Begini Cara Blogwalking Saya, Benarkah?

Sabtu, Januari 13, 2018

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Cara Blogwalking Yang Benar

Blogwalking ki panganan opo toh, Nu?
A’e’lah…lupa, pembaca blog gue kan nggak semuanya bertitel blogger, yak? Ehe…
Sini – sini, om admin jelasin sedikit…

Simpelnya, blogwalking atau dikenal juga dengan istilah “BW”, bisa diartikan dengan kata “berkunjung”. Berkunjung ke blog dari blogger lain dengan maksud dan tujuan tertentu. Yang paling umum dilakukan, biasanya sih untuk membaca blogpost terbaru dan meninggalkan komentar disana. Tapi, kalau kalian mau kepo dan membaca tulisan lama dari masing – masing blogger juga boleh, karena blog sendiri memang sebuah platform yang diciptakan layaknya sebuah diary digital dan mampu menyimpan tulisan, foto, maupun video “lawas” layaknya sosial media lainnya.

Apa ada manfaatnya?

Banyak.

Yang paling saya rasakan sih, kita bakal punya banyak kenalan baru dengan sesama blogger se-Indonesia Raya. Terus bisa nambah referensi ketika kita stuck dan kehabisan ide buat menulis bahan blogpost. Terakhir dan paaaaling keliatan jelas terpampang nyata adalah, page views blog kita bakal naik. Hehe.

#Blogger haus page views.

Kembali lagi ke masalah cara blogwalking, meskipun sudah satu tahun lebih sedikit aktif ngeblog lagi, kadang saya masih suka bingung dan bertanya – tanya sama diri sendiri, “Bener nggak sih, cara blogwalking yang saya lakukan?”.

Nah, di tulisan kali ini saya ingin sedikit sharing tentang cara blogwalking yang biasa saya lakukan. Inget ya…

SHARING.

BERBAGI.

Jadi, misal nanti ada yang kurang tepat atau berbeda sama teknik blogwalking kalian (baca : temen – temen blogger), silakan kasih pendapat, yes? Intinya saya pengen tau aja sih, blogwalking ala temen – temen blogger diluaran sana seperti apa. Oke?

***

Pertama, layaknya bermain sosial media, saya akan mem-follow beberapa blog dari blogger lain. Nggak semua blog saya follow tapi. Ada kriterianya seperti berikut ini :

1. Yang pertama dan paling utama adalah tulisannya enak buat dibaca. Nggak spesifik harus tulisan ber-niche tertentu sih. Tulisan apapun lah. Curhatan, jalan – jalan, komedi, parenting ( Cieille, parenting. Kaya emak – emak aja ), asal menurut saya “enak” dan bermanfaat, insyaallah bakal saya follow.

2. Kriteria yang kedua, kalau dia rajin BW dan sudah follow wisnutri.com, insyaallah bakal saya follow balik juga.

#Insyaallah lho yaaa… xD

So, buat para blogger, silakan dipasang widget “follow” dan atau widget akun Google+ nya yaaa. Sapa tau bakal dapet satu followers baru dari admin dan buruh serabutan di wisnutri.com *apasi*.

Next…

Karena saya pengguna blogspot, maka langkah BW kedua saya, biasanya akan membuka tab “daftar bacaan”. Di baca judulnya sepintas, kalau menarik hati saya klik, kalau enggak….ya lewat. Setelah dari blogspot, biasanya saya akan beralih untuk blogwalking di share – share’an akun Google+, grup Warung Blogger di facebook, dan kadang – kadang kalau mau – tapi banyak enggak maunya, blogwalking di twitter hasil retweet’an akun @sobatblogger.

Langkah ketiga.

Mungkin ini sudah tidak asing lagi bagi para blogger, karena memang saya hanya menerapkan ilmu dari hasil googling di internet. Cara tersebut adalah blogwalking ke akun blogger yang sudah bersedia mampir dan meninggalkan komentar di tulisan yang saya publish. Istilahnya BW balik gitu.

Next…

Langkah terakhir dan mungkin merupakan hal yang paling ditunggu – tunggu yaitu, menuliskan komentar. Saya sendiri termasuk orang yang paling seneng ketika jumlah komentar di bawah blogpost itu tiap hari berubah. Makin banyak, makin seneng.

Bisa jingkrak – jingkrak seharian.

Kayang.

Rol depan – rol belakang.

Eggroll...

*Fix! Retjeh tingqat Dewa Budjana syalalalala*
Cara Blogwalking Yang Benar

Tapi jujur, saya nggak menulis komentar di semua blog yang saya kunjungi. Kadang jadi silent reader doang. Suka bingung mau nulis komentar apa gegara baca tulisan yang bikin ternganga. Ternganga karena saking bagusnya, bisa juga ternganga karena memang saya nggak paham ini tulisan mbahas apa. Hahaha. Nggak mau juga kan kalau kalian susah – susah nulis tapi cuma dapet komentar standar macam: “Nice info gan”.

Nambah semangat buat nulis kagak, nyesek iya.

***

Itulah cara blogwalking yang biasa si admin dan buruh serabutan di wisnutri.com lakukan. Tolong share cara BW kalian ya, wahai teman – teman blogger…

Maturnuwun.

Tambahan :
Oiya mau nanya, habis nulis komentar di blog temen, apakah kalian sering mengaktifkan “notifikasi” di kolom komentar, ketika komentar kalian itu dibalas oleh si empunya blog / blogger lain?

*Penasaran, gegara sering lihat komentar di beberapa blog itu bisa sampai balas – balasan panjaaaaaang banget….XD

You Might Also Like

104 comments

  1. kalo ane biasanya BW ke blog tetangga buat mencari Inspirasi.. dan pencerahan... ^_^

    BalasHapus
  2. Sip mas tri, saya juga asalah satu blogger yang suka banget BW, sharing dan follow temen-temen blogger.. biasanya saya share ke G+ jadi tolong dong tombol share G+ nya di pasang supaya lebih gampang kalau mau share...

    Terimakasih sebelumnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan diragukan lagi kalau Mang Maman mah, rajin banget buat BW. Tiap buka Google+, mesti sering banget liat share-share'an dari beberapa blogger yang habis dikunjungi buat BW.

      Wah, nggak bisa itu mang. Di template blog gratisan yang saya pakai cuma nyedia'in 3 akun itu buat tombol share. Jadi maaf-maaf ini, request'nya belum bisa tak penuhi *halah*.

      Hapus
  3. Eggroll ya Allah. Kenapa ada makanan yang fluffy tapi tetep crunchy kayak eggroll?
    Gakuat gakuat.

    Basically ya sama aja sih cara blogwalking saya. Foto sama judul tuh, yang pastinya pertama kali menarik perhatian. Terus gaya bahasa sama EYD. Saya mah EYD addict ga tau kenapa wkwk. Jadi kalau EYD nya bagus, berlanjut. Kalo ngga, ga enak aja bacanya.

    Sharing is caring XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eggroll adalah satu bentuk keniqmatan yang haqiqi.

      EYD ya? Saya malah nggak terlalu fokus sama itu. Maklum, bukan anak sastra. Hahaha. Asal cerita di tulisan yang mereka buat asik, yaudah lanjut baca aja gitu, Za.

      Hapus
  4. Aku juga gitu. Sebisa mungkin ku baca habis artikelnya dan ninggalin jejak aka komentar. Karna aku juga mau digituin sama readers aku. Take and Give lah gitu yes.

    BalasHapus
  5. Bagi saya blogwalking selain untuk bersilaturahmi, saling menyapa kawan-kawan sesama penulis blog, juga untuk mencari referensi. Banyak sekali ilmu yang didapatkan dari aktivitas ini. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, dari sekedar baca & nulis komentar di blog, malah kadang bisa jadi berasa udah kenal banget sama itu blogger. Padahal juga belum pernah ketemu.

      Hapus
  6. Saya sendiri blogwalking untuk nambah wawasan juga, cari temen juga, cari jodoh juga kalau bisa hahaha.

    Oh iya ngomong ngomong pada bagian "SHARE BERBAGI" yang (Baca : Temen temen blogger ) itu ada internal link nya atau memang koneksi saya yg buruk makanya gk muncul.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ngga ada link nya kok mas. Mungkin koneksinya yang masih trouble

      Hapus
  7. Kayaknya saya udah sering nulis gimana saya BW atau komentar. Ehe. Nggak jauh beda sama punyamu, Wis. Sekarang, saya BW nggak berharap apa-apa. Kalaupun nggak dapet manfaat dari tulisan itu, setidaknya saya bisa baca cerita dari sudut pandang orang lain (ini termasuk manfaat bukan, sih?).

    Saya dari dulu juga penasaran tuh, kenapa ada yang bales-balesan sampe panjang gitu. Akhirnya saya tanyain deh. Ya, emang biasanya pada suka ceklis notifikasi gitu. Kalau saya nggak perlu, sebab saya emang suka cek tulisan itu lagi apa balesan komentarnya atau sekalian baca ulang (hanya berlaku untuk tulisan yang menurut saya bagus). :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap master.
      Bisa sih, jadi kita bisa tau pandangan orang lain ketika bercerita tentang sesuatu hal yang mereka alami.

      Baik. Terimakasih atas infonya, Gan!
      Hahaha

      Hapus
  8. Wah terimakasih mas, saya udah di follow, #oposeh, ha ha

    malah saya baru tau kegunaan blogwalking, ah jadi pingin BW ke temen-temen biar nambah ilmu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama :D
      Buruan gih, blogwalking dulu

      Hapus
  9. kadang juga sering OOT juga aku klo komentar wkwkwk
    harap maklum
    tapi sukanya BW itu klo nemu blog baru yang asyik tulisannya
    gak peduli di BW balik apa enggak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kok bisa OOT to mas? *penasaran ini*
      Padahal kadang tulisan saya juga bukan tulisan berat, malah ringan semua kayaknya ding. Orang isinya juga cuma cerita - curhatan, tok. Ehe...

      Hapus
  10. dulu sebelum ngenal blog lebih dalem, ceilee dalem.. aku hampa, merasa gagal jadi blogger, soalnya udah nulis kok g ada yang main sih? hm..
    ternyata salah satu faktornya, karena g pernah main dirumah tetangga

    sampai akhirnya, nimbrung ikut komunitas blogger dan BW
    menurutku BW plus ngasih komentar, merupakan cara paling jitu supaya kita dinotice sama blogger lain.

    terus nih, kan aku ikut salah satu komunitas blogger yang punya kriteria tiap kali BW komentarnya g sekerda "nice post gan", akhirnya dari situ belajar lebih memahami tulisan blogger lain, terus pas nulis komentar, ikut share juga. tentu saja hal yang aku share punya keterkaikan sama postingan tadi. jadi kita sebagai pembaca saling sahut menyahut sama yang punya blog, biar g sekedar basa basi geje.

    oh ya, satu lagi..
    tiap kali ada yang BW plus komen di post, aku akan usaha untuk BW balik dan ninggalin komentar di blognya sebagai apresiasiku dan rasa terimakasih karena udah main ke blogku. btw makasih ya sudah main ke blogku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku dulu juga gitu. Terus nyoba googling pakai keyword "cara agar blog tidak sepi pengunjung", dan semacamnya. Akhirnya nemu tips yang salah satunya itu kita kudu rajin - tajin buat BW ke blogger lain.

      Boleh tau nama komunitasnya? Coba pengen ikut nimbrung :D

      Hehe, sama-sama. Terimkasih juga atas sharingnya :)

      Hapus
    2. aku gabung di komunitas blogger energy, siapa tahu kamu berminat juga :)

      Hapus
  11. Kalo aku sih BW ke blog yang ninggalin jejak di tulisanku.
    Abis itu baru jalan-jalan ke akun google+

    BalasHapus
  12. Baca judulnya saya kira akan membahas fenomena bw zaman now: nice info gan, thanks gan, bermanfaat dll. Yang kadang gk linier dg topik artikel. Tapi saya kira artikel ini cukup renyah dan tau bagaimana agar pemilik blog mau BW haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enggak mas, saya kan masih satu tahun ini aktif ngeblog. Jadi belum begitu paham teknik BW jaman now maupun BW jaman old itu kayak apa. Yah, finally cuma sharing cara BW saya, seperti inilah jadinya

      Hapus
  13. Mas wisnu saya justru baru tahu manfaat dan tujuan blogwalking setelah baca artikel ini, maklum saya pemula.


    Terimakasih telah berbagi pengalaman.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama-sama....saya juga cuma sharing pengalaman BW selama 1 tahun aktif ngeblog ini. Semoga bermanfaat

      Hapus
  14. BW itu emang paling pewe. Daripada stalking IG mantan mending BW. Pertama bisa nambah pengetahuan, kedua bisa nambah temen, terus nyari inspirasi juga.

    Gatau sih saya random, biasanya di fb Warung Blogger siapapun yang share artikel baru saya langsung baca, di tab chrome bisa nyampe 40an lebih ^-^

    Dulu sempet males BW - awal2 ngeblog - pas kesini kesini jadi keranjingan BW hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. 40? Gilaaaa...
      Habis berapa jam buat baca semua blofpost dari 40 tab itu mas?
      Saya paling pol-polan cuma 10an tab. Itupun udah bikin capek.

      Iya, kalau udah ketagihan BW mah gitu. Sehari nggak BW gitu, kadang berasa ada yang kurang

      Hapus
  15. Tidak begitu jauh beda kita mas wisnu
    saya juga BW seperti itu
    membalas blogwalking dari yg sudah mampir
    dan soal jadi silent rider
    saya sering kok, karena kalo menurut saya patut di komen ya saya komen?
    klo enggak ya dari pada komentar nya bikin nyesek yang nulis

    tapi kadang saya juga telat BW karena waktu yang mepet sama kerjaan
    Soal tombol Follow punya saya ada di pojok kanan atas, saya bikin menu sendiri hehe monggo di follow haha

    saya gak pernah aktifin notofikasi
    Tapi kadang kalo lagi iseng balik lagi ke blog yang tadi di bw dan liat komentar kita di bales apa enggaknya
    kalo di bales ya bales lagi
    Dr BW juga saya bisa punya banyak temen Blogger, pengen nya nanti bisa kopdar juga pasti seru

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh, samaan kita *TOS*

      Udah mas, udah tak follow kok. Tenang :D
      Oh begitu, saya pun. Misal pas ninggalin komen, saya penasaran sama balesan dari si empunya blog, saya bakal balik liat balesannya. Tapi malah lebih sering "sekali komen" gitu sih. Jadi habis komentar di blogpost terbarunya, yaudah. Titik. Berhenti, hehe

      Hapus
    2. nah ini saya bales lagi kan hahaha

      Hapus
  16. Kalo saya bw itu selain emang seneng klo page view nambah,juga jadi punya banyak temen blogger. Klo pada mampir dan ninggalin komen tuh jadi makin semangat ngeblognya dan buat ide muncul jg. Nambah vocab juga :D

    Klo notifikasi kadang dinyalain kadang jg nggak :D

    BalasHapus
  17. kalo aku blogwalking nggak terlalu sering sih haha, hanya di blog blog tertentu saja yang aku rasa bagus. baik dari segi tulisan, dan media yang dibawa. eh satu lagi yang penting, aku biasanya melihat dari judul dulu sih, biasanya judul yang bagus, isi yang dibawakan juga bagus bukan hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tergantung juga sih kalau masalah judul. Sekarang kan masih jaman banget tu istilah judul click bait, kadang saya nemu yang begituan. Jadi ya...sedikit-sedikit lumayan ketepu sama judul yang bagus :D

      Hapus
  18. Kalau saya lebih seringnya jadi pembaca senyap. Kecuali kalau blognya berCMS blogger dan nggak ribet kalau mau komentar. Kadang suka males komentar kalau ribet harus masukin ini dan itu..hehe

    Salam kenal Mas Tri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya pribadi juga begitu, agak males kalau suruh masukin ini itu - ini itu. Lebih nyaman BW ke blog yang se-platform sih, Jujur. Hehe

      Hapus
  19. Nice info qan... Hehe baqus.. Tadi saya liat judulnya saja jujur maz,, eah malaslah baca, tapi entah kenapa saya merasa pemula seperti saya ini, harus banyak menqenal berbaqai cara nqebloq.. Jadi saya baca deh dari awal sampai akhir kata kata.. Dan akhirnya saya memahami pentinqnya apa yanq disampaikan. Terima kasih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halah...

      Alkhamdulillah kalau dibaca sampai akhir, semoga bermanfaat :D

      Hapus
  20. selain bewe balik, aku biasanya blog walking secara random, kadang karena judulnya, kadang karena temanya :D

    BalasHapus
  21. Kurang lebih saya juga sama cara blogwalkingnya seperti itu.
    Namun ada satu yang beda. Saya tidak mengandalkan daftar bacaan dari blogspot. Karena saya rasa kadang kurang akurat. Misalnya, ada postingan baru dari suatu blog tapi tidak muncul di daftar bacaan. Jadi sekarang Saya mengandalkan feedreader.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa bisa kejadian kaya gitu mas? Baru tau saya.
      Masalahnya kalau di beranda ku, kayaknya blogpost terbaru dari blogger-blogger yang saya follow bakal muncul semua.

      Hapus
  22. kalau aku bw-nya kesapa yang bw ke blog ku malah bukan yang uda aku bw-in begitulah kekuatan bw tanpa mengharapkan kunbal hahaha *aposeh tp sebisa mungkin aku kunbal

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, teh Herva mah udah blogger level femes. Makanya lebih sering BW ke blogger yang udah komentar di blognya teteh, daripada BW duluan ya

      Hapus
  23. Aku sering bw tapi selalu silent reader. Ninggalin komen cuma kalo mau di notice sama si penulisnya aja, kaya pas ke wisnutri.com ninggalin komen, alhamdulillah di notice, hehe.
    Gak deh.. sama sih, sama kayak gitu juga, yang penting tulisannya enak dibaca. Dan kalo udah komen jarang aktifin notif apalagi di blog yang selalu dapet komen banyak, lebih milih buat balik lagi liat komennya dibales atau gak, gitu. Kecuali emang butuh jawaban dari si penulis baru aktifin notif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh begitu *efek zoom in di muka & musik ala-ala sinetron*

      Hapus
  24. Nice Info Gan
    ((biar nyesek))
    Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. *perlu di bales nggak ya komenan kaya gini*
      *yaudah bales aja biar seneng*
      * hahahaha *

      Hapus
  25. Kalau saya, blogwalking paling sering dari postingan di grup (Google+, instagram, group di Facebook, dll). Tapi kadang cuma silent reader, lha kadang bingung dengan isinya. Yang juga sering dilakukan, dan biasanya terus ngasih komentar, adalah kalau sengaja cari blog yang membahas satu hal yang memang dicari. Misalnya, cari blog orang yang pernah ke Salar de Uyuni, atau cari blog orang yang pernah apply VOA ke Iran. Begitu ketemu, pasti akan dikasih komentar. Gitu ...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wehehe, kalau saya malah sebaliknya. Misal googling, terus nemu artikel yang dicari, ya udah cuma tak baca aja. Jarang ninggalin komentar, malah nggak pernah kayaknya

      Terimakasih atas sharingnya mbak

      Hapus
  26. Kalo aku enak pake disqus gitu, blogwalkingnya lebih bisa diliat... tapi kalo pake komentar bogger biasa saya lebih masang widget untuk komentar terbaru jadi kalau ada yang komentar di postingan, walaupun postingannya udah lama banget, pasti keliatan.. hhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Disqus itu kudu install aplikasi tambahan nggay sih mbak? Atau udah bawaan dari tema blog yang kita pakai?

      Hapus
  27. Cara blogwalking saya adalah: RANDOM.

    Nggak ada tujuan pasti yang penting semua blog teman yang ada di page "sahabat pena" dan circle gplus sudah saya kunjungi. Hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wooooo.....
      Ini cara BW yang patut di contoh.

      Hapus
  28. Podo sih, kebanyakan caraku BW ya udh dijabarin diatas wkwkwk.
    Tapi sekarang gatau knp malas BW dan berakibat malas nulis :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, aku juga pernah ngrasain kaya gitu.
      Tapi kalau aku males nulis dulu - baru berefek ke males BW

      Hapus
  29. Kurang lebih caranya sama mas. Kalo saya biar enak BW, bikin page untuk blogwalking di blog, jadi lebih mudah. Kalo emang mereka juga aktif BW, blognya masih mejeng di daftar blogwalking. Tapi kalo saya komen keb blog orang dan gak pernah komen balik lagi, ya terpaksa hapus, soalnya udah banyak banget...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga ada sih page List Blogwalking. Tapi malah ngga pernah tak buka buat ajang BW. Lebih nyaman BW via dashboard blogspot sama Google+

      Hapus
  30. Aku sendiri selain cari inspirasi, ya memang pengen tahu aja, misalnya Mas Wisnu yang suka jalan-jalan. Dengan BW, siapa tahu jadi tahu kan, dan ada referensi untuk liburan.

    Ya, intinya sembari belajar juga sih, Mas. Dan aku berusaha misalnya untuk BW ke blog-blog yang biasa aku kunjungi, seperti wisnutri.com ini. Ya, walaupun nggak langsung juga, setidasknya aku punya list mana yang biasa maen dan dikunjungi..he

    Dan aku berusaha untuk meninggalkan jejak, pertama bisa nambah teman walaupun di blog, kedua siapa tahu bisa kopdar atau silaturahmi gitu..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh, terimakasih sudah sangat rajin main ke wisnutri.com, Mas Andi.
      Alkhamdulillah kalau tulisan jalan-jalan saya bisa jadi referensi buat orang lain. Ya, walaupun cuma jalan-jalan alakadarnya. Hahaha

      Hapus
    2. Terkadang dari alakadarnya itulah, justru nggak semua orang menganggapnya begitu. Ada yang jadi tahu, terlebih lengkap dengan foto-fotonya, Mas..

      Next time kalau kalau ke Jogja berkabar aja, Mas.
      Atau bisikin no WA lewat DM IG juga bisa.
      Mudah-mudahan kalau ke Jogja, akunya di Jogja juga..he

      Hapus
    3. Minggu depan paling, kalau pas perjalanan pulang mau ke Purworejo.
      Kalau niat & sempet, mau ngaso sebentar di Jogja :D

      Hapus
    4. Kabarin, Mas. Siapa tahu bisa silaturahmi ya..

      Hapus
  31. Perihal balas2an panjang itu biasanya mereka udah dekat. Bisa jadi dekat di dunia nyata maupun di dunia maya. Ya interaksinya diasikin aja.
    Tapi biasanya, yg balas2an panjang itu jarang update tulisan. Kan kalo update, pengunjung akan komen di post terbarunya. Biasanya sih gitu.


    Btw, aku juga berteman dgn teman2 di facebook. Mereka rame di fb. Dan sering ngasih info perihal blogging. Jadi terasa banget atmosfer bloggingnya. Wisnu cobain deh. Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh begitu?
      I see...

      Ada sih temen FB yang blogger juga, tapi emang beberapa. Selain itu, sekarang saya juga ngga begitu aktif online di FB, Kak Ros. Paling cuma nunut share artikel di grup Warung Blogger, habis itu udah. Langsung pindah ke sosmed lain.

      Hapus
  32. Pengen jadi silent reader, tapi ngelihat komen disini banjir jadi ikut komentar. Tapi tulisan bang wisnu emang banyak benarnya salah satunya kaya yang aku lakukan ini :D

    BalasHapus
  33. Gue juga gitu sih. Tos! Tapi sekarang jarang banget kalau BW lewat dari blogger yang "daftar gitugitu" soalnya tampilannya udah bebrubah dan jadi hahrus ngeklik ke bawah dulu kaan. Jadi rada males dan kadang suka lupa kalo ada gituan. Muahaha. \(w)?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha...iya bener.
      Tab nya ada dibawah pojokan sana. Tapi gegara saya aktif ngeblog juga belom lama, jadi meskipun tabnya ada di bawah, tetep aja tak klik. Biar bisa BW ke temen-temen gitu ceritanya

      Hapus
  34. Kalo ane ga perduli gan sudah benar atau gak nya cara blogwalking saya, yg penting saya bisa cari insfirasi dan nambah silaturahmi dgn sesama blogger lain nya :D

    Salam kenal gan :)

    BalasHapus
  35. Wah blog walking juga ada caranya toh. Wah saya baru tau.
    Saya melakukan ini hanya sekedar isi waktu saja :)

    BalasHapus
  36. biasanya aku sendiri BW sering menjadi silent reader, bukan tidak suka atau tidak mau meninggalkan jejak. lebih terasa malu dan minder dengan tulisan tulisan yang kadang menginspirasi. tak jarang juga langsung memfollow dan meninggalkan komentar karena sang empu blog bisa membuatku betah berlama - lama untuk membaca hasil karyanya.

    salam kenal mas wisnu, terima kasih sudah berbagi tentang blogwalking

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kurang lebih sama, berati ya mas. Baiklah
      Salam kenal dan terimakasih kembali \m/

      Hapus
  37. sama, kadang aku silent reader, ku buka tapi gak ninggalin jejak, kadang aku mentok diwaktu soalnya *sok sibuk hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yayaya...nulis komentar di blog itu juga memakan waktu yang lumayan sih, apalagi kalau disambi pas jam kerja. Bisa bahaya - menurunkan produktifitas :D

      Hapus
  38. Gak tau juga sih yang bener kek mana, klo gue sih ya yang enak dibaca aja tulisannya. Hehehe

    Langsung gue follow dah! *Gak ngarep polbek kok. wkwkwkw

    BalasHapus
    Balasan
    1. Baik suhu...terimakasih sudah follow balik blog retjeh ini
      *sujud sembah-sembah*

      Hapus
  39. kalo mbaknya setahun dibilang nubi apalah aku yang baru seumur jagung. Aku follow ah blog dan G+ nya. terimakasih seringnya

    BalasHapus
  40. menyesal knp sempat hiatus ngeblog...blog yg udh susah payah menjaring pelanggan dgn berbagai macam cara, salah satunya c BW ini...jalan2 ke blog org emang paling asik menurut saya,,bukan cm krn blog kita pgn dikunjungi balik, tp jd tau aja betapa beragamnya pemikiran org haha....

    salam kenal eaaaaaaaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga sempet hiatus kok. Nggak cuma 1 - 2 bulan. Bertahun-tahun malah.
      Setelah berniat buat aktif ngeblog lagi, baru dah...lumayan rajin buat BW ke temen-temen lain...

      Oke!

      Hapus
  41. Saya malah jarang bw. Paling ke blog yg bw juga, klo misal dy gak bw balik, gw gak peduli , haha..
    Karena emnk suka baca yg artikel meski seringnya gak komen

    BalasHapus
  42. Hei, wisnu.. saya ga di follow ya? hiks..

    bW kayak jadi hal yg wajib, kalau ga bw sepi,sepi,sepi.. haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Apa iya?
      Sebentar, coba tak cek dulu
      Hahaha

      Hapus
  43. Dapat teman blogger yang loyal itu susah mas, jadi kalau dapat yang sudah loyal rutin mampir di blog ngapa disiap siakan

    Saya ada share juga mas tentang gimana blogwalking kidz zaman now yang mungkin bisa bikin ngakak juga bacanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku nyoba buka link nya, kok ngga bisa tapi?

      Hapus
  44. blogwalking biar ada yang komentar, kan bukti kalau tulisannya ada yang baca ada interaksi, yang jelas sih interaksi silahturahmi didunia maya

    BalasHapus
  45. Langkah kita hampir sama mas wis, tapi yang bedain bagian akhir. Ya saya sering aktifkan fitur notifikasinya itu soalnya kebanyakan jejak yang saya tinggalkan biasanya sebuah pertanyaan untuk pemilik blog. Bukan mau nguji si emppunya tapi memang penasaran gak tahu jadi langsung nanya aja. Kan dengan begitu interaksi antar blogger juga terjalin secara gak langsung.

    BalasHapus
  46. tujuan saya BW ya mencari secangkir kopi dan sepotong roti tawar, hehe

    BalasHapus
  47. semoga aku juga lebih rajin BW :D

    BalasHapus
  48. Wah blog saya tidak masuk kriteria nih, tidak masuk point pertama blognya enak dibaca, blog saya semrawut masih suka-suka sendiri dalam membuat konten

    BalasHapus
  49. wihhhh..keren mas wisnu sudah hampir cepe nihh komennya, hhehe
    memang pastinya kalau ada yang koment di blog kita pasti kita juga akan membalas komentnya dan mampir ke blognya dan meninggalkan jejak kita, hhehehe

    BalasHapus
  50. klo saya biasanya bw untuk nambah kosakata dan membentuk kalimat baru. sekalian nambah kenalan hehe

    BalasHapus
  51. Ninggalin komeh juga ah..
    Aku sering nya ya random.. sak seneng e, sing penting enak d baca.. he5x..

    BalasHapus
  52. blogwalking memang sangat diperlukan untuk menambah kunjungan ke web kita, tulisan bagus kak. mudah-mudahan bisa menambah ilmu bagi saya yang masih newbie. kunjungin juga website saya www.learadinka.com

    BalasHapus
  53. blogwalking sebagian dari usaha
    kalau saya sih lebih ngunjungin blog baru trus komen
    trus berdoa dan berharap blog yang kita komenin bakal ngunjungin dan komen balik
    ahahahahhahahahaa

    maklum blogger santai

    BalasHapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers