Daily Driver, Multimedia, Hingga Gaming. Inilah Sederet Bukti Jika ASUS ROG Phone 3 Siap Menjadi “Perangkat Monster” Bagi Para Gamer!

Jumat, Oktober 30, 2020

 بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Bersuluncur di dunia maya untuk mencari referensi tulisan sebagai bahan lomba, sering membuat saya menemukan hal-hal unik yang baru saya ketahui pertama kali. Seperti kejadian beberapa hari lalu, saat saya mencari infromasi tentang perkembangan mobile gaming di Indonesia. Dari hasil penelusuran mesin pencari, saya baru mengetahui sebuah fakta, bahwa ada satu tim e-sport tanah air yang digawangi oleh para kaum hawa berusia muda, bernama Valkyrie48.

Sepintas, tim ini memang terlihat layaknya tim e-sport pada umumnya. Terdiri dari beberapa orang yang hobi dan jago bermain game, serta cukup rutin mengadakan “main bareng” atau live streaming di sosial media. Yang menjadi pembeda, tentu saja adalah latar belakang dari para anggotanya. Ya! Tidak lain dan tidak bukan, mereka adalah gadis-gadis belia anggota dari idol grup ternama; JKT48.

Jujur, saya sedikit kaget saat mengetahui jika grup ini ternyata memiliki sebuah unit khusus gaming bernama Valkyrie48. Dibalik persona sehari-hari mereka yang identik dengan menyanyi dan menari, ternyata “saudara” AKB48 ini juga telah melebarkan sayapnya untuk ikut meramaikan dunia e-sport dan online mobile gaming di tanah air.

Review ASUS ROG Phone 3 IndonesiaMember Valkyrie48 | Sumber : jkt48.com

______________________________

Valkyrie48 mungkin baru satu dari sekian banyak fakta, yang membuktikan bahwa mobile gaming kini mulai digandrungi oleh semua lapisan masyarakat Indonesia. Mulai dari anak-anak hingga orang dewasa, kaum pria dan wanita, bahkan bisa dimainkan oleh masyarakat biasa hingga para tokoh idola.

Tak bisa dipungkiri memang. Gencarnya penetrasi smartphone di pasar global yang dibarengi dengan semakin mudahnya akses internet, seolah menjadi alasan tersendiri, mengapa mobile gaming bisa tumbuh dan meledak dengan cepat seperti saat ini. Bisa dikatakan, popularitas mobile gaming sedang berada di atas awan karena mampu menarik perhatian dan rasa penasaran dari banyak orang.

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia
Sumber : newzoo.com

Data dari newzoo.com menunjukkan, sebanyak 74% pria dan 70% wanita di Indonesia, nyatanya memang lebih menyukai bermain game yang ada di ponsel pintar dibandingkan dengan game yang tersimpan di konsol maupun perangkat komputer yang mereka miliki. Selain praktis dan mudah dioperasikan, alasan lain yang memperkuat terjadinya fenomena ini tentu saja karena adanya koneksi internet yang terhubung langsung ke smartphone. Dimana adanya koneksi ini, memungkinkan para gamer untuk lebih leluasa dalam memilih serta mengunduh game yang mereka sukai.

Dengan segala kemudahan yang ditawarkan, tak heran rasanya jika penikmat mobile gaming di tanah air diperkirakan akan terus bertambah setiap tahunnya. Decision Lab dan Mobile Marketing Association (MMA)** saja memperkirakan, bahwa jumlah gamer mobile di Indonesia akan berkembang pesat dan bisa menyentuh angka yang cukup tinggi, yaitu 100 juta pengguna di tahun 2020 ini.

**lembaga yang melakukan studi terkait game.

 

LANTAS, APAKAH KAMU MASUK KE DALAM ANGKA 100 JUTA ITU?

Jika iya, selamat! Ini berarti, kamu sedang membaca tulisan yang tepat. Tulisan yang akan membawamu bercengkerama dan mengenal lebih dalam dengan smartphone terbaru dari ASUS, yakni ASUS ROG Phone 3. Smartphone gaming powerful yang sudah dibekali dengan Qualcomm Snapdragon 865 Plus, serta dilengkapi dengan beragam fitur gaming ekslusif yang tidak bisa dijumpai di smartphone gaming lainnya.

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Namun jika kamu seperti saya, yang mana statusnya masih abu-abu karena belum jelas bisa dikatakan sebagai seorang gamer atau bukan, yang hanya sesekali membuka game karena ponsel kadang ngelag dan cepat panas seperti pikiran yang sering over thingking, atau kamu, yang hanya memanfaatkan smartphone sebagai alat komunikasi serta berfoto-foto ria dengan kamera demi kebutuhan konten sosial media, tenang…tak usah buru-buru balik kanan dan menghilang dulu.

Meskipun ditujukan khusus sebagai senjata utama bagi para gamer, ASUS ROG Phone 3 pun nyatanya tetap bisa digunakan oleh kaum-kaum non gamer yang membutuhkan smartphone high-end dengan beragam fitur premium di dalamnya. Seperti untuk daily driver sehari-hari, hingga untuk menonton video dan memenuhi kebutuhan multimedia lainnya.

 

DAILY DRIVER | SMARTPHONE GAMER JADI DAILY DRIVER?

Adanya tambahan kata “smartphone gaming”, tak berarti membuat ASUS ROG Phone 3 hanya bisa digunakan untuk bermain game saja. Sama seperti lainnya, fungsi utama dari sebuah smartphone tentu adalah sebagai alat komunikasi.

Di sini, ASUS melengkapi ROG Phone generasi ketiga dengan beragam fitur mumpuni yang bisa menunjang kinerja ROG Phone 3 sebagai ponsel utama untuk kebutuhan komunikasi sehari-hari. Seperti kapasitas baterai yang besar, menggunakan sistem operasi Android 10, serta memiliki konektivitas yang lengkap.

1) Baterai Mumpuni Didukung Memori Penyimpanan yang Ekstra Besar

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Dua fitur utama yang sering saya dengar ketika seseorang bertanya tentang spesifikasi sebuah smartphone adalah masalah baterai dan berapa besar memori penyimpanan yang digunakan.

Sebagai smartphone flagship, pengguna ASUS ROG Phone 3 tentu tak perlu khawatir memikirkan kedua hal tersebut. Pasalnya, ASUS telah membekali ROG Phone 3 dengan baterai berkapasitas 6.000mAh dan memori penyimpanan yang mumpuni untuk menyimpan beragam aplikasi. Mulai dari aplikasi chatting, hingga sosial media yang biasa digunakan untuk berkomunikasi sehari-hari.

Dari segi memori, ASUS menyediakan ROG Phone 3 dalam dua pilihan yang sama-sama menawarkan memori besar. Pertama dengan RAM 8GB dan memori internal 128GB. Sementara seri kedua, ASUS ROG Phone 3 hadir dengan RAM 12GB dan memori internal 256GB.

 

2) Desain Premium dengan ROG UI Terkini

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Berbeda dengan generasi sebelumnya, desain ASUS ROG Phone 3 kini tampil lebih “manis” dan tidak sekaku ROG Phone 2. Menggunakan frame metal dan berbodi kaca, ASUS ROG Phone 3 memiliki premium look yang sempurna dengan tambahan AURA RGB lightning yang bisa berubah warna di bagian belakang.

Sistem operasi Android 10 serta user interface ROG UI yang ada pada ROG Phone 3 juga akan menghadirkan kesan unik tersendiri. Selain membuat tampilan ASUS ROG Phone 3 terlihat lebih fresh, pengguna juga bisa memilih tema ponsel yang berbeda. Yaitu tema standar layaknya smartphone android pada umumnya, atau tema khusus Republic of Gamers yang gagah, namun tetap terlihat mewah.

 

3) Konektivitas Lengkap, Makin Aman dengan Sensor Sidik Jari

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Secara fisik, ASUS ROG Phone 3 dilengkapi dengan port konektivitas yang cukup lengkap. Mulai dari SIM-Tray hingga dua buah port USB-C yang ada di sisi bawah dan sisi samping bodi smartphone. Sebagai tambahan, ASUS juga melengkapi ROG Phone 3 dengan konektivitas wireless seperti Wi-Fi 6, Bluetooth 5.1, serta Near-field Communication (NFC) yang multi fungsi.

Sementara dari segi penguncian smartphone, sensor sidik jari yang ada pada layar masih menjadi andalan ASUS agar perangkat ROG Phone 3 Anda tetap aman dan tidak disalahgunakan oleh orang yang tidak dikenal.

 

MULTIMEDIA | NONTON FILM MAKIN NYAMAN, KAMERA BISA DIANDALKAN

Setelah fungsi utama terpenuhi dengan baik, hal lain yang tak kalah penting untuk dibahas selanjutnya adalah fungsi multimedia yang ditawarkan oleh ASUS ROG Phone 3.

Senada dengan fitur-fitur yang sudah dibahas sebelumnya, ASUS ROG Phone 3 juga dibekali dengan teknologi audio-video super mutakhir demi memanjakan para pengguna ketika menikmati hiburan di smartphone mereka. Tak ketinggalan, empat buah kamera berspesifikasi tinggi disematkan ASUS untuk kebutuhan merekam gambar dengan hasil terbaik di kelasnya.

1) Paduan Layar HDR10+ dan Stereo Audio yang Nyaman di Mata dan Telinga

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

ASUS ROG Phone 3 menggunakan layar berpanel AMOLED dengan nilai Delta E<1 yang akan membuat warna terlihat lebih nyata meskipun hanya ditampilkan melalui sebuah layar. Layar ini juga dilengkapi dengan TÜV Rheinland untuk kategori pengujian Low Blue Light dan Flicker Reduced, sehingga akan terasa lebih “bersahabat” untuk mata manusia.

Satu teknologi yang tak boleh dilewatkan adalah adanya fitur Widevine L1 yang akan membuat layar ASUS ROG Phone 3 mendukung tampilan HDR10+ ketika digunakan untuk streaming film dan video-video high-definition.

Untuk menambah kesempurnaan saat menikmati konten video, jangan lupakan teknologi audio hasil kolaborasi ASUS dengan Dirac yang berhasil menghadirkan suara berkualitas yang super “renyah”.

Bukankah kombinasi dari teknologi audio dan video ini sangatlah amazing sekali? Bikin betah berlama-lama streaming video via smartphone ini mah. Mau marathon drama korea bisa, buat nonton dan dengerin podcast’nya Om Dedy Corbuzier juga ayok-ayok aja!

 

2) Kamera Bersensor SONY IMX686

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Dibekali dengan empat kamera, ASUS ROG Phone 3 siap digunakan sebagai alat dokumentasi yang menjanjikan. Di bagian depan, ada satu kamera selfie beresolusi 24MP. Sementara di sisi belakang, terdapat tiga kamera dengan resolusi dan sensor yang berbeda. Ada sensor macro 5MP, sensor ultra-wide 13MP, serta kamera utama beresolusi 64MP dengan sensor SONY IMX686.

Nah, tahukah kamu, jika sensor SONY IMX686 adalah salah satu sensor kamera terbaik saat ini? Tepat rasanya jika ASUS ROG Phone 3 menggunakan sensor ini karena SONY IMX686 mampu menampilkan skenario gambar yang cerah, penuh warna, dan dapat memotret dengan baik di kondisi low light atau minim cahaya.

Dari sisi perekaman video, ASUS ROG Phone 3 bisa digunakan untuk merekam video beresolusi tinggi, yaitu 8K 30fps atau 4K 60fps. Untuk menghasilkan kualitas video yang bagus, ROG Phone 3 juga memiliki teknologi Electronic Image Stabilization (EIS) dan fitur HyperSteady yang akan membuat video bebas shaking dan terlihat lebih stabil.

 

GAMING | ASUS ROG PHONE 3: PERANGKAT MONSTER BAGI PARA GAMER

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Layaknya film superhero yang identik menampilkan kekuatan sang tokoh utama di akhir cerita, paragraf ini juga akan menjadi saksi dari hadirnya beragam fitur gaming ekslusif sebagai fitur unggulan dan “main power” dari ASUS ROG Phone 3.

Lantas, fitur apa saja yang membuat ROG Phone 3 mendapat predikat sebagai “perangkat monster” bagi para gamer?

1) Prosesor Powerful Qualcomm Snapdragon 865 Plus

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Dirancang khusus untuk para hardcore mobile gamer, ROG Phone 3 menjadi smartphone gaming pertama di Indonesia yang ditenagai dengan Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform. Prosesor paling kuat di dunia yang akan memberikan berbagai fitur gaming premium kepada pengguna, termasuk fitur Snapdragon Elite Gaming yang dapat menghadirkan performa gaming terbaik pada tampilan HDR

Kinerja prosesor besutan Qualcomm juga masih didukung dengan memori super besar berupa RAM hingga 12GB dan penyimpanan ultra-cepat berkapasitas hingga 256GB. Dapat dipastikan, kekuatan super dari ketiga komponen utama ini akan membuat ASUS ROG Phone 3 dapat digunakan sebagai senjata andalan para gamer untuk bermain game, bahkan game-game “berat” sekalipun.

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

2) Layar Hebat Berespon Cepat

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Mengingat layar memiliki peran yang cukup penting untuk sebuah smartphone gaming, ASUS memberikan sentuhan yang tak kalah istimewa di bagian ini. Layar AMOLED berukuran 6,59 inci dengan refresh rate 144Hz yang dimiliki ASUS ROG Phone 3, juga dibekali dengan response time 1ms, membuat setiap aksi penggunanya dapat ditampilkan secara cepat di layar. Teknologi-teknologi ini sangat memungkinkan ROG Phone 3 dengan sangat mudah menampilkan game yang memiliki frame rate tinggi hingga 144 Hz, seperti Forsaken World dan Rockman X Dive.

Tak cukup sampai di sini. Kecepatan layar ROG Phone 3 makin sempurna dengan hadirnya touch latency yang hanya 25ms. Angka ini memungkinkan sistem untuk mengenali input sentuhan lebih cepat dan berpengaruh langsung pada performa gaming secara keseluruhan. Beuh! Nggak akan ada lagi tuh, alasan kalah main game karena layar yang kurang responsif…

Sebagai pelengkap, pihak ASUS juga memberikan lapisan Gorilla Glass 6 agar layar ROG Phone 3 lebih kuat dan aman.

 

3) Baterai 6.000mAh yang Tahan Lama

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Seperti yang sudah saya tulis di bagian “daily driver”, ASUS ROG Phone 3 memang memiliki kapasitas baterai yang luar biasa, yaitu sebesar 6.000mAh. Kapasitas yang bukan main-main untuk sebuah smartphone gaming.

Baterai berkapasitas ekstra besar yang tertanam di dalam bodi ROG Phone 3 ini ternyata juga masih bisa dimaksimalkan lagi kinerjanya dengan teknologi fast charging bernama ROG HyperCharge 30 watt dan teknologi ASUS PowerMaster. Di mana ASUS PowerMaster merupakan teknologi yang memungkinkan para pengguna untuk mengatur kecepatan pengisian daya yang bisa memperpanjang masa pakai baterai. Dengan begitu, baterai akan menjadi lebih awet dan bisa berfungsi sebagaimana mestinya dalam waktu yang cukup lama.

 

4) Smartphone Gaming dengan Dual Stereo Speaker Front Facing

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Selain video, kualitas audio juga menjadi perhatian penting bagi para gamer. Untuk itu, ASUS menciptakan sistem audio bernama GameFX. Sebuah sistem audio hasil kolaborasi ASUS bersama spesialis audio ternama, Dirac.

Sistem ini mampu menghadirkan audio game yang kuat dan imersif dengan dua speaker stereo yang menghadap ke depan. Adanya 7 magnet stereo speaker yang terpasang di dalam ASUS ROG Phone 3 juga akan membuat suara yang dikeluarkan saat bermain game menjadi lebih jernih, kuat, dan berkualitas, meskipun tanpa menggunakan speaker eksternal tambahan.

 

5) Main Game Makin “Enak” dengan AirTrigger 3 dan Sensor Gerak

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Kita tahu bahwa sebagian besar mobile game didesain khusus untuk dimainkan dalam format landscape. Paham akan hal tersebut, ASUS mulai berinovasi untuk menghadirkan terobosan baru demi meningkatkan pengalaman bermain game bagi para penggunanya melalui ROG Phone. Dan, di produk terbaru mereka, ASUS kembali mengupdate teknologi gaming ini melalui fitur AirTrigger 3 dan fitur kontrol sensor gerak.

AirTrigger 3 merupakan fitur yang digunakan untuk mengontrol game layaknya tombol yang ada di sebuah konsol. Fitur ini berada di bodi sebelah kanan dari ASUS ROG Phone 3. Dengan desain yang ergonomis, AirTrigger 3 memungkinkan para gamer untuk bermain game pada mode landscape dalam waktu yang lama. Sementara dari sisi fungsionalitas, AirTrigger 3 menawarkan enam tingkat gerakan yang bisa diatur sesuai kebutuhan dan kenyamanan dari masing-masing pengguna.

Selain AirTrigger 3, ROG Phone 3 juga memiliki sensor gerak yang dapat digunakan sebagai game kontrol tambahan. Sensor ini memungkinkan para gamer untuk mengontrol permainan hanya dengan menggerakkan smartphone ke depan dan belakang.

 

6) Maksimalkan ROG Phone 3 dengan X Mode & HyperFusion Technology

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Ingin merasakan sensasi maksimal dari ROG Phone 3 saat digunakan untuk bermain game? Aktifkan saja fitur X Mode yang bisa mengoptimalkan performa ASUS ROG Phone 3 sebagai smartphone gaming. Di fitur ini, gamer bisa mengatur profil smartphone agar sesuai dengan skenario game yang sedang dimainkan.

Sementara teknologi ROG HyperFusion, bisa digunakan untuk mencari koneksi wi-fi dan jaringan seluler secara bersamaan. Nantinya, fitur ini akan mengarahkan ROG Phone 3 ke sinyal yang lebih kuat dan dapat meningkatkan kecepatan koneksi dengan cara menggabungkan keduanya. Hal ini tentu akan sangat membantu gamer dalam mendapatkan koneksi jaringan yang stabil ketika bermain game maupun saat streaming menikmati konten digital lainnya.

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

7) Ada GameCool 3 dan Side-Mounted USB-C

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Mana nih, gamer-gamer yang sering ngeluh hp-nya cepet panas ketika dipakai buat nge-game?

Kabar gembira untuk kita semua, karena ROG Phone 3 kini ada ekstraknya GameCool 3-nya.

GameCool 3 merupakan sistem pendingin yang dilengkapi 3D Vapor Chamber dengan desain terbaru serta heat sink yang lebih besar dari generasi sebelumnya. Kedua pendingin ini diletakkan secara tepat di dalam ROG Phone 3, sehingga mampu membuang panas melalui ventilasi udara yang ada di bagian belakang smartphone ini. Adanya GameCool 3 cukup efektif menjaga suhu ASUS ROG Phone 3 tetap stabil, sehingga membuat perangkat monster ini dapat berjalan dengan sempurna tanpa mengalami thermal throttling, meskipun saat dalam sesi gaming yang panjang sekalipun.

Masih kurang dingin? Silakan pasang AeroActive Cooler 3 yang bisa dihubungkan melalui side-mounted USB-C. Selain berfungsi sebagai konektor AeroActive Cooler, port USB-C ini juga bisa digunakan untuk pengisian daya ketika ASUS ROG Phone 3 digunakan dalam mode gaming/landscape, sehingga tidak akan mengganggu kekhusyukanmu ketika bermain game. Mantap, gan!

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

8) Tetap Terhubung dengan Para Gamer di ROG Connect

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

“We are not only selling the product to the gamers, we are sharing the best ROG experience for the gamers." –Shawn Chang (Global Sales and Marketing Director ASUS)

Kalimat ini saya dengar saat menyaksikan video ROG Phone 3 Digital Launching Event yang digelar ASUS Indonesia di channel YouTube mereka. Sejalan dengan kalimat di atas, ASUS ROG pun membuat sebuah platform komunitas yang berguna untuk menghubungkan para gamer, khususnya pengguna ROG Phone, untuk tetap terhubung satu sama lain agar bisa berbagi hal-hal bermanfaat terkait dunia mobile gaming. Adanya ROG Connect juga menjadi bentuk nyata dari misi ROG untuk terus berkembang bersama para penggunanya, sehingga bisa membangun sebuah ekosistem mobile gaming yang eksklusif.

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia


BICARA MASALAH EKSKLUSIF, ASUS ROG PHONE 3 JUGA MASIH PUNYA “SESUATU” YANG EKSKLUSIF LAINNYA, LHO!

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Selain fitur premium serta spesifikasi yang “tinggi”, hal lain yang membuat sebuah smartphone layak dijuluki sebagai smartphone gaming adalah adanya aksesoris tambahan yang bisa menambah kesan “gaming banget” saat digunakan. Dan, ASUS ROG Phone 3, punya itu semua!

 

1) AeroActive Cooler 3

AeroActive Cooler 3 menjadi partner duet maut dari sistem pendingin GameCool 3, agar ROG Phone 3 berada di suhu normal dan tetap nyaman saat digunakan untuk bermain game dalam durasi yang panjang. Selain bisa digunakan untuk pendingin aktif, aksesoris ini juga bisa dijadikan sebagai kick stand bagi ASUS ROG Phone 3.

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

2) ROG Kunai 3 Gamepad

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Bosan bermain hanya dengan menggunakan controller layar atau AirTrigger 3? ROG Kunai 3 Gamepad bisa menjadi solusi!

Perangkat tambahan ini bisa dipasangkan dengan ROG Phone 3 sebagai controller fisik yang kokoh dan mantap saat dipegang. Tak hanya satu, bahkan ROG Kunai 3 Gamepad bisa dibongkar-pasang menjadi tiga mode yang berbeda, yaitu:

  • Handheld Mode : Dipasang di kanan-kiri ROG Phone 3 dengan menggunakan casing ROG Kunai 3 Bumper.

  • Mobility Mode : Dipasang secara terpisah. Di mana bodi ROG Phone 3 dipasang pada Aero Active Cooler 3, sementara kedua controller dipasang pada ROG Kunai 3 Charger.

  • All-in-One Mode : Hampir mirip dengan mobility mode, namun dibagian controller ditambah dengan ROG Kunai 3 Grip agar lebih nyaman saat dipegang.

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

3) TwinView Dock 3

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

TwinView Dock 3 hadir untuk memberikan pengalaman bermain game dengan menggunakan dua layar sekaligus. Layar tambahan yang ada pada TwinView Dock 3 juga memiliki refresh rate yang sama dengan sang empunya, yaitu ROG Phone 3, sebesar 144Hz. Aksesoris ini juga dilengkapi dengan baterai berkapasitas 5.000mAh, kipas di bagian bawah, serta port audio jack dan USB-C di sisi depan dan belakang.

Uniknya, TwinView Dock 3 ini bisa dikombinasikan dengan ROG Kunai 3 Gamepad untuk menjadi sebuah aksesoris tambahan yang memberikan pengalaman gaming luar biasa bagi pengguna.

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia
 

4) ROG Clip

Berfungsi untuk menghubungkan ASUS ROG Phone 3 dengan controller dari XBOX One, Google Stadia, dan DualShock 4. Jadi jika kalian memiliki ketiga barang tersebut, bisa banget digunakan sebagai controller tambahan untuk perangkat ROG Phone 3.

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

5) Lightning Armour Case & Glass Screen Protector

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Ingin melindungi bodi ASUS ROG Phone 3 sekaligus mengubahnya menjadi tampak lebih keren? Gunakan saja Lightning Armour Case. Selain bisa melindungi bodi smartphone, aksesoris ini akan membuat ROG Phone 3 terlihat “gaming banget”, karena dapat menampilkan logo ROG yang bisa diatur warnanya seperti AURA RGB melalui aplikasi Armoury Crate.

Sementara jika kamu ingin melindungi bagian layar, ASUS menyediakan Glass Screen Protector yang bisa melindungi layar ROG Phone 3 dari goresan dan bakteri.

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

ASTAGA! INI MAH NAMANYA BUKAN SMARTPHONE GAMING LAGI…

Dengan segala fitur premium yang ditawarkan oleh ASUS ROG Phone 3, tak salah rasanya jika smartphone high-end ini layak dijadikan sebagai perangkat utama di segala lini. Mulai dari daily driver, multimedia, hingga sebagai smartphone gaming bagi para hardcore gamer.

Review ASUS ROG Phone 3 Indonesia

Menggunakan prosesor powerful Snapdragon 865 Plus, memiliki layar AMOLED dengan refresh rate hingga 144Hz, serta dibekali dengan baterai berkapasitas besar 6.000mAh, jelas membuat ASUS ROG Phone 3 mampu bekerja dengan maksimal tanpa mengalami banyak gangguan. Adanya beragam fitur gaming ekslusif seperti Snapdragon Elite Gaming hingga hadirnya beragam aksesoris tambahan yang multi guna, semakin menunjukkan bahwa ROG Phone 3 memang smartphone gaming tiada banding. Tak salah rasanya jika ROG Phone generasi ketiga ini kita sebut sebagai sebuah MAHAKARYA dari ASUS, dan layak mendapat julukan sebagai…

PERANGKAT MONSTER BAGI PARA GAMER!

_______________________________

SPESIFIKASI LENGKAP ASUS ROG PHONE 3

ROG Phone 3

Processor

3.1 GHz Qualcomm® Snapdragon™ 865 Plus 5G Mobile Platform with 7nm, 64-bit Octa-core Processor

GPU

Qualcomm® Adreno™ 650

UI

Android™ 10 with ROG UI

Display

6.59” 19.5:9 2340x1080 (391ppi) 144Hz/1ms AMOLED HDR10+ certified;

270Hz touch sampling rate, 25ms touch latency;

650nits HBM brightness & 1000 nits peak brightness, 113% DCI-P3 Delta E average <1%;

1.07 billion colors; 1,000,000:1 contrast ratio;

Front 2.5D Corning® Gorilla® 6 Glass;

TÜV Low Blue Light (Hardware Solution) and Flicker Reduced certifications for eye comfort;

Capacitive touch panel with 10 points multi-touch (supports Glove touch)

Memory/Storage

LPDDR5/UFS3.1

8GB/128GB

12GB/256GB

SD storage

no SD-card reader; NTFS support for external HDD

Sensor

Accelerator, E-Compass, Proximity, Hall sensor*2, Ambient light sensor, in-display fingerprint sensor, Gyro, Ultrasonic sensors for AirTrigger 3 and grip press

Main Rear Camera

64MP SONY IMX686 sensor, 0.8 µm pixel size – Quad Bayer technology with 16MP, 1.6 µm large effective pixel size, F1.8, 1/1.7” sensor, 2x1 OCL PDAF, LED flash

Second Rear Camera

13MP, 125˚  ultra-wide, F2.4, Real-time distortion correction, 11mm equivalent focal length in 35mm film camera

Third Rear Camera

5MP Macro, F2.0

Front Camera

24MP, 0.9µm, Quad Bayer Technology, F2.0,

27mm equivalent focal length in 35mm film camera

Video Recording

8K (7680 by 4320) @ 30 fps (main rear camera)

4K (3840 by 2160) @ 30/60 fps (main rear camera), @ 30 fps (second rear camera)

1080p @ 30/60 fps; 720p @ 30 fps

3-axis electronic image stabilization for rear cameras

Time Lapse (4K)

Slow Motion video (4K @ 120 fps; 1080p @ 240/120 fps; 720p @ 480 fps)

Take still photo while recording video

Speaker

Dual front-facing speakers with GameFX & Dirac HD Sound

7-magnet stereo speaker with dual NXP TFA9874 smart amplifier for louder, deeper and less distorted sound effect

Audio Output

Hi-Res audio 192kHz/24-bit standard (USB-C™ output) that is 4 times better than CD quality

GameFX audio system for improved in-game audio experience

New AudioWizard with multiple listening profiles tuned by Dirac

Microphone

Quad microphones with ASUS Noise Reduction Technology

Wireless Technology

WLAN 802.11a/b/g/n/ac/ax 2.4 & 5GHz and Wi-Fi 6

2x2 MIMO, Bluetooth 5.1

Wi-Fi Direct support

Navigation

GNSS support GPS(L1/L5), Glonass(L1), Galileo(E1/E5a),

BeiDou(B1/B2a), QZSS(L1/L5) and NavIC(L5)

SIM Cards

Dual SIM dual standby

Slot 1: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

Slot 2: 5G/4G/3G/2G Nano SIM card

5G+4G or 4G dual SIM dual standby support

Data rate

 

Support EN-DC(6DL+FR1, 4DL+2FR1)

FR1: DL up to 4.4Gbps / UL 542Mbps

LTE 6CA DL Cat20 up to 2.0Gbps / UL Cat13 up to 150Mbps

DC-HSPA+: DL 42Mbps / UL 5.76Mbps

4x4 MIMO and CA with 4x4 MIMO support

Bands

 

5G (Bands N1, N2, N3, N5, N28, N41, N66, N71, N77, N78, N79)
FDD-LTE (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 7, 8, 12, 13, 17, 18, 19, 20, 25, 26, 28, 29, 30, 32, 66, 71)
TD-LTE (Bands 34, 38, 39, 40, 41, 42, 48)
WCDMA (Bands 1, 2, 3, 4, 5, 6, 8, 19)
EDGE/GPRS/GSM (850, 900, 1800, 1900MHz)
CDMA (Bands BC0) (CN and HK only)
TD-SCDMA (Bands 34, 38) (CN and HK only)

Interface

Side-port: 48 pin Customized/Type C connector USB3.1 gen2/DP 1.4(4K)/Fast Charging (QC3.0+QC4.0/PD3.0) / Direct Charge

Bottom-port: Type C connector USB2.0/Fast Charging (QC3.0/PD3.0)/Direct Charge

NFC

Support (Card mode support in power off)

OS

Android™ 10

Battery

6.000mAh

Charger

Output: 10V 3A, supports up to 30W QC4.0 / PD3.0 / Direct Charge adapter

Dimensions

171mm, 78mm, 9.85mm

Weight

240 grams

Price

Rp9.999.000 (8GB RAM & 128GB Storage)

Rp14.999.000 (12Gb RAM & 256GB Storage)

You Might Also Like

26 comments

  1. Specnya bikin pengen punya, pasti asyik banget tuh hapenya buat main mobile legend. 😆

    Kameranya juga oke banget, kalo buat traveling, bisalah.

    BalasHapus
  2. Waaah, keren banget itu hp nya ya mas. Ram 8 gb, pasti kenceng banget tuh dipake buat nge game. Desain bodinya jg keren...

    Kemudian, menjawab pertanyaan ...

    LANTAS, APAKAH KAMU MASUK KE DALAM ANGKA 100 JUTA ITU?


    Jawabannya tidak, aku bukn seorang gamers, hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan gamer kalau mau pakai ROG Phone 3 juga yoi yahui kok

      Hapus
  3. hmmm aku masih di tim abu abu nu, arep wae mau aku mbalik kanan pulang, eee ternyata nggo aktivitas harian lainnya selain game juga kuy lah nih smartphone yessss

    apalagi wis Qualcomm Snapdragon 865 Plus 5G Mobile Platform, RAM hingga 12GB dan penyimpanan ultra-cepat berkapasitas hingga 256GB (nek sing iki lumathung banget eeeh lumayan banget buat penggila nyimpen apps dan foto foto sing sakgunung dewe koyo aku, kan ra bakal ntek ntek yekan)...njuk kapasitas baterai yang sebesar 6.000mAh sing harapanku dicas full nyampe 100% e ki cepet, lapisan Gorilla Glass 6 jadi nonton layare juga betah soale benong kaaan.. juga stereonya sing mantep banget...lumayan lah senajan ga nggo game gamean nanging yen nggo takmusikan bisa sekalian ajeb ajeb lah yaa..huehehheheh...

    mantab nu, penulisan spek spek e detail banget..udah kayak reviewer gadget pro ala ala david gadgetin wkwkwk

    good luck yaaaa ! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wehehe, makasih lho mbak, nggak jadi balik kanan dan bersedia mbaca.

      Bener banget. Memori yang gede memang sangatlah dibutuhkan oleh kaum-kaum pembuat konten seperti kita (baca: blogger). Apalagi yang hobinya foto-foto. Memori besar is the answer!

      Saya berguru pada David Gadgetin dan Bang Mouldie Sobat Hape :D

      Makasih mbak...

      Hapus
  4. Juara ini mah... Keren banget ulasannnyaa...
    Keren juga ASUS ROG Phone 3 nya..
    Goodluck yaaa!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Makasih master.
      Good luck juga, karena kita bersaing di "medan perang" yang sama :D

      Hapus
  5. Boro-boro abu-abu, saya mah tim yang lebih gelap daripada hitam. Enggak main gim di HP lagi udah lama banget. Kalau lagi menghibur diri cuma mampu main gim jadul di laptop. Tumbuhan melawan zombie. Sekalinya yang online, ya 2D dan side scrolling. Ahaha.

    Itu kapasitas baterainya 3x lipat daripada HP saya. Spesifikasinya betulan gila sih. Cuma masalahnya satu: kalau saya yang pakai mah mubazir. Apalagi harganya bisa 5x lipat dari budget saya dalam membeli HP. Bahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dulu main plant versus zombie yang versi jadul juga di laptop. Ikutan main karena sempet heboh di kalangan temen-temen sejawat. Terus sekarang baru main plant versus zombie 2 di HP. Lumayan sih, buat ngilangin stress.

      Spesifikasi dan harganya memang "wagelaseh" sekali. Hahaha

      Hapus
  6. Ngeri ya spek nya, ram 12 ya ampun! Itu klo cuma mbuat buka2 browser biasa...sekali pencet langsung keluar...cepet pol.

    3x lebih besar dr hp yang lagi tak pegang.

    Hi..hi, aku non gaming sih. Nggak pernah nge game pake ponsel. Soale golongan mamak2 yang sering ngomel klo anaknya nge-game nggak berhenti2 trus nanti2 giliran diminta ngerjain tugas PJJ

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangankan sama HPne njenengan mbak, sama laptopku aja RAMnya juga masih gede RAM si ROG Phone 3 XD

      Mirip sama ponakanku ini. Tapi misal mereka mau ngegame di hpku, sering tak kasih waktu. Jadi misal udah selesai sama waktu yang disepakati di awal, ya, berhenti. HPnya "tak tarik" dan udah. Selesai.

      Hapus
  7. Sebagai tim yang sudah beralih pandangan, ehm..
    I don't think I will buy this one..
    Heehehehe..

    Tapi kalau buat agan-agan (buset berasa kek di forum kaskus) atau sis.. (semongko!), yang suka ngegame, ini mah g dirugakan ya. Temanku aja, yang bukan gamers ganteng idaman, dia punya asus rog (tapi bukan yang versi ini) dan laptopnya (sekalian). Katanya, performanya bandel apalagi buat ngedit-ngedit gitu.

    BalasHapus
  8. Saya masih tim abu abu karena jarang sekali main game karena baterainya cepat habis. Enakan buat ngeblog saja lebih awet.

    Warbiasah ya, baterai Asus Rogphone 3 ini 6000 mAh pasti awet dipakai harian, belum lagi ada fast charging sehingga ngecas ngga pakai lama.

    Belum lagi pakai layar 144Hz, udah pasti smooth habis, ramnya juga 12 GB plus memori internal 256 GB, masalah simpan menyimpan foto dan video sepertinya ngga masalah.

    Nah, yang jadi masalah harganya itu 15 juta.🤣

    Mau beli realme C17 yang harganya 2,5 juta juga ngga ada duitnya, padahal memori internal nya sama lho 256 GB, cuma ram 6 GB.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selain baterai cepet habis, si hp juga sering panas, Mang. Ngalamin sendiri ini.

      Karena harganya yang 15juta itulah, saya nyoba ikutan lombanya. Semoga rejeki. Aamiin 😁

      Hapus
    2. Ngga kok mas, kalo hape baru beli baterainya masih awet dan ngga cepat panas, kecuali kalo sudah setahun memang biasanya udah lelet, panas, mana batrenya cepat ngedrop.😂

      Amin, semoga menang mas. Kalo menang jangan lupa traktirannya.😅

      Hapus
  9. Ya Allah, kapasitas baterainya angka 6, hape say nih angka 1 :"
    Kemana-mana kudu bawa powerbank huhu. Memorinya juga waah banget sih, ga perlu pakai plikasi cleaner wehehe.

    Saya tahunya laptop ASUS ROG tuh, sekarang udah ada aja hapenya. Btw, kalo saya kan seringnya make hape untuk ngedit foto video gitu (bukan game), kira-kira spek hape ini mendukung ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lumayan banget kan, apalagi kalau punya yang 256GB. Welehleh, mau nyimpen "apa-apa" mah, ayok aja.

      Bisa (insya allah). Memori dan RAMnya kan udah gede banget itu. Jadi aman kalau buat ngedit2 video.

      Hapus
  10. sori mas aku langsung fokus ke member JKT48 wkwkwk
    secara idola sejak lama

    wah ini udah bisa buat nemenin klo jalan naik kereta berjam jam
    aku bukan gamer si jadi ya gabegitu ngikuti tren
    apalah aku yang ngegame nya dari dulu cuma ancient empire wkwkw
    kalau buat gamer ini pasti terekomendasi banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajari saya untuk menjadi fans jkt48 yang baik dan benar, senpai 🙇‍♂️🙇‍♂️🙇‍♂️ wkwkwk


      Bisa juga nih, buat temen jalan selama di kereta. Apalagi kalau pas pergi pakai kereta jarak jauh. Sepertinya si ROG phone 3 ini kuat-kuat aja.

      Hapus
  11. Smartphone idola ak banget ni, main game ga ngelag dan anti lelet bngt.. Pengen banget memiliki satu, biar maen game ku serasa lancar dan anti lag lagi huhuw

    BalasHapus
  12. Nggak cuma laptop asus yang ada seri ROG ya, hp pun juga udah ada ya. Btw apakah harganya akan mirip2 dengan seri laptopnya?

    BalasHapus
  13. Yang bikin langsung sreg naksir tuh model casingnya yang gagah, terus kemampuan kameranya.

    Kalau harganya, hmm ... 'murcek' yaa 😄

    BalasHapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers