Kerja Efisien dan Hemat Biaya dengan Brother Ink Tank A3. Memang Bisa?

Rabu, Agustus 15, 2018

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia

Desainer grafis dan ngeblog. Katanya, inilah profesi serta hobi yang sedang dijalani oleh seorang Wisnu Tri beberapa tahun terakhir ini. Dua buah aktivitas dengan “senjata” utama yang sama, yakni seperangkat laptop atau komputer, serta sebuah koneksi untuk terhubung ke internet, demi kepentingan komunikasi, mencari referensi, atau sekedar mengunggah foto selfie untuk eksistensi diri. Halah!

Desain dan ngeblog. Selain dari segi perangkat kerja, proses kreatif yang harus dilalui saat melakukan dua aktivitas ini pun kurang lebih sama. Menggali ide, membuat konsep, mencari referensi, “eksekusi”, proofing, dan berakhir dengan lahirnya sebuah desain ataupun tulisan yang biasa kita sebut dengan istilah karya. Karya yang tak sekedar dinikmati oleh mata saja, tapi bisa juga dipahami dengan cara membacanya.

***

Membicarakan profesi serta hobi yang saya tekuni, rasanya dua hal ini tak akan pernah terlepas dengan sebuah urusan yang bernama cetak mencetak. Untuk urusan desain, setelah selesai dikerjakan, biasanya saya akan mencetak draft desain sebagai salah satu bahan pertimbangan akhir, sebelum desain benar – benar saya masukkan ke percetakan. Sementara untuk urusan ngeblog, terkadang saya akan mencetak beberapa lembar sumber bacaan yang bisa dijadikan bahan pendukung tulisan, terutama untuk tulisan lomba yang biasanya cukup banyak membutuhkan referensi.

Hah, boros…

Mungkin itulah sedikit keluhan hati saya ketika harus bolak – balik ke tukang rental atau digital printing, untuk mencetak desain maupun referensi tulisan. Ya, karena sampai saat ini, saya belum memiliki printer pribadi yang bisa digunakan untuk kepentingan mencetak desain dan sumber bacaan. Solusi paling gampang, ya, harus mencetak “di luar”. Meskipun terlihat sepele, namun nyatanya, ongkos ngeprint yang semakin hari semakin mahal, lumayan membuat pengeluaran bulanan saya meningkat. Belum lagi untuk kepentingan cetak desain yang biasanya di dominasi dengan gambar berwarna dan ukuran kertas A3 yang lumayan besar. Wooo, bakal nambah pengeluaran lagi ini…

Ingin rasanya ‘ku punya printer sendiri…

Brother Ink Tank A3 : Printer Andal yang Multifungsi
Nah, jika kalian memiliki masalah yang kurang lebih hampir sama dengan masalah yang saya alami ; belum punya printer atau mau ganti printer baru, merasa boros kalau harus bolak – balik ngeprint di luar, serta PENGEN PUNYA PRINTER MULTIFUNGSI, mari saya ajak kalian untuk berkenalan dengan Brother ink tank A3. Printer Inkjet andal multifungsi yang mampu meningkatkan efisiensi kerja kita.

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Launching Brother ink tank A3 di Jakarta pada bulan Juli 2108 lalu | Sumber : infonitas.com

Brother Ink tank A3 merupakan jenis printer keluaran terbaru yang diproduksi oleh Brother Industries, sebuah produsen printer terkenal yang berasal dari negara Jepang. Dirilis secara resmi pada bulan Juli 2018 lalu oleh PT. Brother International Sales Indonesia, printer dengan sistem ink tank ini dirancang untuk bisa lebih efisien dan cepat dari segi biaya dan produktivitasnya. Tak hanya itu, Brother ink tank A3 yang hadir dalam dua seri berbeda ini juga memiliki kemampuan yang cukup spesial, yaitu bisa mencetak dokumen dengan ukuran kertas hingga A3.

Sip! Cocok kali lah untuk perusahaan atau orang – orang yang sering cetak mencetak pakai kertas ukuran besar, macam orang desain dan teknik…

13 Keunggulan Brother Ink Tank A3 yang Bisa Membuatmu Lebih Efisien dan Hemat Biaya dalam Bekerja
Kenalan sepintas sudah, mari lanjut untuk mengenal lebih dalam lagi dengan Printer A3 produksi Brother ini.

Sebagai perangkat elektronik yang cukup vital digunakan untuk menunjang urusan pekerjaan, penting rasanya untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang detail printer idaman yang ingin kita miliki. Salah satu bahan yang patut dijadikan pertimbangan sebelum memutuskan untuk meminang sang printer adalah dari sisi keunggulan yang ditawarkan, seperti yang ada di Printer Brother ink tank A3 berikut :

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
PT. Brother Indonesia memberikan 2 alternatif printer ink tank A3 yang bisa dipilih sesuai dengan kebutuhan masing – masing konsumen, yaitu seri HL-T4000DW yang memiliki fungsi untuk mencetak dokumen saja, serta seri MFC-T4500DW dengan fungsi print, scan, copy, dan fax. Meskipun memiliki beberapa perbedaan dari segi fungsi, namun kedua ink tank printer ini sama – sama telah dibekali dengan konektivitas yang beragam serta berbagai teknologi khusus yang mampu menunjang efisiensi kerja penggunanya.

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Sering kesusahan saat mengisi ulang tinta di printer yang kalian miliki? Rasanya kejadian ini tidak akan kita alami saat menggunakan Ink Tank Printer dari Brother, karena tangki tinta printer A3 yang diproduksi oleh Brother, telah di desain untuk memberikan kemudahan dan kenyamanan saat kita melakukan isi ulang tinta. Tinggal buka tutup botol, dan tuangkan tinta refill ke dalam tangki yang tersedia tanpa takut tercecer, kotor, dan berantakan. Adanya tangki tinta yang transparan juga memudahkan kita untuk mengontrol berapa banyak tinta yang tersisa, tanpa khawatir akan kehabisan tinta saat sedang melakukan proses cetak.

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Keunggulan yang ada di printer Brother ink tank A3 selanjutnya, yaitu tersedianya paper handling yang komprehensif, dimana bisa memenuhi kebutuhan cetak untuk berbagai variasi ukuran maupun tipe dan beragam opsi jenis kertas dalam satu mesin. 250 lembar untuk paper tray standar, 100 lembar kertas untuk cetak duplex atau cetak dua sisi, serta 50 lembar kertas untuk kebutuhan scan, copy, serta fax dengan fitur Auto Document Feeder.

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Untuk memudahkan pengguna dalam mengoperasikan printer ink tank A3, pihak Brother telah melengkapi printer A3 ini dengan LCD touchscreen serta keypad yang lengkap*. Layar sentuh dengan ukuran 2.7” ini bisa digunakan untuk mengecek notifikasi printer, status tinta, serta menampilkan petunjuk untuk membantu menyelesaikan masalah, jika Brother ink tank A3 mengalami problem ringan.

*Untuk seri MFC-T4500DW saja.

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Seperti yang sudah dijelaskan di poin pertama, selain bisa digunakan untuk mencetak dokumen, Brother ink tank A3 dengan seri MFC-T4500DW juga memiliki fitur unggulan lain, yaitu scan, copy, serta fax. Selain lebih efisien, fitur – fitur ini tentunya juga bisa memaksimalkan produktivitas kerja penggunanya. Sebut saja seperti admin dan buruh serabutan di blog ini ( yang mana itu adalah saya sendiri––wkwkwk ), yang lumayan sering membutuhkan fungsi scanner untuk memindai sketsa manual agar bisa diolah ke dalam bentuk digital melalui laptop.

Tak cukup sampai disitu, fitur scan, copy, serta fax inipun dapat langsung digunakan untuk banyak halaman sekaligus, tanpa harus memasukkan halaman satu per satu layaknya scanner pada umumnya. Dengan teknologi bernama Automatic Document Feeder (ADF), Brother ink tank A3 dengan seri MFC-T4500DW mampu memuat hingga 50 lembar dokumen untuk di scan, copy, serta fax secara langsung.

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia

Hasil akhir dari artwork yang saya unggah di akun instagram pribadi :

A post shared by Wisnutri (@wisnutri_ya) on


Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Tak hanya bisa mencetak di ukuran kertas A5, A4 atau F4 saja, printer Brother ink tank A3 juga bisa digunakan untuk beragam jenis kertas dan ukuran sampai dengan A3. So, mau nyetak foto di kertas glossy ukuran A5 ataupun nyetak poster dan blueprint dari sebuah desain ruangan di kertas A3 pun, akan tetap lancar jaya tanpa hambatan. Nah, supaya lebih jelas lagi mengenai detail dari keunggulan ini, silakan tonton video ilustrasi di bawah, ya...


Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Punya file penting yang ingin dicetak, tapi masih tersimpan di memori smartphone?

Tenang. Tak usah repot – repot memindahkan file tersebut ke laptop terlebih dahulu. Karena jika kita menggunakan printer Brother ink tank A3, masalah seperti ini bisa diatasi hanya dengan menghubungkan langsung perangkat seluler yang kita miliki ke printer Brother ink tank A3, melalui jaringan Wi-Fi yang tersedia. Gampil sekali, bukan?

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Brother ink tank A3 dapat menghubungkan beberapa pengguna sekaligus dalam satu area kerja, seperti saat di rumah maupun kantor. Arti fleksibel disini adalah, printer dapat terhubung, baik menggunakan jaringan berkabel maupun tanpa kabel.

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Selain tersedianya fitur mobile printing and scanning, Brother ink tank A3 juga memiliki keunggulan yang bisa dijadikan sebagai “nilai plus” lain untuk melengkapi kesempurnaan printer Brother, sebagai printer ink tank A3 multifungsi. Fitur yang dimaksud adalah kemampuan Brother ink tank A3 untuk mencetak file berbentuk JPG atau JPEG dari USB Drive secara langsung.

Tinggal masukkan flashdisk ke dalam port usb yang tersedia di area depan printer, secara otomatis file gambar yang kita pilih akan tercetak dengan cerah dan tajam.

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Wah, baru di refill beberapa hari lalu, kok tintanya udah habis lagi, ya?

Pernah mengalami kejadian seperti ini? Saya sering, apalagi ketika mencetak file di printer tempat kerja dan rentalan, yang notabene sering dipakai oleh banyak orang. Nah, jangan harap kejadian “tinta habis” seperti ini terjadi ketika kita menggunakan Brother ink tank A3. Kenapa? Karena Brother ink tank A3 memiliki teknologi bernama Secure Function Lock, dimana kita sebagai “pemilik resmi” dari Brother ink tank A3 bisa menetapkan pengguna atau grup mana yang bisa mengakses fungsi – fungsi spesifik dari sang printer, seperti melakukan pembatasan jumlah halaman, fitur pemindaian, serta pencetakan dengan tinta berwarna (selain hitam).

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Dengan kecepatan cetak hingga 22/20 gambar per menit dalam mode standard, serta 35/27 lembar per menit dalam mode cepat, rasanya kita tak akan lagi berlama – lama menghabiskan waktu untuk menunggu hasil cetakan yang keluar dari printer Brother ink tank A3. Kualitas cetakannya pun tak perlu diragukan lagi, dengan resolusi 4.800 x 1.200 dpi, print out dari artwork desain, tulisan referensi untuk bahan blog, serta laporan pekerjaan, dijamin akan lebih tajam dan detail.

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Satu keunggulan yang paling saya cari adalah ini. Yap, betul!

H . E . M . A . T

Kemampuan tinta refill dari Brother yang bisa mencetak hingga 6.500 halaman tinta hitam dan 5.000 halaman tinta warna dengan kerta ukuran A4, serta adanya fitur percetakan 2 sisi atau duplex otomatis, secara tidak langsung akan meminimalisir biaya dan kertas yang dikeluarkan untuk proses cetak. Disisi lain, minimnya kertas yang digunakan bisa membantu mengurangi limbah kertas yang sering terbuang sia – sia tak terpakai. Mantap!

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia
Kok bisa? Ya, karena printer buatan Jepang ini dilengkapi dengan printhead kuat yang dilaminasi stainless steel dan teknologi Piezoelectric Ceramic, sehingga mampu membuat mesin dari printer Brother ink tank A3 bertahan lebih lama dan mengurangi frekuensi perbaikan atau servis.

Review Printer Brother Ink Tank A3 Indonesia

Saya rasa, printer keluaran terbaru dari Brother yang menggunakan sistem refill ink tank serta bisa digunakan untuk mencetak berbagai jenis kertas dengan ukuran hingga A3 ini, cocok digunakan sebagai printer pilihan bagi orang atau perusahaan yang membutuhkan printer multifungsi yang siap “diajak” untuk urusan cetak mencetak bervolume tinggi. Dengan harga Rp 7.390.000,- untuk seri HL-T4000DW dan Rp 11.900.000,- untuk seri MFC-T4500DW, kita sudah bisa memiliki sebuah printer A3 masa kini yang dibekali dengan teknologi mumpuni.

Selain memiliki tingkat ketahanan mesin yang cukup awet, karena sudah dilengkapi dengan teknologi Piezoelectric Ceramic, Brother ink tank A3 juga memiliki banyak keunggulan lain yang sanggup menambah efisiensi kerja penggunanya. Sebut saja dalam kecepatan proses cetak dokumen yang mampu menembus angka 35/27 lembar per menit, kemudian kualitas cetak yang tajam dan detail, serta adanya fitur cetak duplex otomatis, yang bisa menghemat biaya sekaligus mampu mengurangi limbah kertas yang sering terbuang percuma.

Wah, kerja lebih efisien dan hemat biaya––bisa! Mengurangi limbah kertas pun, juga bisa…
Masihkah kau berfikir dua kali untuk memiliki Brother ink tank A3, yang multifungsi ini?


Note : Untuk kalian yang masih penasaran dan pengen kepo lebih jauh lagi, berikut ada Corporate Video Profile dari PT. Brother Indonesia, yang di dalamnya juga ada beberapa penjelasan mengenai printer ink tank A3 dari Brother. Let’s check it out…


**Artikel ini diikutsertakan pada Brother Blog Competition yang diselenggarakan oleh PT. Brother Indonesia dan www.cerita-astri.net

You Might Also Like

23 comments

  1. Nahh pas ini. Ngisi tintanya gampang. Soalnya masalah terbesarku klo urusan sama printer itu ngisi tinta.
    Apalagi Klo masih yg disuntik2 itu, udah tangan blepotan ga karuan. Masih mending yg udah infusan, udah diluar gitu kan ga usah bongkar2.
    Tapi ya pernah, tinta masih banyak tapi pas buat ngeprint kok tetep blereng. Ternyata tutup tabunge belum dibuka 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, jadi lebih gampang dan efisien. Nggak takut kotor kena tetesan tinta yang sering "mbleber' kemana-mana. Lah, pantesan blereng...ternyata oh ternyata...

      Hapus
  2. Eh ya ampuun, bisa cetak file lewat usb, keren juga yaa... Ku doakan semoga mas wisnu menang yak, tp jgn lupa ajakin ku jalan2.. Wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa, jadi gampil kan kalau mau nyetak foto...
      Aamiin.

      Hapus
  3. Memang iya kok, kalau pekerjaan kita sedang menuntut banyak (nyetak-nyetak) alias ngeprint, ngopi, punya printer sendiri adalah pilihan untuk jauuuhh lebih berhemat.
    Nabung terus beli, tapii untuk urusan punya printer ini juga kudu telaten dalam hal perawatan. Nah ini yang seringkali jadi masalahku huhuhu.

    Masalahnya seringnya di tinta sih, beberapa kali ganti daridulu suntik, terus pakai infus, tapi sekarang juga akhirnya rusak. huhu.
    Weh, itu Printer Brother Ink juga udah otomatis duplex toh ngeprintnya? bisa colok usb, bisa ngeprint a3, jadi penasaran sama harganyaaa haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itu pas ganti dari suntik ke infus, ganti printer apa printer suntik terus "di modif" jadi printer infus, mbak? Harga dari printer Brother A3 udah tak tulis kok, di paragraf - paragraf akhir. Hehe...

      Hapus
  4. Keren nih punya fitur Secure Function Lock ..., kan jadi asik ngga perlu was-was tanpa sepengetahuan kita dipake orang lain seenaknya.
    Giliran kita mau pake, eh tintanya dah abis ...
    Nah, adanya fitur itu kita jadi selalu ready buat pakainya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mas. Kadang kan berasa boros banget kalau tau-tau tinta yang barusan kita isi, tau-tau udah habis lagi (apalagi tinta warna)

      Hapus
    2. Yups, betul.
      Pemakaian jadi lebih terkontrol dan safety.

      Dari beberapa brand yang beredar di pasaran, brand satu ini tau-tau launching produk dengan fitur oke.

      Hapus
  5. kebetulan lagi nyari printer yang ga perlu modif-modif lagi, harganya untuk HP ini mahal juga ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi punya referensi printer yang pakai ink jet ya, mas...Hehehe.

      Hapus
  6. Blm pernah punya sih yang merk brother ini. Tapi lihat fitur2nya keren yaa! Sip. Bisa buat referensi klo suatu saat butuh printer...

    Good luck ya lombanya. Tulisannya bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Syukur, kalau tulisan ini bisa jadi referensi buat pembaca :)
      Aamiin, terimakasih mbak

      Hapus
  7. Kayaknya dari zaman dulu printer Brother ini bagus, ya. Terus sekarang canggih juga udah bisa pakai wi-fi. Ntap~

    Kadang saya jadi kepikiran buat punya, bahkan buka rental jasa nge-print gitu. Habisnya, males juga maen ke sekitaran kampus Binus cuma buat print yang murah. Di deket rumah mahal-mahal. Masa hitam putih aja 1.000. Kebangetan. Namun, apa daya uangnya belum terkumpul buat memilikinya, dan kepakai buat hal-hal lain. Wahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, iya. Sekarang kan harga buat ngeprint di rentalan juga mahal. Kalau punya satu printer di rumah gitu, setidaknya bisa meminimalisir pengeluaran kita. Semangat buat nabung dulu lah, biar duit cepet ngumpul--->bisa punya printer sendiri. Aamiin

      Hapus
  8. Good luck bro... ngeprin jadi makin mudah sekarang

    BalasHapus
  9. wah mantab ini.... semoga sukses lombanya.

    BalasHapus
  10. wow canggih bener ini bro, semangaatttttt smg juara

    BalasHapus
  11. Canggih bangat dan lengkap bngat ulasannya. Jadi gak perlu khawati lagi mah klo sudah segampang ini

    BalasHapus
  12. Mantap mas review printer A3-nya, BTW artworknya juga nggak kalah keren mas :)

    BalasHapus
  13. asik ya kalau bisa isi refill sendiri, printerku pakai cartridge jadi kalau sudah habis ya ke tempat pengisian tinta cartridge deh

    BalasHapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers