Sebelum Membeli Mobil Impian…

Kamis, Desember 13, 2018

Audio Mobil bukalapak

Apa barang impian yang ingin kamu beli ketika memiliki banyak uang di rekening bank?

Emas?
Rumah?
Atau mobil mewah?

Jika kamu termasuk tim yang ingin membeli mobil, tentu akan ada banyak pertimbangan yang harus kamu gunakan, sebelum akhirnya memutuskan untuk memilih dan membayar mobil impian. Salah satunya adalah kehadiran audio mobil. Aksesoris mobil ini ternyata menjadi hal yang cukup penting. Hal itu tidak lain karena kehadirannya dapat menghibur para penumpang yang ada di dalam mobil. Walaupun demikian, tidak semua jenis mobil memiliki sistem audio yang berkualitas dan memanjangkan telinga para penumpang.

Salah satu cara yang bisa kamu gunakan untuk mendapatkan audio mobil dengan suara berkualitas adalah dengan memodifikasinya. Nah, hal yang perlu diperhatikan bagi para pemula sebelum mengotak – atik pengolah suara di dalam kendaraan roda empat ini, tentu saja adalah mengetahui berbagai macam komponen utama yang terdapat pada audio mobil. Hal ini tidak lain agar nantinya, kamu bisa mendapatkan audio mobil yang sesuai dengan keinginan.

Berikut ada beberapa komponen audio mobil yang harus kamu ketahui :

1. Head Unit Mobil
Head unit mobil sendiri memiliki fungsi sebagai otak di mana akan mengatur sinyal yang terdapat pada semua komponen yang terhubung dengan perangkat audio mobil. Tak hanya itu saja, saat ini fungsi dan penggunaan dari head unit mobil telah canggih dan akan mempermudah dalam melakukan pengaturan audio.

Seiring perkembangan zaman, saat ini head unit mobil telah muncul dengan layar sentuh di mana dilengkapi dengan beragam pilihan menu seperti volume, DVD player hingga keseimbangan equalizer.


Head Unit

2. Speaker
Komponen penting lainnya yang terdapat pada pengaturan audio adalah kehadiran speaker. Speaker sendiri memiliki komponen membran di mana dapat menggetarkan udara untuk menghasilkan suara. Fungsi utama dari alat ini adalah untuk menyalurkan sinyal elektrik yang telah diolah pada bagian head unit.

Sedikit informasi tambahan, sebenarnya terdapat berbagai macam jenis suara yang dihasilkan oleh speaker. Bagi kamu yang bingung akan memilih jenis speaker seperti apa untuk keperluan audio mobil, ada beberapa pilihan jenis speaker yang bisa dijadikan alternatif pilihan. Ada tweeter, mid range, subwoofer hingga midbass, dimana speaker – speaker ini akan menghadirkan suara yang indah dan mampu memanjakan telinga para penggunanya.

Speaker dengan jenis tweeter sendiri memiliki fokus pengolahan suara yang berfrekuensi tinggi, yaitu 3500 Hz hingga 120Khz. Sedangkan untuk mid bass, memiliki fokus pengolahan suara yang berfrekuensi rendah antara 80 hingga 350 Hz.

Untuk speaker mid range, mampu memperjelas suara vokal seseorang agar dapat terdengar lebih halus dengan fokus frekuensi antara 350 hingga 4500 hz. Sementara subwoofer, bekerja untuk menghasilkan suara bas yang memiliki frekuensi rendah, yaitu kurang dari 100 Hz.

3. Amplifier
Selain head unit mobil dan speaker, masih ada komponen penting lainnya yang tidak boleh dilewatkan, yaitu amplifier. Amplifier ini memiliki fungsi utama untuk memperkuat sinyal suara yang berasal dari head unit mobil. Sinyal suara tersebut nantinya akan dibagi ke dalam volume yang pas pada setiap komponen.

Tak hanya itu saja, amplifier juga memiliki fungsi untuk menambah daya agar lebih besar . Daya ini nantinya akan disalurkan pada subwoofer. Tidak heran jika kehadiran amplifier dapat membuat kualitas suara yang dihasilkan oleh speaker akan semakin meningkat.

***

Itulah sedikit ulasan mengenai komponen – komponen yang terdapat pada audio mobil yang wajib kamu ketahui, sebelum melakukan modifikasi audio di dalam mobilmu. Penting juga, nih! Sebelum melakukan modifikasi audio mobil, ada baiknya kamu meminta saran kepada para ahli agar hasil modifikasi audio di mobil bisa sempurna dan mampu menghasilkan suara berkualitas sesuai keinginan.

Nah, dengan memasang sistem audio mobil yang menghasilkan suara berkualitas inilah, maka kamu dan para penumpang mobil bisa lebih nyaman berada didalamnya.

Bagi kamu yang ingin menemukan audio mobil yang berkualitas, maka bisa mencarinya melalui Bukalapak. Ada banyak perangkat audio mobil berkualitas yang bisa kamu pilih dengan beragam kemudahan yang ditawarkan, ketika proses pemesanan. Selamat mencoba!

You Might Also Like

11 comments

  1. wah kasih tahu ah ke suami di bukalapak sedia audio mobil ya kang da aku mah cari di bukalapak popok terus wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boleh, Teh... Biar paketan yang dateng ke rumah sekali-kali komponen audio mobil. He...

      Hapus
  2. Kalau audio buat mobil-mobilan Hot Wheels ada nggak, Wis?

    BalasHapus
  3. Paling asoy tu klo bGian dashboard mobil udabpaket serba digital, suara speaker ngebas, dg tampilan klasik mubil eropa , ga yang model debum-debum khas angkot yg depane jajaran boneka trus disetelin dangdut koplo hahaha #ngempih duluk ahhh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Boneka yang kepalanya angguk-angguk mbak? XD

      Hapus
  4. Mobil impanku adalah....
















    Mobil yang bebas pajak..

    BalasHapus
  5. Aku juga mau klo mobil bebas pajak...😀😀

    Audio mobilku salah beli deh kayaknya. Awalnya bawaan honda, trus diganti karena anak2 pengen tv mobil. Setelah tv terpasang, ternyata gambar banyak semut....trus sekarang buat radio susah sinyal ..

    BalasHapus
  6. Wahhh kalo saya sebelum beli mending belajar cara makenya dlu deh daripada gak kepake hha :(

    BalasHapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers