Feed Instagram Saya Rapi?

Rabu, Mei 22, 2019

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Cara Merapikan Feed Instagram

Kalau boleh sombong sedikit, ya…. memang. Feed Instagram saya beberapa tahun belakangan ini memang bisa dibilang cukup rapi. Bukan apa – apa sebenernya. Tujuan utamanya, ya… biar halaman profil saya lebih “sedep” aja pas dilihat sama orang lain. Ibarat kata, nih, saya sedang berusaha membuat sebuah first impression yang bagus di mata netizen lewat sosial media yang saya miliki. Ya siapa tahu, lewat feed yang rapi, followers saya bisa nambah secara organik. Yang awalnya baru satu “K”, tiba – tiba bisa menjadi sepuluh “K” gitu. Lumayan kan, biar saya bisa bikin stories yang bisa di swaip-ap macam selebgram kekinian.

Ini, mah, namanya “ada apa – apanya”, Malih!

Nah, dari pengalaman pribadi, membuat feed Instagram yang rapi itu sebenernya juga gampang – gampang susah. Enggak seperti pengguna Instagram lain yang (mungkin) akan secara bebas mengunggah foto – foto mereka tanpa harus pusing memikirkan kerapian feed, saya sendiri memiliki beberapa aturan khusus yang harus saya “taati” demi terciptanya sebuah konten Instagram yang lebih menarik dan tertata secara paripurna.

Apa saja itu?

Mari saya bocorkan. Siapa tahu bisa memberikan setetes pencerahan buat kamu yang pengen jadi selebgram ber-feed cantik nan aestetik. Hiya…!

Cara Merapikan Feed Instagram

1. Tema
Hal pertama yang harus kita lakukan adalah memilih tema dari foto – foto yang nantinya bakal kita unggah. Kita bisa memilih tema sesuai dengan hobi yang kita gemari. Misal seperti saya yang seneng membuat ilustrasi bergaya vektor. Nah, hasil dari ilustrasi – ilutrasi sederhana yang saya buat ini, saya unggah di akun Instagram @wisnutri_ya *di follow dulu, gih*. Selain ilustrasi, kadang saya juga menyisipi feed Instagram dengan foto dari hobi saya yang lain, yaitu foto dokumentasi dari hasil jalan – jalan yang biasa saya lakukan.

Bukan hobi, ding. PENCITRAAN. Wk…

Cara Merapikan Feed Instagram #wisnutrivectorwork
 Ilustrasi vektor yang bisa kalian temukan dengan hashtag #wisnutrivectorwork

2. Pakai Filter Serupa
Tone warna yang kita pilih akan mempengaruhi tampilan feed Instagram, maka dari itu, sebaiknya gunakan tone yang senada. Kita bisa bebas memilih tone warna yang terang, gelap, atau dengan menonjolkan satu warna yang mendominasi (kalau saya biasanya menggunakan warna hijau atau biru). Bebas. Semua tergantung dengan selera warna yang kita suka.

Setelah memilih tone warna yang sesuai, kita juga harus memakai filter atau tata cara editing yang sama. Jadi, semua foto yang kita unggah secara otomatis juga akan punya tingkat cahaya, kontras, serta eksposure yang hampir sama.


3. Ukuran Foto yang Sama
Selain tone warna dan filter yang senada, hal lain yang juga harus diperhatikan adalah ukuran foto yang akan kita unggah. Saya pribadi, biasanya lebih memilih file dengan ukuran persegi untuk foto dari gambar ilustrasi vektor yang saya buat, serta ukuran persegi panjang untuk foto – foto yang berbau travelling.

Nah, kalau mau lebih presisi dan lebih rapi lagi untuk urusan ukuran atau dimensi foto, mungkin kalian bisa memanfaatkan aplikasi semacam Instasquare yang bisa di download secara gratis di Google Playstore maupun AppStore.

4. Foto Collages? Sorry, Saya Paling Anti!
Gaya bat ini. Hahaha. Tapi beneran, saya enggak terlalu suka dengan tampilan dari beberapa foto yang sering digabungkan kedalam satu frame. Apalagi bagi kaum pecinta feed rapi seperti saya. Alih – alih terlihat rapi, foto collages seperti ini malah bisa merusak feed Instagram menjadi berantakan, karena akan terlihat penuh di satu bagian saja serta akan terlihat beda sendiri dengan foto – foto lain yang kita unggah. Jadi, sebisa mungkin hindari saja.

5. Kualitas Foto yang Bagus
Kalau pengen feed Instagram kita terlihat rapi dan menarik, tentunya foto yang diposting juga harus mempunyai kualitas yang bagus dong! Biar apa? Biar fotonya enggak nge-blur setelah selesai kita posting. Nah, agar aman, foto yang kita upload harus memiliki ukuran minimal 640px x 640px. Misal lebih dari ini juga enggak apa – apa. Lebih bagus malah, karena foto akan terlihat lebih jelas dan cantik.

Cara dapetin foto dengan kualitas bagus juga enggak susah, kok. Apalagi sekarang sudah banyak brand smartphone yang menawarkan kamera utama berlensa cukup besar. Salah satunya ada OPPO F11 yang dibekali dengan kamera utama berlensa 48MP dan 5MP. Fufufufu…enggak usah ribet – ribet nenteng kamera DSLR lagi ini mah juga bakal tenang, bosque, karena hasil fotonya bakal bening *sebening cintaku padamu* Heish! ra mashook blas!

Oppo F11 Potrait Master

Oppo F11 Potrait Master

Selain itu, hasil potretnya juga bisa dibilang sempurna meskipun diambil saat malam hari yang minim cahaya. Semua itu berkat adanya teknologi Ultra Night Mode dan Color Mapping di OPPO F11 yang dikenal sebagai smartphone Portrait Master. Memang semakin keren saja, ya, teknologi kamera di smartphone – smartphone saat ini.

Berminat untuk meminang sang OPPO F11? Kunjungi saja https://www.oppo.com/id/smartphone-f11/ dan siapkan uang Rp 3.999.000,- sebagai  mahar sang smartphone.

***

Yak! Itulah lima aturan yang saya terapkan saat mencoba membuat feed Instagram yang rapi dan menarik. Meskipun aturan-aturan ini sedikit membutuhkan effort lebih sebelum foto saya berhasil tayang di timeline teman, tapi percayalah, hasilnya juga bisa bikin hati gembira –gembiraku sereceh itu…

You Might Also Like

25 comments

  1. Kalo tema, saya usahakan emang seragam. Polanya dibuat tiga-tiga gitu. Makanan semua sederet. Filter sejauh ini diset normal atau hitam putih.

    Saya pengin juga padahal mengisi feed dengan nuansa desain. Udah mau setahun enggak pernah main ke tempat wisata dan motret-motret lagi. Tapi apa daya, kemampuan saya dalam bidang itu sungguhlah cupu. Seadanya banget dan maksa.

    Kamera digital sekitar 5 tahun lalu yang udah 20 MP aja mah langsung kebanting sama kamera-kamera HP zaman sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku biasane 9 feed buat desain vector, terus 3 feed khusus buat foto. Yah, mirip-mirip lah.

      Kalau kata pepatah Zimbabwe kan "Practice Make Perfect"--->ini juga yg sering tak terapin pas bikin desain sama nulis konten buat blog. Jadi ya, latihan-latihan terus aja,Yog :)

      Hapus
  2. baru tau instasquare jadi pengen donlod ah wkwkwk demi feed IG rapi kayak kang Wisnu :p

    BalasHapus
  3. kontennya wisnu sekarang makin kaya ya. udah mainan infografis, udah makin smooth juga ngiklannya. mantap deh blogger panutanku yang satu ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masih belajar saya, wahai suhu perbloggeran xD

      Hapus
    2. tau-tau namanya muncul di daftar pemenang lomba. smooth sekali memang pergerakan anda ya!

      Hapus
    3. Ini paid post sih...*eh

      Hapus
  4. Ahaa aku jadi inget mau upload foto di IG kok galau gara-gara bentuknya portrait, bedaa sama sebelum-sebelumnya yang bentuknya landscape. Sebenernya gak papa juga :p
    Feed-ku nggak rapi-rapi amat tapi kuusahakan nggak posting yang menyimpang jauh dari tema. Hehe.

    Oppoku kecemplung di Pantai Klayar. Udah nggak bisa dibaikin soalnya kena air laut. Huhu. Padahal pada zaman itu, kameranya sudah lumayan bangett.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, kadang memang bikin mumet ya mbak, masalah per-feed-an instagram ini.

      Weh, man-eman itu. Oppo kan kamera ne memang jos juga.

      Hapus
  5. Ga sah disangkal maneh, feed km emang rapi kok , trutama yg mulai vektor, apikkk
    Nek aku tone jelas rak bisa sama, plg nyamain di ujuran foto...ratione maksude biar nda mencang mencong klo ganti baris hahaha

    Klo muka uda ga bisa dipermak sih, jd keknya followerku yo nda nambah2 layaknya pemuja selebgram bermodalkan tsmpang wakakss

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu kebantu sama warna background yang seragam aja kayaknya sih mbak. Hahaha.

      Kayak'e upload gambar-gambar komikmu itu bisa jadi alternatif lain buat naikij followers mbak. Bagus-bagus juga.

      Hapus
  6. pernah nyoba, dan gagal. seandainya saya sudah baca tips ini dulu mungkin aja tetep gagal. soalnya tangan ini rasanya gatel banget pengen upload yang lucu-lucu, biar gebetan bisa liat, "oh ternyata dari foto-fotonya ini menandakan kalau dia tidak punya hubungan dengan kepala dinas ketenagakerjaan situbondo."

    BalasHapus
  7. Yang pasti harus konsisten komitmen mau tone feed nya rapi senada heheh, disamping juga motret nya pake oppoh ef elevpen

    BalasHapus
  8. Auto buka instagramkyu kwkwkwkw beuhhh Maharnya lumayan buat dompetku tuh kekekek

    BalasHapus
  9. Saya niat buat IG rapi dari dulu sampai sekarang cuma jadi wacana, huft..

    IG-mu selain rapi juga nyenengin, apalagi yang vector work itu, gemass!
    Ini lama gak bw sekarang makin tulisannya makin asik dibaca, nih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama, rencana2 yg hanya jadi wacana wkwkwk

      Hapus
    2. @Dwi : Gemas, jare XD. Terima kasih, lho. Jarang BW, saya pun. Enggak tau ini, kayak e semangat buat ngisi blog sama BW ke temen-temen blogger-ku menurun drastis :(

      Hapus
  10. Iya sih, kalo mau "main" ig emang butuh effort lebih biar bisa looks like pro, tp apalah ya itu tadi "effort lebih" hehe

    Oh ya, instasquare ajib tuh, tp saya lebih suka manual di corelDraw, lebih bisa "terserah gua" buat ngatur dimensi, atau foto square 9 kotak ... Yang jadi kndala adalah saya kurang bisa bikin design grafis wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, sih. Saya juga lebih sering pakai Corel. Instasquare kalau pas ngepasi emang butuh upload cepet di IG, tanpa harus ribet-ribet buka Corel di laptop dulu.

      Hapus
  11. suka nomor: 5. Kualitas Foto yang Bagus

    BalasHapus
  12. Pas baca judulnya, di dalem hati ane cuma bilang "nggaakkk" :v.

    Eh, daku tertarik sama IGnya yang @wisnutri_ya. Ku follow ya :D

    BalasHapus
  13. Iya tau yg feed ignya rapihhh. Tauuu!!!
    Aku malah udah lama bgt nggak update feed ig. Nggak tahu kenapa lagi males aja. Padahal foto yg mau di update udah antre. Mirip gado2 nggak ada tema dan editan warna yg seragam. Wkwkwk

    BalasHapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers