Lupakan Kamera DSLR dan Mirrorless. Cukup dengan Huawei Nova 3i Saja, Hasil Fotomu Juga Bisa Tampil Ciamik dan Aesthetic!

Selasa, September 25, 2018

Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID

Sebut saja Wisnu. Seorang laki – laki bergelar Sarjana Seni yang saat ini sedang mencoba menekuni hobinya di dunia blogging. Hobi yang bermula dari sebuah keisengan membuat akun blog di bilik warnet dekat sekolah 8 tahun silam, namun baru benar – benar “diseriusi” 2 tahun belakangan ini.

Bulan September tahun 2016.

Merasa gabut dan lontang – lantung di tempat kerja ketika jobdesk sudah selesai dikerjakan, saya mencoba mencari aktivitas lain untuk dijadikan sebagai “pelarian" positif, ketika waktu luang datang. Pencarian ini, akhirnya berujung dengan aktivitas membuka akun blogspot yang sudah lama tidak terjamah oleh tangan manusia dan mulai dipenuhi dengan sarang laba – laba (begitu kata sebagian besar bloger diluaran sana–he…). Alkhamdulillah, masih bisa log-in. Dashboard blog sukses terbuka. Saya pun mulai berniat dalam hati untuk mengisinya kembali dengan tulisan – tulisan ringan, seperti cerita dari aktivitas saya sehari – hari. Sebagai contoh, adalah tulisan pertama saya di bulan September 2016 lalu. Sebuah blogpost yang hanya berisi beberapa artwork desain yang berhasil saya selesaikan, ketika ada waktu luang di tempat kerja maupun di kost – kost’an.

Dan ternyata…… “ngeblog itu menyenangkan”.

Setidaknya itulah perasaan saya ketika mulai aktif berkutat dengan dunia blog lagi. Banyak momen – momen sederhana yang mampu mendatangkan kebahagiaan bagi saya saat mengurus blog bernama wisnutri(dot)com ini. Contohnya, ketika saya mulai asyik mengotak – atik template agar blog terlihat lebih menarik, kemudian, ketika melihat statistik kunjungan blog yang setiap harinya bertambah–meskipun hanya satu atau dua visitor saja–but honestly, it’s really make me happy. Dan hal terakhir yang tak boleh dilupakan, tentu saja saat saya mengenal istilah blogwalking, dan melakukan kegiatan ini untuk pertama kali.

Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID

Blogwalking yang Membantu Saya untuk “Berproses” dalam Menyajikan Tulisan…
Sebagai seorang yang tidak memiliki latar belakang di dunia jurnalistik maupun sastra, serta tidak terlalu paham dengan urusan tulis menulis, blogwalking tentu sangat membantu saya dalam belajar membuat tulisan yang bagus dan enak dibaca. Ya, walaupun tulisan yang saya hasilkan saat ini juga belum terlalu layak untuk memperoleh predikat sebagai tulisan yang “baca-able”, tapi setidaknya, setelah melakukan ratusan kali blogwalking ke beberapa bloger, saya sudah mengalami progress yang lumayan dalam membuat tulisan, dengan jumlah kata yang cukup banyak. Tidak seperti dulu yang sering kehabisan ide dan hanya menghasilkan tulisan pendek dengan maksimal 100 atau 200 kata, kini, menulis cerita atau materi untuk lomba blog dengan syarat hingga ribuan kata pun, terasa lebih lancar dan mudah. Kalau kata pepatah, mah, mengalir, seperti air…

Butuh bukti? Silakan bandingkan saja tulisan saya yang ada di arsip bulan September 2016 lalu dengan beberapa tulisan terbaru di blog ini. Hehe…

Nah, selain “berproses” dari sisi meningkatnya jumlah kata dan mudahnya memperoleh ide tulisan, lewat blogwalking atau BW, saya juga lebih mengerti tentang satu unsur pendukung lain yang membuat sebuah tulisan di blog bisa lebih hidup dan bernyawa. Apa itu? Yap! Foto.

Foto, Blog, dan Sebuah Perangkat bernama Smartphone…
Mencoba memilih niche blog yang fokus membahas tentang cerita sehari – hari dan jalan – jalan, atau lebih dikenal dengan istilah travelling, secara tidak langsung, memaksa saya untuk membuat blogpost yang tak sekedar enak dibaca saja, tapi juga mengimbanginya dengan informasi dan bukti berupa foto – foto dokumentasi.

Widih, kalau niche blognya travelling, pasti punya kamera bagus, dong, Nu? Kayak travel bloger lain diluaran sana?

“TIDAK!”

Hampir 93.99% foto di blog ini adalah hasil dari jepretan kamera smartphone saya pribadi. Sementara 6.01% lainnya, adalah dari smartphone teman atau dokumentasi kegiatan yang saya dapatkan dari panitia penyelenggara.

Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID
Saya saat memotret pemandangan menggunakan kamera smartphone.

Ya, itulah kenyataannya. Jujur, dulu saya juga sempat iri dan kepengen banget nget nget nget nget, memiliki kamera bagus yang bisa digunakan untuk mengambil foto selama jalan – jalan, seperti travel blogger lain. Minimal, kamera pocket yang memiliki lensa beresolusi lebih tinggi dari resolusi kamera smartphone saya saat ini. Tapi, berhubung uang ditabungan yang saya alokasikan untuk membeli kamera, semakin hari kian menipis untuk membayar sewa kost, akhirnya, ya, belum kesampaian lah itu hajat saya untuk meminang kamera impian. Finally, kamera smartphone menjadi solusi.

Tak apapikir sayakarena "keterbatasan", tak boleh kita jadikan alasan untuk berhenti melakukan sesuatu yang kita senangi, bukan? :)

Meskipun terlihat lebih praktis dan mudah, namun nyatanya, mendokumentasikan perjalanan menggunakan kamera smartphone juga terbilang gampang – gampang susah. Tak sedikit kendala yang saya hadapi ketika proses mengabadikan sebuah momen menggunakan smartphone. Mulai dari kualitas foto yang kurang “wah” karena resolusi kamera yang kecil, smartphone yang mulai lemot karena memori penyimpanan penuh dengan file foto atau video berukuran besar, serta kejadian smartphone yang sering mati, karena kapasitas baterai yang “mini”.

Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID

Hah! Adakah smartphone “berkelas” yang bisa mengatasi problem-problem di atas!
Wooo, yajelas ada! Let me introduce to you, Huawei Nova 3i.

*tanya sendiri, dijawab sendiri—kemudian dikeplak pakai sendal*

Huawei Nova 3i : Smartphone Cantik berspesifikasi Ciamik yang Bisa Membuat Foto Dokumentasimu Lebih Aesthetic!
Berbeda dengan smartphone yang saya gunakan saat ini, Huawei Nova 3i ternyata memiliki banyak keunggulan yang sangat mendukung aktivitas saya di dunia blogging, terutama saat digunakan untuk mengambil foto atau dokumentasi perjalanan. Kenapa? Apalagi kalau bukan karena, kameranya. Huawei Nova 3i telah dibekali dengan EMPAT kamera beresolusi tinggi dengan kombinasi lensa 24MP dan 2MP di depan, serta 16MP dan 2MP di belakang. Tak hanya itu saja, empat kamera super dari Huawei Nova 3i juga sudah berteknologi Artificial Intelligence (AI), dimana dengan adanya teknologi ini, secara otomatis akan membantu penggunanya dalam menghasilkan sebuah foto yang lebih apik. Kalau boleh meminjam istilah dari muda – mudi generasi milenial saat ini, katanya lebih aesthetic!

So, apa saja keunggulan lain dari smartphone Huawei Nova 3i yang bisa mendukung produktivitas penggunanya? Silakan simak ulasan saya berikut ini …

4 Kamera berteknologi AI dan berlensa ASPH
Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID

Seperti yang sudah saya tuliskan di judul dan paragraf sebelumnya, hal yang paling sukses mencuri perhatian saya dari Huawei Nova 3i adalah kamera supernya. Dengan resolusi lensa kamera yang besar serta dibekali teknologi AI, Huawei Nova 3i akan menawarkan pengalaman fotografi yang berbeda bagi penggunanya.

a) 24MP + 2MP untuk Kamera Depan dan 16MP + 2MP untuk Kamera Belakang
Fungsi dari besarnya lensa utama di masing – masing kamera, adalah untuk merekam detail objek yang ingin kita foto, sementara lensa kedua dengan resolusi 2MP, bertugas untuk merekam data kedalaman dengan hardware pendeteksi kedalaman yang didesikasikan. Sehingga saat lensa utama dan lensa kedua bekerja secara bersamaan, maka akan menghasilkan foto – foto yang menakjubkan dengan efek bokeh yang profesional.

Disisi lain, kamera Huawei Nova 3i juga mendukung lima pencahayaan berkualitas studio, yaitu pencahayaan lembut, pencahayaan kupu-kupu, pencahayaan panggung, pencahyaan terpisah, dan pencahayaan klasik. Perangkat Nova i generasi ketiga ini, secara akurat dapat memetakan lima fitur wajah subyek foto dan mengembangkan model 3D, yang kemudian digunakan untuk mengidentifikasi area yang memerlukan pencahayaan tambahan atau perlu dilakukan beutification. Canggih, ya?

b) Teknologi AI dan Lensa ASPH
Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID
Fungsi Lensa ASPH

Teknologi Artificial Intelligence atau AI yang dibenamkan ke dalam Huawei Nova 3i merupakan teknologi dengan kualitas terbaik di industri smartphone saat ini. Teknologi AI disini berfungsi sebagai “photography mastermind,” yang dapat membedakan lebih dari 500 skenario, memilah-milahnya ke dalam 22 tipe dan melakukan optimalisasi pada setiap pengambilan gambar.

Sementara lensa ASPH yang dituliskan di bodi belakang Huawei Nova 3i, merupakan kependekan dari Aspheric Lens. Mengutip ucapan dari salah satu Youtuber Indonesia, Wisnu Kumoro, di channel Youtube pribadinya, ia mengatakan bahwa Aspheric Lens merupakan sebuah lensa dengan ketebalan yang lebih tipis dari lensa biasanya, sehingga bisa menyaring sinar – sinar tertentu yang tidak bisa disaring oleh lensa biasa. Apa efeknya? Yang jelas adalah bisa mengurangi distorsi di foto yang kita hasilkan.

Kutipan tentang Lensa ASPH bisa di dengarkan di menit ke 04:40 | Sumber : Youtube Wisnu Kumoro

Nah, adanya lensa ganda ASPH beresolusi besar (24MP dan 16MP) dan teknologi AI yang dibenamkan ke dalam smartphone, menjadi sebuah kombinasi yang sempurna bagi kamera Huawei Nova 3i. Tak salah rasanya jika perangkat ini menjadi smartphone idaman 2018 dan sangat cocok untuk orang – orang yang menggunakan kamera smartphone sebagai senjata utama dalam menunjang kebutuhan dokumentasi sehari-hari, seperti saya, karena foto yang dihasilkan akan jauh lebih fokus, jernih, serta terlihat lebih profesional.

c) Video
Dari sisi video, Huawei Nova 3i memiliki fitur untuk perekaman video gerak super lambat 480fps. Adanya fitur ini tentu sangat membantu para pengguna untuk memperlambat momen – momen yang penuh kecepatan agar tampak lebih dramatis. Sebagai contoh, fitur ini bisa digunakan untuk merekam momen kemenangan dari seorang rider di arena balap sepeda motor atau sejenisnya ketika akan memasuki garis finish, sehingga video yang dihasilkan akan lebih dramatis dan memorable.

d) 3D Qmoji dan Spesial Efek
Fungsi lain dari adanya teknologi AI yang ada di kamera Huawei Nova 3i adalah tersedianya fitur 3D Qmoji dan spesial efek lain yang bisa digunakan saat kita membuka kamera di Huawei Nova 3i. Spesial efek yang bisa kita gunakan, antara lain yaitu mengubah latar belakang foto menjadi animasi kartun, tersedianya stiker untuk wajah, serta adanya 3D objek berbentuk karakter lucu, seperti di bawah ini. 

Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID
Sumber : Video Wisnu Kumoro & Website Huawei Indonesia

Memori Internal yang Super Besar
Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID

Dengan kamera Huawei Nova 3i yang keren, rasanya aktivitas saya untuk jeprat – jepret mengabadikan momen perjalanan tak akan pernah terganggu lagi. Hasil foto yang jernih ditambah dengan adanya efek bokeh yang bisa mempercantik foto, tentu akan membuat saya semakin bersemangat untuk membuka aplikasi kamera dan sering memencet tombol shutter di layar smartphone. Wah, bakal cepet penuh dong, memori penyimpanan si Huawei Nova 3i?

Tenang. Sebagai penyeimbang fitur kamera beresolusi tinggi, smartphone dengan logo kelopak bunga berwarna merah ini sudah dibekali dengan 4GB RAM dan memori internal yang super besar, yakni 128GB. Bahkan, jika pengguna masih ingin menambahnya dengan memori eksternal sekalipun, pihak Huawei menyediakan slot untuk kartu micro SD dengan kapasitas penyimpanan hingga 256GB.

Nahlo, tumpeh – tumpeh, kan? Bayangin! Memorinya sampai ratusan giga! Mau diisi file foto, video, film, mp3, drama korea, atau bahkan game dan aplikasi dengan ukuran file yang besar sekalipun, Huawei Nova 3i tetep siap menampung itu semua.

Bebas Lemot, Gaming pun Lancar!
Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID

Bebas lemot, gaming pun lancar! Tentu, selain karena faktor besarnya RAM dan memori penyimpanan, hal ini juga dipengaruhi oleh prosesor yang digunakan oleh Huawei Nova 3i. Prosesor Kirin 710 SoC. Itulah “otak” canggih buatan Huawei yang dibenamkan di smartphone seri Nova 3i. Prosesor yang terdiri dari Quad-core Cortex-A73 berkecepatan 2.2 GHz dan Quad-core Cortex-A53 berkecepatan 1.7 GHz ini, diklaim bisa meningkatkan performa kerja smartphone, namun tetap hemat konsumsi daya. Kirin 710 juga telah mendukung jaringan 4G-LTE Cat 12 dan Cat 13 yang mempunyai kecepatan download hingga 600 Mbps. We – O – We banget, kan?

Sebagai tambahan, #HuaweiNova3i_ID juga menggunakan teknologi khusus bernama GPU Turbo untuk mengoptimalkan kemampuan pemrosesan grafisnya. GPU Turbo yang ada, mampu membuat Huawei Nova 3i bisa menjalankan game yang memiliki grafis paling intensif sekalipun, dengan mendongkrak performa dan efisiensi smartphone.

Lebih Fresh dengan Android 8.1 dan EMUI 8.2 
Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID

Menggunakan sistem operasi Android 8.1 Oreo serta user interface EMUI versi 8.2 terbaru, membuat tampilan Huawei Nova 3i semakin sempurna. Selain tampilan ikon, wallpaper, serta warna yang terlihat jauh lebih fresh, Huawei Nova 3i juga sudah memiliki banyak fitur pendukung yang sangat bervariasi. Tak hanya dibekali dengan aplikasi khas Huawei dan Google saja, smartphone dengan kapasitas baterai 3.340mAh ini juga menghadirkan banyak fungsionalitas yang bisa digunakan oleh pengguna.

Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID

Bodi Ringan – Layar Lebar
Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID

Memiliki panjang 75.2 mm, tinggi 157.6 mm, serta tebal hanya 7.6 mm, tak lantas membuat Huawei Nova 3i berbobot berat. Berdasarkan data yang saya ambil dari laman resmi Huawei, ponsel pintar ini hanya memiliki berat sebesar 169 gram saja. Itupun sudah termasuk dengan berat baterai yang terpasang di dalamnya. Sementara dari segi bahan, bodi luar Huawei Nova 3i terbuat dari material kaca pada bagian depan maupun belakang. Material kaca ini juga dikombinasikan dengan frame aluminium disetiap sisinya, sehingga membuat Huawei Nova 3i tampil elegan dan nyaman saat digunakan.

Sudah enteng, elegan, nyaman lagi! #ChooseTheBest. Cocok lah, digunakan oleh orang – orang generasi milenial yang dikenal memiliki mobilitas tinggi serta selalu update dengan dunia teknologi.

Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID

Tak mau menyia-nyiakan dimensi fisiknya yang cukup besar, Huawei Nova 3i dilengkapi dengan layar yang menawarkan tampilan full view display, dengan rasio screen to body berukuran 6.3 inci (2340 X 1080) dan aspek rasio 19.5 : 9. Layar FHD+ generasi terbaru yang dilengkapi dengan fitur notch atau poni ini, dijamin akan menampilkan gambar yang lebih besar dan warna yang tajam saat digunakan. Adanya layar berukuran besar di Huawei Nova 3i, tentu akan sangat membantu saya dalam melihat preview foto, hasil jepretan dari kamera AI yang ada di Huawei Nova 3i. Sementara saat ada waktu senggang dan butuh hiburan, layar berukuran 6.3 inci ini bisa saya gunakan sebagai alternatif untuk streaming film atau sekedar nonton kumpulan vlog cetar dari Rafatar dan keluarga Gen Halilintar. Halah.

Desain Keren
Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID

Dan, keunggulan terakhir yang tak kalah menarik untuk diulas dan sudah jelas nampak terpampang nyata adalah fisik Huawei Nova 3i. Sudah melihat video review dari Wisnu Kumoro yang saya cantumkan di part “keunggulan kamera”? Apa yang dia katakan saat melihat tampilan Huawei Nova 3i pertama kali?

Review Huawei Nova 3i Indonesia #HuaweiNova3i_ID
IT’S SO GORGEOUS. INI CANTIK BANGET! | Sumber : Video Wisnu Kumoro

Saya setuju dengan itu. Meskipun baru melihat bentuk Huawei Nova 3i dari video dan gambar – gambar yang ada di internet, tapi jujur, saya sangat tertarik dengan tampilan dan warna dari Huawei Nova 3i. Desain yang simetris dipadukan dengan warna unik bernama Iris Purple, yaitu berupa gradasi antara warna biru dan ungu, membuat smartphone produksi Huawei ini mempunyai premium look yang futuristik. Nah, sementara untuk kamu yang masih setia menggunakan ponsel pintar berwarna netral, Huawei Nova 3i juga tersedia dalam pilihan warna hitam yang solid dan tampak gagah.

***
Itulah beberapa keunggulan Huawei Nova 3i yang bisa dijadikan alasan untuk memilih smartphone ciamik ini sebagai smartphone idaman 2018. Tampilan luarnya yang elegan ditambah dengan penggunaan warna Iris Purple yang menawan, membuat Huawei Nova 3i cocok dikategorikan sebagai smartphone premium yang futuristik. Dibekali dengan RAM sebesar 4GB, memori penyimpanan hingga 128GB, serta tak ketinggalan dengan adanya teknologi bernama GPU Turbo, membuat Huawei Nova 3i mampu bekerja dengan cepatbebas lemotsaat digunakan untuk menunjang aktivitas kita sehari – hari, mulai dari chatting, menonton video, berfoto selfie, hingga bermain game dengan kualitas grafis yang tinggi.

Satu keunggulan yang akan saya acungi 4 jempol dari Huawei Nova 3i adalah, adanya 4 kamera beresolusi tinggi dengan kombinasi lensa 24MP dan 2MP di depan, serta 16MP dan 2MP di belakang. Tak hanya itu saja, empat kamera super Huawei Nova 3i juga sudah menggunakan lensa Aspheric Lens (ASPH) dan berteknologi Artificial Intelligence (AI), dimana dengan adanya teknologi ini, secara otomatis akan membantu penggunanya dalam menghasilkan sebuah foto yang lebih apik, profesional, dan tentu saja, lebih aesthetic! Tak kalah cantik dengan hasil jepretan dari kamera DSLR maupun mirrorless.

So, nggak bakal worry dan iri, lah, kalau udah punya Huawei Nova 3i.

***
**Huawei Nova 3i Blog Competition by Koh Huang


Alkhamdulillah...

You Might Also Like

42 comments

  1. mantuul dah huawei ini.
    dari dulu pengen banget. apalagi yang paling terbaru iki. menggiurkan

    makasih lho reviewnya, makin jadi racun. hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Coba ganti hape, Nun. Berubah haluan menjadi Huawei user :D
      Sama-sama...

      Hapus
  2. Hmmm memory internalnya kok gede sekali? kalau segitu mah nggak usah rajin-rajin ngapus-ngapusin foto whatsapp group, dll yo ga masalah. wkwkw

    Fitur videonya juga udah mendukung buat merangkap jabatan: blogger-Vlogger haha nyaingi Ata Petirr :p

    Ulasan yang cukup lengkap bagi pembaca yang mencari tahu detail Huawei Nova 3i indonesia biar nggak bingung-bingung lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, mbak. Saya juga ngalamin sendiri itu, yang namanya ngapus-ngapusin foto--video hasil download'an media di grup wasap. Bikin menuh memory smartphone yang cuma 8GB ini.

      Saya maunya nyaingin Awkarin XD

      Terimakasih, Mbak Dwi

      Hapus
  3. Saya juga ngeblog awal-awal putih abu-abu, tapi ya cuma iseng-iseng aja. Bahkan udah mati domain yg dulu itu. Mulai fokus ngegarap blog akhir tahun 2015. Ya gitu dah, ngeblog itu nano-nano.


    Dan soal foto di blog, saya juga pakai kamera HP. Karena bukan Huawei Nova 3i, ya gitu dah hasilnya. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alkhamdulillah, punya saya waktu itu masih bisa mbak. Walaupun proses nginget-inget passwordnya juga cukup lama.

      Hehehe, selama hasil fotonya masih bisa 'menggambarkan' dari objek yang kita foto, sih, menurut saya nggak papa, mbak. Tetep lanjut ngeblognya. Tapi kalau mau nyoba pakai Nova 3i, juga boleh ding :)

      Hapus
  4. awal baca ini aku sempet ngakak sama grafis yg nge blog itu menyenangkan (ngeliat statistik blog walau cuma satu yg nambah) wkkk :) *aku banget itu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keliatan receh, ya. But, that's the fact. *halah, ini pakai bahasa inggrisnya anak Jaksel banget*

      Hapus
  5. Jangan dikeplak sendal, dikeroyok aja sama beberapa orang bang. Tadi siang barusan liat video, ada orang London yang digebukin banyak orang (kayak mabuk gitu yang mukulin), trus tiba-tiba jadi accidental genius (di channel Great Big Story).

    Wow, praise to the graphics, so fascinating! Lain kali bikin tutorial nya bang hehehe.

    Anyway about the phone, tidak bisa lebih setuju lagi. Zaman sekarang ga bisa dipisahin antara alat komunikasi, media player, dan kamera!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Cukup, Za. Tak sanggup saya kalau harus dipukuli dulu, biar bisa jadi jenius :D

      Terimakasih. Kalau masalah tutorial, saya pernah bikin itu 1 tulisan tutorial. Dan ternyata cukup ribet dan lama. Mending cari di youtube aja lah, lebih cepet,Za :D

      Iya, smartphone udah multifungsi sekarang.

      Hapus
  6. Aku naksir smartphone ini juga. Soalnya hape ku juga dah mulai rewel...kmrn tiba2 hang, padahal lg dipake. Setelah itu, nunggu batere habis, br bisa dipake lagi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau punyaku, layar e tiba-tiba sok jadi kuning gitu, mbak. Kalau mau dipakai kudu mencet tombol lock dulu, baru bisa normal lagi.

      Bagus speknya, ya, mbak. Bikin jatuh hati :)

      Hapus
  7. mantap review-nya….
    thank you for sharing

    BalasHapus
  8. Sampai saat ini pun saya ngeblog belum bisa menulis panjang. Empat paragraf itu pun sudah tampak ngos-ngosan. Makanya saya masih belum percaya diri jika ikut lomba atau mereview sebuah produk. Ya namanya masih dalam tahap belajar menulis.
    hape ini lebih diperuntukan buat selfie ya, resolusi kamera depannya sungguh luar biaa sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga bertahap, sih, mas. Dulu juga pernah ikutan lomba, yang tulisan saya mentok--pol cuma berapa paragraf. Terus kalah. Tak kepo lah itu tulisan dari blogger-blogger yang jadi juara. Dari sana, saya tahu..."oh, tulisan yang -seperti ini- toh, yang disukai juri. Hehehe

      Bisa jadi mas, karena kamera depannya manteb banget, 24MP+2MP.

      Hapus
  9. Ku juga naksir kapasitas memorinya. cocok lah buat orang kek saya yang lagi belajar motret pake hape. jadi nggak risau, dikit-dikit hapusin foto trus motret lagi.
    Moga menang ya Mas Wisnu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalau aku dari fitur kameranya, mbak. Keren baanget.

      Aamiin. Terimakasih, mbak. Semoga Mbak Ety dapet Huawei Nova 3i juga di lomba yang ssebelah. Hehe...

      Hapus
  10. Kalo aku pertama kali tebersit untuk ngeblog setelah menemukan blog polandesia, blog milik seorang perempuan Indonesia yang tinggal di Polandia lalu mengisahkan perjalanan hidupnya di situ. Maka, yes, nama blog-ku saat itu adalah perantaubandung, dan isinya adalah keseharian gue sebagai mahasiswa perantauan. Lama-lama, daripada cuma muter-muter di Bandung, akhirnya gue perluas sebagai travel blog. Namanya berubah jadi siranselhitam, lalu berubah lagi jadi thetravelearn biar nggak rancu sama mbak Sash ranselhitam :D

    Infografisnya keren-keren! Sukses ya, lombanya. Terus blogwalking, selalu ada sesuatu yang bisa kita pelajari :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, baru tau kalau tentang blog Polandesia. Keren, udah traveling jauh-jauh! Saya baru disekitara Purworejo-Jogja-Solo, doang sih. Maklum, traveller lokal minim budget xD

      Wah, iya...hampir mirip itu sama nama blognya Mbak Elisabeth Murni.

      Aamiin. Terimakasih. Semoga semangat buat BW tetep ada di saya :)

      Hapus
  11. Kalau soal belajar sastra dan jurnalistik secara formal, saya juga kagak pernah, Wis. Semua saya pelajari sendiri dari bacaan. Kalau sastra, ya cuma modal baca novel, cerpen, dan puisi. Terus jurnalistik, ya dari baca berita aja, sih. Tapi media-media yang emang jurnalisnya keren. Bukan media yang doyan click bait gitu. Wahaha.

    Duh, saya paling sering ambil gambar dari sumber lain. Karena keterbatasan stok gambar di galeri. Apalagi udah jarang motret juga, sih. :( Tapi ya, saya berusaha pembaca bisa tetap mengimajinasikannya lewat deskripsi. Habisnya dari dulu yang saya jual emang tulisan, bukan visual. Cuma setelah belajar SEO dikit-dikit, adanya gambar lumayan berpengaruh sama trafik. Lebih-lebih ada blog lain yang pakai gambar di blog kita dengan memberikan sumber. :) Mungkin ke depannya mau coba gunain gambar sendiri lagi. Udah lama juga meninggalkan kesenangan memotret. Haha.

    Huawei ternyata udah secanggih ini, ya. Satu-satunya Huawei yang pernah saya punya itu Esia Ngoceh. Wqwq. XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Otodidak juga ternyata. Tapi dari segi kualitas, tulisanmu jauh udah bagus daripada punyaku, Yog. Mungkin karena referensi bacaanmu yang banyak dan macem-macem juga, ya. Nggak kayak aku yang sekarang udah jarang banget baca buku, macam novel, dsb.

      Kalau masalah klik bait, kadang saya juga gitu sih. Merasa tertypu setelah baca isi berita, tetnyata beda sama judulnya. Sedih, bat, gua :(

      Wah, Esia. Udah nggak keluar ya sekarang...

      Hapus
  12. Kerenn ihh postingannya mas wisnu
    smoga lolos dan kluar jadi pemenangnya ya mas, good Luck
    Huawei Nova 3i emang pantas dijadikan smartphone impian di tahun 2018 ini
    Spek luar dalam bagus smua
    Salam kenal dari Bumi Jember ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terimakasih, mbak.
      Salam kenal juga :)

      Hapus
  13. Ini smartphone yang keren banget, kameranya 24 mp 16 mp, juga memorinya 128 GB, dan itu memori internal, 8GB saja sudah banyak banget, apalagi 128GB, buat nampung file foto dan video bisa muat ribuan tuh kayaknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mas. Kamera dari Huawei Nova 3i memang bikin mupeng. Saya 8GB, kadang udah cepet penuh kalau buat nyimnpen foto dan video. Jadi pengen punya smartphone dengan memory yang lebih gede lagi.

      Hapus
  14. Owalah anak seni tho bro, btw asyik banget yah bawa Nova 3i kemana2 untuk mendukung konten yang kita tulis hehe

    BalasHapus
  15. kece banget ya hpnya, godaan banget nih #2019gantigadget. Apalagi desain warna biru gradasi ungunya itu unik banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mbak. Jangan 2019 lah, semoga akhir bulan ini juga bisa ganti gadget :D
      Aamiin

      Hapus
  16. Balasan
    1. Rekomended banget, min--Onotekno :D
      Apalagi buat saya yang seneng foto-foto pakai smartphone. Hehehe...

      Hapus
  17. fresh desainnya nih, Wisnu! Semoga berjodoh dengan Huawei Nova 3i nya yaaa, biar bisa share lbh banyak konten yg kece, especially traveling, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin. Terimakasih mbak...Doanya sama aja. Semoga tulisannya Mbak Prita juga berjodoh dg Huawei Nova 3i

      Hapus
  18. Terima kasih ya sudah partisipasi dalam blogging competition. Semoga beruntung ya.. :)

    www.deddyhuang.com

    BalasHapus
  19. Selamat ya, infografisnya bagus banget deh

    BalasHapus
  20. Selamat ya,jadi juara. 😁😁,, Bagus bangat emnk artikelnya

    BalasHapus
  21. Mantab! Selamat ya Hp Baru...Moga makin ciamik ngedesignnya..

    BalasHapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers