waktu, bisa banget lho, nyore dan menikmati matahari terbenam dari atas wahana Cakrawala. Selain itu, di Zona Pesisir kita juga bisa melihat cantiknya dancing fountain di area Jejogedan, serta menambah ilmu pengetahuan di area Lumbung Ilmu Galileo.

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

Zona kedua, ada Zona Balalantar. Ada apa saja? Ada wahana Adu Nyali, Safari Bocah, dan Jamur Apung. Kedepan, rencananya pihak Saloka juga masih akan menambah dengan 2 wahana baru lagi, lho, di Zona Balalantar, yaitu wahana Angon Ingon dan Kumbang Layang. Besok – besok, bisa nih, ngajak ponakan saya belajar mengenal hewan peliharaan di wahana Angon Ingon. Siapa tahu bisa ketemu sapi seperti di Cimory. He…

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang
Salah satu spot di arena Safari Bocah dan Jamur Apung

Ketiga, ada Zona Kamayayi. Zona yang menurut saya cocok banget buat arena bermain adek – adek bayi. Ya enggak bayi juga, sih. Adek – adek kecil usia balita dan SD-lah, lebih tepatnya. Kenapa? Karena wahana yang ada di zona ini sangat kids friendly halah. Dijamin aman!

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

Keempat, ada Zona Ararya. Zona yang menjadi tempat bernaungnya wahana – wahana ekstrem di Saloka Theme Park. Ada Lika – Liku, Senggal – Senggol, Obat – Abit, Bengak – Bengok, dan satu wahana yang sebenernya juga pengen saya coba tapi belum bisa karena sedang dalam proses maintenance, adalah wahana Paku Bumi (semacam Histeria di DUFAN).

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

Terakhir, ada Zona Segara Prada yang rencananya akan berisikan wahana Gonjang – Ganjing dan Kedai Daimami. Kalau mendengar penjelasan yang disampaikan oleh Mbak Ika (Public Relation Saloka) dan Ibu Meivy (Deputi General Manager Saloka) tentang Zona Segara Prada, sepertinya ini akan menjadi zona yang sangat menarik. Sesuai namanya, Segara –yang berarti lautan, nantinya Gonjang – Ganjing dan Kedai Daimami akan menawarkan sensasi wahana permainan dan area bersantap yang tak jauh-jauh dari “air”. Seperti apa? Kita tunggu saja.

P.S : Kalau sudah launching, kabar-kabar lagi, ya, Saloka. Hehehe…


Trivia Saloka Theme Park Semarang :
1. Jarak antara area parkir kendaraan pengunjung dengan pintu masuk Saloka itu jauhnya naudzubillah. Saya saja sampai terkejut abang terheran-heran. Gempor kalau harus jalan kaki. Tapi untungnya, pihak Saloka menyediakan fasilitas mobil untuk membantu mobilitas para pengunjung dari area parkir menuju pintu masuk, maupun sebaliknya. Dan….mobil bernama Wara-Wiri ini bisa kita nikmati secara GRATIS. Alhamdulillah.

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

2. Kapal Jenju yang ada diantara Cakrawala dan area Jejogedan itu bukan sebuah wahana yang bisa dinaiki, ya, pemirsa. Kata Mbak Ika sang “PR” Saloka, itu isinya hanya mesin – mesin yang digunakan untuk mengoperasikan air mancur dan laser di area Jejogedan saja.

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

3. Jika kalian berkunjung ke Saloka dan menemukan pohon bernama Resi Waringin, silakan berhenti dulu. Pohon bermata besar ini ternyata bisa berkomunikasi dengan pengunjung, lho! (Saya kira tadinya cuma rekaman suara yang diputar secara berulang, ternyata bukan). Baik hati pula. Bahkan kalau beruntung, Resi Waringin juga akan memberikan kejutan istimewa buat kalian. Kejutan apa? Silakan dicoba sendiri :D

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

4. Untuk kalian yang beragama Islam dan pengen sholat, musholla di Saloka Theme Park itu letaknya ada di dekat gate pengecekkan tiket dan di sebelah timur wahana Obat-Abit. Sementara baru ada dua itu setahu saya. Semoga membantu, ya. Biar enggak kebingungan seperti saya waktu itu.

5. Selain Cakrawala, satu spot tambahan untuk menikmati indahnya sunset di Saloka itu ada di Rimba Resto. Resto bernuansa hutan lengkap dengan hewan – hewannya ini juga enggak kalah kece digunakan untuk duduk-duduk santai, sembari memandangi swastamita di penghujung harimu yang syahdu.

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

6. Harga tiket dan jam operasional (update per April 2019) :
Senin – Jumat : Rp 120.000,- || 10.00 – 18.00 WIB
Sabtu – Minggu (+Hari libur nasional / cuti bersama ) : Rp 150.000,- || 10.00 – 20.00 WIB

Wahana Ekstrem dan Harga Tiket Saloka Theme Park Semarang

Ini tiket terusan, ya, wahai sahabatku. Jadi dengan harga yang tertera di atas, kalian sudah bisa langsung masuk dan bebas menikmati semua wahana yang ada di Saloka. Sepuasnya!

Ameh numpak Lika-Liku sak marem-mu, oleh…
Pengen numpak Bengak-Bengok sampek gumoh, yo oleh…
Ning kudu tertib. Jolali ngantri seko mburi maneh. Oke?

You Might Also Like

25 comments

  1. Ini nih themepark yang belum kudatangi ..., padahal udah cukup lama denger mulai dari penggarapannya.

    Ceritanya sambil nunggu pengelola disana ngundang aku untuk ngereview wahananya, tapi ternyata ngga ikutan diundang juga .. hahaha ..
    Ya udah kapan-kapan, .. entah tahun kapan bakalan kesananya wwwmkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung gas mas. Enggak jauh juga dari Magelang ini.

      Hapus
  2. Meski ekstreem tapi wahananya bikin penasaran. Dan sangat memacu adrenalin..😄😄

    Namun orang yang punya penyakit jantung sebaiknya menghindari wahana ini..😄😄

    BalasHapus
  3. Wara-wiri itu namanya sama kayak kendaraan gratis di area Ancol. Bedanya, di Ancol bentuknya bus. Beberapa wahananya juga mirip sama Dufan. Kayak yang kamu tulis soal Alap-Alap itu, Wis. Model dan namanya yang berbeda. Tapi ya gimana lagi, wahana-wahana begini pasti sejenis. Dufan juga meniru yang ada di luar negeri palingan, kan? Haha.

    Meski baru lihat dari fotonya, saya lebih suka desain wahana yang di Semarang ini. Ya, biarpun belum tentu suka naik wahananya. Ke Dufan aja baru dua kali kalo enggak salah. Mungkin anaknya emang kurang tertarik naik beginian. Payah bener, ya. Wqwq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Yog. Paling yang beda ya, cuma beberapa wahana aja. Baru tau kalau di Ancol juga ada mobil gratisnya. Itu jalan di daerah pantainya aja, apa masuk Dufan juga, Yog? Dulu pas ke Dufan, dari parkiran itu aku jalan kaki masalah e.

      Saya lho, baru sekali ke Dufan. Itupun udah dulu banget pas jaman study tour SMP.

      Hapus
  4. Mencium bau-bau optimasi SEO di tulisan ini. Muahaha.

    Ngomong-ngomong, khusus untuk 5 wahananya, kayaknya saya butuh video karena penasaran. Haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Namanya juga usaha biar masuk pej-wan-gugel, Pak. Tapi ya, cuma optimasi SEO se-enak jidat saya ini. Ngasal banget ngasih keywordnya. Muahaha.

      Di YouTube banyak, Man. He...

      Hapus
  5. wih keren banget mas, banyak wahana yang bisa di coba, mungkin sehari gak akan cukup untuk dateng ke tempat ini :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau pas enggak terlalu ramai, bisa sih kayaknya sehari doang buat nyoba semua wahana...

      Hapus
  6. Wah kalau aku sampai sekarang malah belum pernah sama sekali masuk rumah hantu begitu.. takutnya nanti diliatin hantu beneran wkwk..

    -Traveler Paruh Waktu

    BalasHapus
  7. yang gue inget dari semarang hanya kulinernya saja. tahu kupat is the best. sama bandeng presto.

    kayaknya gue enggak akan mencoba wahana yg lu tulis ini, nu. klo maksimal berat badannya 75kg, ya gue mending lanjutin makan kupat tahu deh.
    untung wahana uji nyali, klo boleh masuk, gue enggak masuk sama gebetan. ga seru aja, nanti pas masuk bareng, gue lari keluar duluan dan gebetan gue, gue tinggal didalem.

    gue baru tau, bengak-bengok itu teriak-teriak. gue awalnya ngebaca bengkok-bengkok. badannya bengkok, ternyata enggak ya.
    klo hadiah yang dikasih sama pohon ajaib resi itu berupa jodoh gue, gue mau deh kesana. klo hadiahnya cuman piring, ogah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupakan tahu petis. Itu juga enggak kalah enak, Zi.

      Yang maksimal 75 itu khusus buat bengak-bengok. Yang lain kayaknya enggak ada sih seinget ku.

      Hapus
  8. Nama wahanane unik yaa...njawani banget. Salut! Ketika yang lain pada bangga sok kebarat2an...saloka make Jawa.

    Aku bayanginnya luas banget ni tempat. Btw, knp to dr parkiran sama lokaainya harus jauh...? Apa krn parkirannya amat sangat lapang.

    Nabung dulu ah, pengen kesini juga. Lumayan juga e harga tiket e..lha yen aku..sak omah...wong papat...wis setengah yuto punjul...😊😊😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, nama wahana di Saloka memang dibuat nJawani sekali.

      Yap! Faktor luas sepertinya jadi salah satu penyebabnya. Luas banget.

      Hapus
  9. lah aku malah nembe reti baru tau ada nama wisata Saloka,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tinggal nyoba dolan rono berati mas. Hehe

      Hapus
  10. Apakah saia yang naek gunian kelasnya pasa malem #mesakke tenin hahaha

    Klo yg rumah hantu, serem si nda, tp biasane bikin efek shyock bin kagetnya itu loh nu

    Tp lucu yo jeneng wahanane ala ala boso jowo
    'Bengak bengok'

    Btw pas grimis kui jadi basah kuyub kabeh dong, mang nda papa ada listrike pora to

    BalasHapus
  11. Apalah saia yang naek ginian kelasnya pasar malem #mesakke tenin hahaha

    Klo yg rumah hantu, serem si nda, tp biasane bikin efek shyock bin kagetnya itu loh nu

    Tp lucu yo jeneng wahanane ala ala boso jowo
    'Bengak bengok'


    Btw pas grimis kui jadi basah kuyub kabeh dong, mang nda papa ada listrike pora to

    Oke ananda bulgoso, sebage
    Netizen yg buta semarang, taksave sek postingan saloka ini, sopo ngerti kpn kpn mampir

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasar malem adalah penyelamat bagi jiwa-jiwa muda yang haus akan keinginan naik wahana ekstrem dg minim biaya.

      Ada mbak. Di Saloka juga ada aturan, kalau pas hujan, semua wahana akan berhenti beroperasi. Makanya setelah gerimis itu, semua penumpang diturunin dari gondola dan wahana-ne di stop sementara. Nunggu terang, baru beroperasi lagi.

      Siyap, mbak!

      Hapus
  12. Aku kok baru tahu ada ini ya?
    Tuntang ingatku cuma akses jalan ke rawa pening ahahhahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ini masih lumayan baru memang mas. Baru dibuka Desember 2018 lalu, apa ya?

      Hapus
  13. Kalau inget bagaimana kita beremoat masuk rumah hantunya, marai ngakak dewe wisss. Hahaha sok wani kabeh

    BalasHapus
  14. Terima kasih list BWnya sob >

    Kunjungan balik ke >> http://www.citracikopohotel.com

    BalasHapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers