Makan Mie Instan Bisa Bikin Diare, Kenapa?

Jumat, Oktober 02, 2020

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sumber : pixabay.com 
 

Mie instan sepertinya sudah menjadi makanan favorit masyarakat. Jika banyak meme yang menggambarkan bahwa mie instan adalah makanan anak kost atau bahkan makanan akhir bulan, kenyataan di lapangan mengatakan hal yang lain. Banyak orang yang sengaja makan mie instan hanya karena sedang selera, atau bahkan sedang “nongkrong” bersama teman.

Sudah bisa kita temui banyak kafe besar yang menyajikan mie instan di dalam menunya. Ada yang menampilkan rasa otentik dari merek tertentu, ada juga yang mengkombinasikannya sehingga terlihat berbeda dan meningkatkan nilai jual.

Sayangnya, banyak yang belum menyadari bahwa ternyata makan mie instan bisa bikin diare lho. Ketidaktahuan ini dapat terjadi justru pada pasien diare itu sendiri. Biasanya, diare akan menguras tenaga dan mood sehingga nafsu makan berkurang drastis. Namun ia masih berselera untuk mengkonsumsi mie instan dan akhirnya menyantapnya ketika sedang diare. Padahal, makan mie instan ketika diare justru akan memperparah kondisi saluran pencernaan. Mengapa hal tersebut bisa terjadi?


Kenapa Mie Instan Dapat Menyebabkan Diare?

Di dalam mie instan terkandung bahan pengawet dan bahan berbahaya lainnya jika dikonsumsi secara sering. Bahan pengawet memang akan menguntungkan produsen mie instan karena akan membuat mie menjadi tahan lama, sehingga dapat mempertahan kualitas mie-nya. Sayangnya, bahan pengawet serta bahan kimia yang terdapat pada mie instan dapat memberi dampak negatif pada tubuh seperti salah satunya adalah diare.

Bahan pengawet sudah dipastikan tidak baik bagi tubuh sekalipun memenuhi standar keamanan pangan. Oleh sebab itu, jangan heran jika tubuh merespon bahan-bahan tersebut dengan reaksi diare selama beberapa hari. Namun, diare yang tidak ditangani dengan cepat dan tepat dapat memicu adanya penyakit lain. Hal tersebut dapat terjadi karena banyaknya cairan tubuh yang terbuang selama diare. Penggantian cairan serta ion tubuh merupakan langkah awal yang tepat untuk mencegah terjadinya dehidrasi ketika sedang diare.

 

Bagaimana cara Mengatasi Diare Akibat Mie Instan?

Ketika sedang diare, fokuslah untuk menambah konsumsi cairan sehat seperti air putih. Hal tersebut merupakan cara mengatasi diare di rumah yang paling utama. Jika biasanya kamu minum air putih sebanyak 2 liter per hari, kondisi diare membuat kamu membutuhkan tambahan air minum sebanyak satu gelas setiap selesai buang air besar. Selain itu, memperhatikan asupan juga dapat meringankan diare yang sedang kamu alami. Berikut ada berapa tips yang bisa kamu terapkan untuk mengatasi masalah diare:

     Banyak mengkonsumsi air putih, terutama setelah buang air besar.

    Kamu bisa mengkonsumsi larutan oralit dan meminumnya setiap selesai buang air besar.

  Hindari makanan berlemak seperti gorengan, susu full cream, dan sebagainya. Tapi kamu tetap boleh kok, mengkonsumsi susu rendah lemak atau susu dengan bahan dasar nabati seperti susu almond, kedelai atau yang lainnya.

     Kurangi makanan yang banyak mengandung gas, seperti buah durian, kol, dan nangka.

     Hindari makanan pedas.

     Pastikan makanan dan minuman yang dikonsumsi telah terjamin kehigienisannya.

     Hindari minuman yang mengandung kafein (kopi, coklat), soda dan pemanis buatan.

     Istirahat yang cukup.

     Hindari stres.

    Makanlah makanan yang sedang diperlukan tubuh saat diare, seperti apel, pisang, roti panggang tanpa selai, dan nasi.

     Minum obat diare seperti entrostop

     Pergi ke dokter untuk mendapatkan penanganan lebih lanjut


Pada dasarnya, diare akan sembuh dengan sendirinya jika penanganan serta asupannya sudah tepat. Jadi, kamu tidak perlu repot untuk mengantre di dokter, terutama jika frekuensi diare masih sering dan memungkinkan adanya rasa kebelet ketika di perjalanan atau di klinik. Agar tidak terjadi lagi di kemudian hari, silahkan masukkan mie instan ke dalam daftar makanan yang harus dibatasi. Semoga lekas sembuh :)

You Might Also Like

11 comments

  1. Di bagian mengatasi diare itu 'untuk' dua kali biar apa, Wis? :p

    Saya kalau diare belum pernah makan mi sih ya. Karena sejak kecil dikasih tau mi itu kurang baik buat pencernaan. Jadi saya makan mi ketika lagi sehat dan kepengin aja. Kalau diare tentu minum banyak air putih dan makan yang sayur-sayuran. Haha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haduh, kebobolan 😂 *buru-buru revisi*

      Hapus
  2. Dulu waktu SMP malah suka kalo diare, mikirnya biar cepet kurus. Ya padahal nggak sama sekali :) Kalo diarenya udah keterlaluan makan salak cukup buat saya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Teori dari mana ini, Za? Hahaha. Mungkin bisa juga sih, misal diarenya nggak sembuh-sembuh.

      LAH, KURUS KAGAK. MENINGGAL, IYA

      Hapus
  3. Meski dicap sebagai makanan anak kost, ternyata mie instant sendiri justru terbang melayang menembus kasta. Bantuan-bantuan kemanusiaan pun kebanyakan mie instan. Tapi ya itu, saat dingin, saat gabut dkk, mie instan bisa hadirkan suasana beda. Hanya itu, jangan keseringan nanti diare...

    BalasHapus
  4. Apalagi klo makam mie instant ya ditambah Lombok rawit banyak+saos tomat yang merknya Ndak jelas...


    Aku juga ngurangi bnget mie instant. Enak..tapi takut efek buruknya

    BalasHapus
  5. sejak divonis gerd aku gaberani makan mie instan sama sekali
    langsung begah dan nyeri lambung mas huhu

    tapi memang efek akhirnya ke diare tapi gabegitu parah si
    cuma sendawa dan perut perih yg bikin susah huhu

    BalasHapus
  6. Aku salah satu penggemar mie instan tapi tetap membatasi makannya, salah satunya ya karena tidak terlalu baik bagi tubuh karena banyak bahan pengawet.

    Benar tuh, aku pernah diare terus karena lapar makan mie instan, eh tambah parah mencretnya.😂

    BalasHapus
  7. Mie instan dan makanan instan lainnya emang rata-rata nggak baik buat kesehatan sih, karena biasanya digunakan dalam kondisi yang butuh cepat aja.

    Jadi alangkah lebih baiknya dihindari sih buat makan mie instan sering-sering, apalagi kalo alasannya cuma karena lagi pengen.
    Pengen diare mungkin.

    BalasHapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers