Merintis dan Mengembangkan Bisnis bersama ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

Kamis, Juni 30, 2022

  بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia

Kemana aja, Nu?

 

Kok nggak pernah update tulisan lagi?

 

Itulah kalimat tanya yang cukup membekas bagi saya. Tak banyak, tapi ada beberapa teman blogger yang sempat menuliskan kalimat tersebut di kolom komentar postingan blog. Terharu, tapi di lain sisi saya tertampar dan malu. Mengaku blogger, tapi tak pernah menulis dan membuat postingan baru.

 

Saya tidak kemana-mana, teman. Alhamdulillah, saya masih diberikan kesehatan hingga sekarang. Jujur, saya sedang berpura-pura sibuk bergelut dengan kehidupan nyata. Menjadi sesosok Wisnu yang menjalani rutinitas harian seperti biasa, layaknya manusia-manusia lain di luaran sana. Bangun tidur, sarapan, mengendarai kuda besi pagi-pagi untuk bekerja, kemudian pulang untuk membantu istri mengurus jualan online yang kami rintis satu tahun belakangan. Aktivitas baru yang belum lama berjalan memang, karena bisnis kecil ini baru kami eksekusi setelah mengakhiri LDM dan selesai mengurus pindahan untuk hidup bersama dalam satu atap rumah yang sama.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia

Komentar dari Mbak Nita, Mas Agus, dan Mas Ikrom tentang blog saya yang sepi postingan baru


Ya, itulah sedikit gambaran aktivitas “new normal” yang saya jalankan. Aktivitas yang cukup menguras waktu dan membuat saya jarang tak sempat membuka dashboard blog hanya untuk berkunjung ke blog teman atau sekedar memposting tulisan. Mulai dari sibuk “usung-usung” untuk pindahan, mengurus bisnis online bersama pasangan, hingga satu alasan klasik berupa rusaknya laptop yang biasa saya gunakan untuk bekerja dan menghasilkan sebuah karya.


Suka duka merintis bisnis berdua...

Bermodalkan ponsel pintar dan jaringan internet, di pertengahan tahun 2021 lalu, secara resmi saya dan istri melakukan soft opening bisnis yang kami jalani. Seiring dengan maraknya pemberlakuan WFH serta pembatasan aktivitas dari pemerintah, kami mulai belajar untuk fokus mengembangkan bisnis dan berdaya dari rumah.

 

BARAKA. Adalah nama sekaligus doa yang kami sematkan untuk bisnis yang kami rintis. Berasal dari Bahasa Swahili yang berarti berkah, saya dan istri berharap bahwa kehadiran BARAKA bisa senantiasa mendatangkan kebaikan dan manfaat bagi sesama.

 

BARAKA sendiri merupakan toko online yang menjual berbagai macam produk fashion brand lokal Kota Solo. Sebagai pemain baru, saat itu kami hanya mengandalkan aplikasi WhatsApp untuk menawarkan produk dagangan. Teknik promosi pun hanya sekedar memasang foto katalog untuk dijadikan sebagai status pribadi di aplikasi. Praktis dan minim budget, pikir kami.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia
Orderan yang kami terima via WA


Setelah beberapa hari berjalan dan puluhan foto katalog telah kami unggah, alhamdulillah, ada satu-dua pesanan yang berhasil kami terima. Sungguh, berbunga-bunga sekali perasaan kami waktu itu 


Tapi, kesenangan tersebut tak bisa kami rasakan secara berkala. Proses untuk mendapatkan pesanan ulang atau repeat order dari customer, ternyata membutuhkan waktu yang cukup lama. Terbatasnya kontak yang tersimpan di memori ponsel tentu mempengaruhi jangkauan audience dari status WhtasApp yang kami pasang, dan jelas berdampak pada tingkat pesanan yang bisa kami terima.

 

Karena bisnis, kami “dipaksa” untuk belajar...

Dari kejadian tersebut, akhirnya kami tahu bahwa berjualan via WhtasApp saja belum cukup untuk melanjutkan usaha jualan online yang kami jalankan. Mau tidak mau, kami mulai belajar untuk berjualan di marketplace demi menjangkau calon pelanggan yang lebih luas. Tak hanya menjangkau orang-orang yang kontaknya tersimpan di memori ponsel saja, tapi juga individu lain yang memiliki akses internet secara leluasa.

 

Di bulan-bulan pertama, grafik dan angka penjualan di marketplace pun tak jauh berbeda dengan kondisi penjualan via WA. Banyaknya katalog produk yang diunggah, nyatanya tak berbanding lurus dengan jumlah transaksi yang ada. Sepi. 

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


Kami berdua akhirnya kembali “dipaksa” untuk belajar ilmu baru, yaitu SEO. Syukurlah, dari beberapa referensi bacaan serta video tutorial yang kami pelajari, SEO untuk marketplace nyatanya tak jauh berbeda dengan teknik SEO untuk optimasi blog. Mulai dari pemilihan kata kunci yang tepat untuk penulisan judul, deskripsi produk yang detail dan jelas, hingga pemilihan foto katalog yang estetik agar calon pembeli tertarik. Sebagai seorang yang mengaku blogger, setidaknya kemiripan teknik SEO ini bisa sedikit meringankan beban belajar tambahan saya. Hehe...

 

Teknik SEO yang kami pelajari alhamdulillah cukup memberikan traffic yang lumayan. Dari yang semula sepi, perlahan marketplace BARAKA memiliki jumlah pembeli bulanan yang konstan.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia
Profil BARAKA di salah satu marketplace


Masalah baru pun kembali menghampiri kami. Keuntungan hasil transaksi jual beli yang mulai ramai dan stabil, ternyata tak bisa kami rasakan sepenuhnya. Karena pengelolaan uang yang kurang tertata, seringkali terjadi boncos dimana-mana. Habis untuk jajan bakso, tiba-tiba pengen beli boba, check out wishlist di marketplace...

 

Intinya, ada saja pos pengeluaran tak terduga yang sering kami distribusikan untuk hal-hal remeh seperti di atas. Akhirnya, uang laba hasil jualan online “melayang” begitu saja. Jika kejadian ini bisa diibaratkan sebagai sebuah pendekatan dalam suatu hubungan, mungkin kurang lebih mirip seperti keberadaanmu buat si gebetan; ada, tapi tak terasa 

 

Lagi, kami “dipaksa” untuk belajar mengatur cash flow demi kelancaran operasional toko.

 

Sebuah buku dengan sampul berwarna hitam menjadi saksi bisu dari langkah awal kami untuk mendalami materi khusus keuangan ini. Dimulai dengan hal sederhana seperti menuliskan semua uang masuk dan uang keluar, kini perputaran uang di BARAKA bisa lebih teratur dan sistematis. Kami pun bisa mengontrol pengeluaran-pengeluaran yang dirasa tidak penting dan mengalokasikan uang tersebut untuk keberlangsungan bisnis atau disisihkan untuk tabungan.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia
Nota transaksi dan buku "rahasia" BARAKA


Itulah sekelumit kisah suka duka dari saya dan istri yang sedang menjalankan bisnis berdua. Bisnis yang memaksa kami untuk terus belajar serta mencari ilmu-ilmu baru, agar toko online yang kami jalankan bisa tumbuh dan berkembang menjadi usaha yang lebih besar.

 

Mengembangkan bisnis BARAKA bersama ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

Seperti anak sekolah yang akan masuk di tahun ajaran baru, mereka tentu memerlukan buku materi serta peralatan sekolah anyar untuk membantu proses belajar. Pun dengan seorang pebisnis yang membutuhkan perangkat andal untuk menunjang aktivitas harian agar lebih produktif dan berkembang. Kurang afdol rasanya jika otak terus dijejali dengan ilmu baru, namun tak diimbangi dengan kinerja perangkat yang mumpuni. Hasil belajar tentu menjadi kurang maksimal karena peralatan yang digunakan hanya seadanya.

 

Mirip dengan kondisi kami ketika menjalankan bisnis saat ini. Hampir semua aktivitas kami kerjakan secara manual menggunakan alat tempur sekadarnya. Satu contoh, editing foto dan posting katalog di marketplace baru sebatas memanfaatkan ponsel pintar. Jujur, hal ini cukup memakan waktu karena harus berpindah-pindah dari aplikasi marketplace satu ke aplikasi marketplace lainnya. Belum lagi spesifikasi ponsel yang masih di bawah rata-rata dan suka nge-lag tiba-tiba. Byar! Buyar sudah semua kerjaan yang sedang saya kerjakan.

 

Pelaku bisnis online jalur ninja mandiri seperti kami terkadang juga dituntut untuk bisa multitasking. Sebelum ada tim maupun karyawan, kami harus bisa menghandle semua proses yang berhubungan dengan jual beli. Mulai dari pra-transaksi, ketika transaksi, hingga pasca-transaksi itu sendiri. Yang jika dijabarkan, sebenarnya cukup panjang dan melelahkan.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


Merespon pertanyaan pelanggan yang masuk ke chat kapan saja, memastikan stok dan mengambil barang dari supplier, packing dan menyiapkan pengiriman ke jasa ekspedisi, mengonfirmasi pembayaran, melakukan pencatatan keuangan dan administrasi, serta memastikan barang sampai ke tangan pelanggan dengan selamat tanpa cacat. Semua proses tersebut tentu tak akan terkendala dan bisa berjalan lancar jika perangkat kerja yang kami gunakan mendukung untuk mobilitas tinggi dan bekerja cepat.

 

Nah, kabar baiknya, kriteria perangkat seperti yang saya sebutkan di atas bisa kita jumpai di ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402). Laptop dengan segudang keunggulan ini memiliki fitur-fitur canggih yang sangat cocok dijadikan tandem para profesional untuk bekerja. Menjadi laptop yang dilengkapi konektivitas 5G pertama di Indonesia, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) akan membuat para penggunanya semakin produktif kapanpun dan dimanapun. Cocok sekali bukan, untuk menunjang aktivitas bisnis online di BARAKA.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


No WiFi, no worry! Bisa kerja di mana saja berkat terkoneksi jaringan 5G yang cepat

Pernah suatu waktu, pelanggan marketplace kami mengeluhkan tentang respon pesanan yang lama. Bukan tanpa alasan, sebab waktu itu saya dan istri sedang “pacaran” untuk makan di luar. Kami pikir, bisalah memanfaatkan WiFi yang tersedia di tempat makan untuk merespon chat dan pesanan. Tapi malah sebaliknya. Info yang kami dapatkan dari pelayan, jaringan sedang down karena ada masalah dari server.

 

Rasanya, tragedi WiFi seperti di atas tak perlu kami khawatirkan lagi ketika bekerja menggunakan ASUS ExpertBook B7 Flip yang canggih. Dibekali dengan konektivitas 5G, laptop bisnis dari ASUS ini bisa kami gunakan secara langsung untuk berselancar di dunia maya tanpa melalui perangkat perantara. Cukup pasangkan kartu SIM aktif ke dalam slot yang tersedia, secara otomatis ASUS ExpertBook B7 Flip akan langsung terhubung ke jaringan 5G.

 

Hadirnya jaringan 5G di ASUS ExpertBook B7 Flip juga menjadi solusi praktis untuk kaum-kaum pebisnis online dan para profesional yang sangat membutuhkan internet selama bekerja seperti kami. Selain lebih aman karena tidak lagi menggunakan koneksi jaringan publik yang rentan dengan peretasan, sinyal 5G juga mempermudah kami untuk selalu terhubung dengan internet kapan saja dan di mana saja. Bahkan di tempat yang minim dengan jaringan WiFi sekalipun, lho! Bolehlah saya berucap: no WiFi, no worry :)

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


Uniknya, meskipun bisa terhubung ke jaringan 5G, ExpertBook B7 Flip tetap dilengkapi dengan serangkaian teknologi WiFi yang dirancang khusus oleh tim ASUS bernama ASUS WiFi Master. Teknologi ini memungkin laptop untuk menangkap sinyal WiFi terbaik dan paling stabil, sehingga para pengguna bisa merasakan kecepatan jaringan yang bagus saat terhubung ke internet.

 

Laptop jempolan yang ringan dan bisa diajak kerja seharian

Bodinya memang tipis dan ringan, namun jangan pernah sekalipun menyepelekan kinerja ASUS ExpertBook B7 Flip. Laptop dengan berat hanya 1,44 kg ini memiliki dapur pacu yang sangat mumpuni. Dibekali RAM DDR4 berkapasitas 16GB serta penyimpanan PCIe SSD berkapasitas hingga 1TB, ASUS ExpertBook B7 Flip bisa saya jadikan sebagai perangkat bisnis multitasking serbaguna. Mulai dari mengolah data, mengedit katalog produk, hingga membuka berbagai aplikasi pendukung yang super gesit bebas lemot. Tak hanya itu saja, laptop bisnis ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) sudah diperkuat oleh prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan juga Intel® Iris® Xᵉ graphics. Kombinasi prosesor dan GPU yang didesain khusus untuk laptop tipis ini sanggup membuat ASUS ExpertBook B7 Flip disebut sebagai laptop bisnis paling responsif dengan performa grafis di atas rata-rata.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


Jeroan super yang ditanamkan dalam ASUS ExpertBook B7 Flip dilindungi oleh bodi luar yang terbuat dari logam magnesium aluminium alloy. Dikenal sebagai bahan yang kokoh, kesempurnaan ASUS ExpertBook B7 Flip makin lengkap dengan adanya sertifikasi uji ketahanan berstandar militer AS (MIL-STD 810H). Sertifikasi ini merupakan tes yang terdiri dari 10 jenis uji ketahanan ekstrem. Mulai dari uji operasional pada suhu dan kelembapan ekstra tinggi dan rendah, hingga uji ketahan bodi laptop dari hantaman dan guncangan. Semua tes tersebut berhasil dilewati oleh ASUS ExpertBook B7 Flip dengan sempurna. Enggak akan khawatir laptop ambyar ketika jatuh dari meja atau tertindih saat bekerja kalau begini, mah...

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


[Video] Gambaran tes uji ketahanan ASUS ExpertBook berstandar militer AS (MIL-STD 810H)

 

Salah satu kunci utama suksesnya berbisnis online adalah kecepatan respon penjual. Oleh sebab itu, kami harus selalu stand by dengan sebuah laptop yang memiliki daya tahan baterai yang oke seperti ExpertBook B7 Flip. Dengan ketahan baterai hingga 12 jam, tak lupa, tim ASUS juga menambahkan sistem pendingin khusus bernama ASUS Advance Hybird Cooling System (AHCS) agar laptop mampu bekerja secara optimal tanpa overheating. Sitem pendingin ini dirancang agar panas dapat dilepas secara sempurna melalui serangkaian pipa dan piringan logam, sehingga luas penampang pendingin menjadi 39% lebih besar dari sistem pendingin standar pada umumnya.

 

 

Data dan privasi semakin aman dengan Enterprise Grade Security

Apa sih, faktor utama yang menjadi pembeda antara laptop kelas bisnis dan laptop biasa? Ya, tidak lain dan tidak bukan adalah fitur keamanannya. Enggak mau kan, data-data penting terkait bisnis dan privasi kita bocor ke tangan orang lain? Bahaya!

 

Demi menjaga keamanan data pengguna, ASUS ExpertBook B7 Flip dilengkapi dengan banyak fitur keamanan tingkat tinggi. Yang paling saya suka adalah adanya chip Trusted Platform Mobile (TPM) 2.0 yang berfungsi untuk mengamankan informasi autentikasi seperti password dan kunci enkripsi. Adanya TPM 2.0 jelas akan sangat melindungi data kita dari kebocoran dan usaha peretasan, karena semua data yang tersimpan di SSD hanya akan bisa terbaca di ASUS ExpertBook B7 Flip yang kita miliki saja.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


Fitur keamanan selanjutnya ada fingerprint sensor dan windows hello. Kedua fitur ini dapat digunakan sebagai “kunci dasar” untuk mengamankan laptop. Jika fingerprint adalah kunci yang menggunakan sidik jari, maka windows hello adalah kunci yang memanfaatkan teknologi berupa pemindaian wajah pengguna. Laptop dijamin aman karena hanya sidik jari atau wajah yang sudah terdaftar saja yang bisa log in dan mengakses laptop ExpertBook B7 Flip.


Berikutnya ada webcam privacy shield yang dapat kita gunakan untuk melindungi privasi ketika melakukan konferensi video. Kita pun bisa menggunakan fitur keamanan ini dengan sangat mudah, yaitu hanya dengan menggesernya saja ketika webcam latop sedang tidak diperlukan.


Terakhir, ada dua fitur keamanan yang sangat jarang kita jumpai di laptop biasa lainnya, yaitu fitur Kensington Security Lock dan ASUS PrivateView. Kensington Security Lock merupakan kunci fisik yang terbuat dari tenunan serat baja. Kunci ini memungkinkan kita untuk mengunci laptop ke benda atau objek tertentu layaknya kunci keamanan yang ada di sepeda, sehingga akan terhindar dari pencurian. Sementara ASUS PrivateView adalah teknologi khusus yang ada di layar ExpertBook B7 Flip, di mana display layar hanya akan terlihat dalam jangkauan sudut sebesar 45saja yang ada di depan kita. So, privasi tetap aman karena orang lain tidak bisa melihat apa yang sedang kita kerjakan.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia

 

Konektivitas dan fitur canggihnya menggoda. Dari Thunderbolt 4 Type-C hingga keyboard yang aman dari tumpahan cairan

Selain foto katalog produk, data-data penting lain yang berhubungan dengan bisnis di BARAKA biasa saya unduh lewat ponsel. Sebelum laptop saya rusak, data yang telah terunduh akan saya back-up ke laptop untuk keperluan editing dan pengecekan ulang. Nah, kehadiran port konektivitas yang lengkap di sisi kanan kiri bodi ASUS ExpertBook B7 Flip tentu akan kembali membantu saya dalam proses pemindahan data tersebut.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


Ada smart card reader, USB 3.2 Gen 2 Type-A, hingga port Thunderbolt 4 USB Type-C yang multifungsi. Tidak hanya untuk keperluan copy paste file dari ponsel saja, nyatanya port Thunderbolt 4 USB Type-C ini bisa juga disambungkan dengan berbagai perangkat periferal seperti mouse, headset, memori SSD, hingga monitor eksternal. Yang paling keren, port ini bisa dijadikan opsi untuk pengisian daya ketika baterai laptop sudah mulai menipis dan hampir habis. Canggih bener ya gaes ya...

 

Beralih ke sisi keyboard yang tak kalah memesona. Tim ASUS kembali mewariskan keyboard backlit serta number pad eksklusif berteknologi LED (yang bisa kita aktifkan di touchpad) untuk menunjang kinerja ExpertBook B7 Flip saat digunakan di tempat gelap minim cahaya. Keyboard fancy tersebut juga memiliki fitur spill resistant yang mampu melindungi laptop dari tumpahan cairan hingga 300 cc pada bagian keyboardnya. Tak hanya diberikan kenyamanan dari segi keamanan data saja, dari sisi keyboard pun ASUS memberikan teknologi terkini yang sangat berguna.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


Setelah lelah bekerja, saatnya self reward dan berkarya di depan layar yang dapat diputar 360o

Padatnya aktivitas serta tingginya beban perkerjaan sering membuat stres banyak orang, tak terkeculi saya. Sebagai self reward setelah seharian berkutat dengan urusan per-packing-an dan pengiriman barang, biasanya saya akan jeda sejenak untuk mengistirahatkan pikiran dan badan. Mulai dari tidur, menonton film, hingga membaca.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


Hadirnya laptop ASUS ExpertBook B7 Flip jelas akan sangat membantu proses istirahat saya setelah seharian bekerja. Selain tidur tentu saja, menonton film dan membaca buku digital bisa saya lakukan dengan mudah berkat desain convertible yang diterapkan dalam ExpertBook B7 Flip. Desain tersebut memungkinkan layar laptop ASUS bisa dibuka hingga 360 derajat. Saya pun bisa dengan bebas mengotak-atik berbagai jenis skenario penggunaan untuk disesuaikan dengan kebutuhan. Dari mode penggunaan laptop standar, saya bisa merubahnya menjadi mode tenda untuk menonton film favorit. Sementara untuk kebutuhan membaca buku digital, saya tinggal membuka semua layar secara penuh agar bisa berubah menjadi mode tablet yang lebih praktis.

 

Tak hanya untuk kebutuhan membaca saja, bahkan mode tablet dari ASUS ExpertBook B7 Flip pun masih sangat bisa menunjang produktivitas saya dan istri, lho! Berkat teknologi layar sentuh serta stylus pen-nya yang intuitif, saya dan istri bisa menggunakan ExpertBook B7 Flip sebagai tablet untuk menghasilkan sebuah karya. Saya bisa membuat ilustrasi digital #wisnutrivectorwork yang sudah lama saya tinggalkan akibat laptop yang rusak. Istri pun bisa melatih kemampuan menggambarnya, karena dia bercita-cita untuk membuat desain sekaligus memproduksi baju sendiri dengan label BARAKA. Doakan semoga segera terwujud, ya...

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


Konferensi video aman dan nyaring berkat teknologi Two-Way AI Noise-Cancelling

Layar 14 inci dengan aspek rasio 16:10 dari ASUS ExpertBook B7 Flip mampu memberikan ruang kerja visual yang lebih besar dibandingkan dengan tampilan standar 16:9, sehingga akan memudahkan pengguna ketika membaca artikel, menonton film, mengerjakan pengolahan data, hingga untuk konferensi video bersama kolega.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia

Berbicara masalah konferensi video, laptop bisnis ExpertBook B7 Flip telah dibekali dengan teknologi kekinian bernama Two-Way AI Noise-Cancelling. Teknologi berbasis kecerdasan artifisial ini memungkinkan suara bising pengguna dan lawan bicara dapat dihilangkan secara real-time, sehingga audio output yang dihasilkan akan lebih jelas tanpa noise. Hasil suara dari teknologi Two-Way AI Noise-Cancelling masih bisa kita rasakan lagi perbedaannya berkat penggunaan dua buah speaker berkualitas dari Harman Kardon. Kita pun dapat melakukan konferensi video secara online di mana saja tanpa takut suara samar dan kabur, bahkan di tempat yang ramai sekalipun.

 

Demi kenyamanan para pengguna saat melakukan konferensi video, tak ketinggalan ASUS menambahkan fitur user status indicator yang ada di bagian belakang layar. Lampu indikator ini dapat dijadikan sebagai sinyal pemberitahuan, sekaligus membantu para pengguna agar tidak diganggu ketika membahas bisnis penting bersama kolega.

 

Maksimalkan produktivitas bisnis dengan ASUS Business

Demi menunjang produktivitas dan memaksimalkan potensi para pelaku bisnis, ASUS menyediakan sebuah solusi komprehensif bernama ASUS Business. Fitur ini menawarkan perangkat komputasi terbaik dan terintegrasi melalui software khusus berstandar industri. Produk dari ASUS Business juga hadir dengan layanan premium dan dirancang khusus untuk membantu para pelaku bisnis dan instansi di Indonesia untuk memaksimalkan potensinyaSebagai salah satu produk unggulan, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) tentunya menjadi bagian dari program ini.


Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


Chieft Technology Officer (CTO) merupakan salah satu fokus di ASUS Business. Untuk itulah ASUS Business menawarkan ragam opsi kustomasi spesifikasi serta hardware pada setiap perangkat, sehingga pelaku bisnis dan instansi dapat memaksimalkan produktivitas tanpa harus mengeluarkan biaya berlebih.


Tidak hanya itu, ASUS Business juga menawarkan ragam opsi untuk layanan purna jual. Pelaku bisnis dan instansi dapat memanfaatkan layanan ekstra seperti Warranty Extention hingga 5 tahun, Accidental Damage Protection (ADP) dengan garansi perlindungan hingga 100%, layanan Onsite Service, hingga VIP Support Line yang dapat memberikan dukungan teknis khusus
.

 

Spesifikasi Lengkap ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)

MAIN SPEC.

EXPERTBOOK B7 FLIP (B7402)

CPU

Intel® Core™ i5-1155G7 Processor 2.5 GHz (8M Cache, up to 4.5 GHz, 4 cores)

Intel® Core™ i7-1195G7 Processor 2.9 GHz (12M Cache, up to 5.0 GHz, 4 cores)

OPERATING SYSTEM

Windows 11 Home - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 11 Pro - ASUS recommends Windows 11 Pro for business

Windows 10 Home - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Windows 10 Pro - ASUS recommends Windows 10 Pro for business

Free Upgrade to Windows 11¹

MEMORY

16GB DDR4 SO-DIMM, Memory Max Up to:64GB

STORAGE

512GB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 SSD

1TB M.2 NVMe™ PCIe® 3.0 Performance SSD

DISPLAY

Touch screen, 14.0-inch, WUXGA (1920 x 1200) 16:10, Integrated privacy screen, Wide view, Anti-glare display, LED Backlit, 500nits, sRGB: 100%, Screen-to-body ratio:81 %

GRAPHICS

Intel Iris Xᵉ Graphics (available for Intel® Core™ i5/i7/i9 with dual channel memory)

INPUT/OUTPUT

2x USB 3.2 Gen 2 Type-A

2x Thunderbolt™ 4 supports display / power delivery

1x mini Display Port

1x HDMI 2.0b

1x micro HDMI (RJ45 lan)

1x 3.5mm Combo Audio Jack

SIM card slot

Smart card reader

CAMERA

720p HD camera with IR function to support Windows Hello

With privacy shutter

CONNECTIVITY

Wi-Fi 6(802.11ax) (Dual band) 2*2 + Bluetooth 5.2

AUDIO

Audio by DTS Smart Amp Technology Built-in speaker Built-in array microphone harman/kardon (Premium) with Cortana support

BATTERY

63WHrs, 3S1P, 3-cell Li-ion

DIMENSION 

32.00 x 23.42 x 1.80 ~ 1.89 cm (12.60" x 9.22" x 0.71" ~ 0.74")

WEIGHT

1.44 kg (3.17 lbs)

COLORS

Black

PRICE

Starts from Rp33.164.000

WARRANTY

2 tahun garansi global

 

Apakah kamu siap untuk ikut merintis bisnis bersama ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)?

Menjalankan sebuah bisnis memang bukan hal yang mudah untuk dilakukan. Butuh banyak persiapan dan semangat lebih, agar bisnis berkembang dan berbuah manis. Tak hanya sekedar memasang iklan, kemudian bisa duduk santai menunggu orderan. Karena sejatinya, bisnis menuntut kita untuk terus bergerak agar bisa berproses dan tidak stuck di satu tempat. Seperti pengalaman saya dan istri yang sedang merintis BARAKA. Kami berdua akhirnya sadar, bahwa mendirikan sebuah bisnis berarti harus siap untuk selalu belajar serta meng-upgrade banyak hal baru. Tak hanya ilmu, namun juga masalah perangkat kerja yang membantu, seperti ExpertBook B7 Flip.

Review Harga Spesifikasi Laptop ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)5G Bahasa Indonesia


Laptop yang menawarkan banyak keunggulan ini memiliki fitur-fitur canggih yang sangat pas dijadikan sebagai peralatan tempur para pelaku bisnis. Menjadi laptop yang dilengkapi konektivitas 5G pertama di Indonesia, ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402) juga dibekali dengan dapur pacu yang tak main-main. Kombinasi prosesor Intel® Core™ generasi ke-11 terbaru dan Intel® Iris® Xᵉ graphics yang disandingkan dengan RAM serta SSD berkapasitas besar, dijamin akan membuat kinerja laptop menjadi sangat cepat dan responsif.

 

Tak cukup sampai di situ, ASUS ExpertBook B7 Flip juga menawarkan berbagai teknologi tingkat tinggi yang akan membuat para penggunanya semakin produktif kapanpun dan dimanapun. Mulai dari layar sentuh yang bisa dibuka hingga 360o, lengkapnya port konektivitas, hingga fitur keamanan data yang terenkripsi lewat chip Trusted Platform Mobile (TPM) 2.0. Dengan semua keunggulan yang ditawarkan, tepat rasanya jika ASUS ExpertBook B7 Flip dijadikan sebagai tandem para pelaku bisnis maupun profesional yang memiliki mobilitas tinggi dan dituntut untuk selalu bekerja cepat.

 

Jadi, apakah kamu siap untuk ikut merintis dan mengembangkan bisnis bersama ASUS ExpertBook B7 Flip (B7402)?

 

Solo, 30 Juni 2022

Ditulis dan dikerjakan menggunakan

laptop pinjaman dari tempat kerja


_________________________

Sumber tulisan dan gambar:

asus.com

handikoo.com



Alkhamdulillah...

You Might Also Like

1 comments

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

FIND BLOGPOST

Total Viewers