Mari Sembuhkan Indonesia agar Tercipta Masyarakat Sehat – Bahagia!

Kamis, Mei 10, 2018

  بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Sembutopia Mari Sembuhkan Indonesia

Harta, tahta, wanita, dan kuota. Katanya 4 hal inilah yang menjadi tolak ukur kebahagiaan dari kehidupan laki – laki masa kini. Apa benar? Jika kalian menanyakan hal itu ke saya, tentu saya akan menjawabnya dengan kata “YA”, serta menambahnya dengan satu hal yang jauh tidak kalah penting manfaatnya bernama “kesehatan”.

Ya, kesehatan. Sebuah kenikmatan yang bisa memunculkan beragam kebahagiaan bagi manusia, namun sering dianggap remeh keberadaannya.

Tidak percaya? Mari kita lihat fakta yang ada di lapangan.

Banyak orang yang menginginkan hidupnya untuk selalu dikaruniai dengan kesehatan. Namun sayang, keinginan tersebut tidak dibarengi dengan usaha untuk menerapkan gaya hidup sehat, seperti malas berolahraga, kurangnya waktu untuk beristirahat, serta hobi mengonsumsi makanan cepat saji yang mengandung kalori tinggi dan rendah nutrisi. Hal – hal seperti inilah yang sering sekali kita jumpai di masyarakat Indonesia dan menjadi salah satu penyebab mudahnya penyakit serius menyerang tubuh, seperti hipertensi, sakit jantung, obesitas, hingga diabetes mellitus. Selain itu, minimnya kesadaran masyarakat untuk menerapkan gaya hidup sehat juga menjadi penyebab rendahnya indeks kesehatan di negara kita.

Sembutopia Mari Sembuhkan Indonesia
Sumber : http://www.tirto.id/

Berdasarkan data dari The Legatum Prosperity Index 2017, indeks kesehatan global Indonesia berada di peringkat 101 dari 149 negara. Indeks ini didasarkan pada kesehatan fisik, mental, infrastruktur kesehatan dan perawatan guna pencegahan berbagai wabah dan penyakit. Peringkat Indonesia berada sangat jauh, jika dibandingkan dengan negara – negara ASEAN lainnya, seperti Singapura yang berada di peringkat 2, Thailand di peringkat 35, dan negara tetangga, Malaysia, yang berada di peringkat 38.

See? That’s the fact!

Sembutopia Mari Sembuhkan Indonesia

Masih enggan dan bermalas – malasan untuk menerapkan gaya hidup sehat setelah membaca fakta di atas? Jika iya, mari buang jauh – jauh rasa malas itu dan buatlah rencana untuk segera melakukan aksi nyata demi tubuh yang sehat – bebas sakit, seperti yang sudah saya lakukan berikut ini :

1. Mengonsumsi Sayur dan Buah.
Meskipun berstatus sebagai anak kost yang dikenal masyarakat sebagai konsumen utama dari olahan mie instan, saya tetep rutin mengonsumsi sayur dan buah, kok. Kenapa? Selain memiliki banyak kandungan vitamin, mineral, zat besi, serta serat yang baik untuk tubuh, olahan dari sayur dan buah pun lebih beragam. Harganya pun relatif lebih murah, jika dibandingkan dengan makanan – makanan cepat saji yang populer saat ini. Hehe…

Sembutopia Mari Sembuhkan Indonesia

Satu alasan lagi yang mendorong saya untuk rajin mengonsumsi sayur dan buah adalah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi sekaligus meminimalisir resiko terjadinya penyakit serius (jantung, stroke, dan kanker), seperti yang disarankan oleh Kementerian Kesehatan, dimana masyarakat Indonesia harus mengonsumsi sayur dan buah minimal sebanyak 400 gram per hari.

2. Melakukan Aktivitas Fisik : Jogging dan Trekking.
Sebagai seorang yang hampir separuh hidupnya dihabiskan untuk duduk dan bekerja di depan layar komputer, mau tidak mau, saya juga harus mengimbanginya dengan beberapa aktivitas fisik lain agar tubuh tetap bergerak dan sehat. Aktivitas fisik yang biasa saya lakukan yaitu jogging dan trekking. Jogging biasa saya lakukan setiap 2 atau 3 hari sekali, sementara untuk trekking biasanya akan saya lakukan di akhir pekan. Disamping bisa mengeluarkan sisa-sisa metabolisme melalui keringat yang keluar, pikiran juga akan terasa lebih fresh karena kedua aktivitas ini saya lakukan di pagi hari saat udara masih bersih bebas polusi.

Sembutopia Mari Sembuhkan Indonesia

3. Minum Air Putih, Kapanpun – Dimanapun.
Terlihat berlebihan? Biarlah…

Intinya, sebisa mungkin saya akan lebih memilih air putih dibandingkan minum air dengan tambahan serbuk “rasa – rasa”. Kenapa? Seperti yang sudah kita ketahui, air putih merupakan cairan yang direkomendasikan untuk kebutuhan konsumsi sehari – hari karena memiliki beragam manfaat, mulai dari memproses pencernaan, sirkulasi darah, transportasi nutrisi, hingga menjaga kesehatan ginjal yang berhubungan langsung dengan proses pembuangan urin.

Sembutopia Mari Sembuhkan Indonesia

Sembutopia Mari Sembuhkan Indonesia
Air putih yang saya bawa saat trekking.

4. Rutin Donor Darah.
Bermula dari rasa penasaran bagaimana rasanya mendonorkan darah saat di bangku SMA, syukur – alkhamdulillah, kegiatan ini bisa saya lanjutkan rutin setiap 3 atau 4 bulan sekali di PMI hingga saat ini. Selain bisa membantu orang lain dengan darah yang sudah diambil dari tubuh kita, ternyata donor darah juga memiliki manfaat lain yang bisa dirasakan oleh sang pendonor, diantaranya adalah memperlancar aliran darah serta membuat kadar zat besi dalam darah stabil. Lancarnya aliran darah serta kadar zat besi yang stabil akan membuat tubuh kita terhindar dari berbagai penyakit berat yang bisa menyerang tubuh, seperti stroke. Bahkan menurut beberapa sumber yang saya baca, donor darah juga mampu menurunkan resiko terkena serangan jantung hingga 88%.

Sembutopia Mari Sembuhkan Indonesia
Kartu donor darah yang saya miliki.

Selain bermanfaat bagi kesehatan, kegiatan “berbagi” darah ini ternyata juga bisa membuat saya lebih bahagia. Bukan tanpa sebab memang. Dilansir dari cnnindonesia.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, mengungkapkan bahwa salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang adalah dengan berbuat baik melalui berbagi. Cara ini diyakini dapat meningkatkan kadar dopamin dalam otak, sehingga mempengaruhi emosi, pikiran dan perilaku positif yang kemudian menambah perasaan bahagia dalam diri seseorang, atau lebih dikenal dengan istilah helper’s high.

Mudah bukan? Hanya dengan berdonor darah, kita bisa mendapatkan beragam manfaat kesehatan fisik sekaligus mental.

5. Istirahat yang Cukup.
Gaya hidup sehat paling mudah yang saya terapkan adalah menjaga agar waktu istirahat yang saya gunakan cukup terpenuhi dan sesuai dengan jumlah jam yang dianjurkan, yaitu antara 7 hingga 9 jam per hari. Terpenuhinya jam untuk istirahat diyakini akan membuat insulin dalam tubuh berada di ambang normal, sehingga kita akan terbebas dari serangan penyakit diabetes.

***

Itulah 5 langkah mudah yang sudah saya lakukan agar tubuh tetap sehat dan jauh dari penyakit. Tindakan – tindakan kecil sederhana, yang mungkin terlihat sepele, namun berdampak besar bagi tubuh. Mulai dari mengonsumsi makanan dan minuman yang sehat, hingga “berbagi” darah kepada orang lain yang terbukti mampu memberikan kesehatan fisik sekaligus mental, baik untuk sang pendonor maupun sang penerima darah.

Bagaimana, tertarik untuk mengikuti gaya hidup sehat versi saya? Atau punya cara lain yang lebih waow dan berbeda? Silakan share ya… 

Mari Sembuhkan Indonesia agar tercipta masyarakat sehat – bahagia!

Referensi :
1. https://tirto.id/indeks-kesehatan-indonesia-masih-sangat-rendah-cBRn
2. https://hellosehat.com/hidup-sehat/nutrisi/makan-sayur-dan-buah-setiap-hari/
3. https://www.liputan6.com/lifestyle/read/3503526/rasakan-6-manfaat-rutin-minum-air-putih-saat-bangun-tidur
4. http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141120151535-255-12789/rahasia-hidup-bahagia-saling-berbagi/

You Might Also Like

44 comments

  1. waah...sekarang ada kartu donor PMI yaa...?aku sudah lama ga donor darah. padahal dulu rutin setiap 3 bulan. Masalah kesibukan yang kadang membuat susah untuk donor darah. Kalau aku sebagian sudah melaksanakannya, seperti olahraga, dan minum air putih yang banyak.

    Makasih infonya mas wisnu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setau saya, kartu donor darah itu sudah ada dari dulu kok mas. Kalau di PMI Solo itu, tiap pendonor baru mesti dapet kartu. Jadi bisa tau, kira-kira kita sudah donor berapa kali. Siap Mas Rivai...

      Hapus
  2. Terimakasih nasehatnya [tepatnya artikelnya], mas Wisnu ...
    Mari kita semua jaga pola hidup sehat dengan kelima point diatas.

    BalasHapus
  3. Akhir-akhir ini aku lagi banyak-banyaknya minum air putih malah, Mas..hehe
    Menjaga kesehatan memang penting. Karena semuanya berawal dari sehat, dengan sehat tentau kita bisa dan bebas melakukan apa saja, termasuk berbagi dalam tulisan di blog.

    Semoga sehat selalu, Mas. Biar terus bisa menjelajahi Indonesia yang indah ini :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin, semoga tetep selalu diberi kesehatan. Biar bisa beraktivitas seperti biasa. Bisa jalan-jalan dan berbagi tulisan lewat blog, dsb.

      Hapus
  4. yang keempat, kuota, bikin saya senyum-senyum sendiri mas. kekinian banget rasanya, haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tanpa kuota, hidup laki-laki masa kini akan terasa hampa :D

      Hapus
  5. Kesehatan digadaikan demi uang. Ketika sakit uang dihabiskan demi kesehatan. Manusia memang suka agak2 aneh 😁

    Aku yg belum pernah itu donor darah. Sudah tau manfaatnya sebenarnya tapi belum kesampaian buat donornya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dicoba, Nggun.
      Sekali-kali boleh lah donor. Dijamin! Bikin ketagihan :)

      Hapus
  6. Mas wisni, ngerti ra? Aku segede ini belum pernah donor darah lho, bukan karena takut. Tapi karena nggak masuk s&k, terlalu kurus. Hahaha
    Bener bgt sih, pola hidup sehat mesti selalu diterapkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah-sudah, jangan curhat disini. Banyakin porsi makannya dulu sana, gih. Biar berat badan mu bisa kena batas minimal donor. Hahaha...
      Padahal minimal cewek itu 45 kg lho. Nek kamu nggak sampai 45, terus abotmu berapa kilo, La'?

      Hapus
    2. Kampret, eh iya kl aku komen malah ujung2nya curhat. Wkwkw
      Dr dulu emg males makan, aplagi nasi. Hmmm
      Abotku ra seabot kenangan mantan kok mas, serius. Buahaha

      Hapus
  7. pola hidup sehat yg harus dimantapkan dalam hati, nice artikel, menyadarkan saya, hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. selain dimantapkan dalam hati, yang paling penting itu juga kudu di praktek'an :)

      Hapus
  8. Gaya hidup sehat tambahan: rajin buka Instagram supaya sering ketawa. Karena di Instagram ada banyak orang gila yang kelakuannya minta banget diketawain. Hahahahaha.

    Nggak cuma IG sih, di Twitter juga. Ya orang-orang yang tweetwar itu. Emosian. Baperan. Ngakak lah kalau udah dapet hiburan kayak gitu. Ketawa gratis 😂😂😂😂😂

    Oh ya, poin nomor terakhir, paling gampang tapi paling jarang dilakuin. Orang-orang biasanya kekurangan waktu karena kebanyakam kesibukan. Waktu kecil sering main lupa makan, udah gede keseringan nyari makan sampai lupa main. Lupa istirahat. Lupa hidup sehat. #DEEP

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener itu. Apalagi kalau nemu akun instagram yang kontennya kebanyakan video-video lucu. Bisa ketawa gratis--tapi kuota jadi cepet habis. Miris :(

      Nah, makanya sekarang kudu pinter-pinter juga bagi waktu. Sebisa mungkin, kerjaan harus selesai tepat waktu. Kalau bisa mah, jangan sampailah itu yang namanya lembur. Biar apa? Biar bisa cepet pulang dan punya waktu istirahat yang cukup selama di rumah.

      Hapus
  9. Aku pernah sering kelupaan minum air putih gerus jadi Infeksi Saluran Kencing, heheuheu
    Oiya setelah browsing, ada banyak cara sih biar kita inget buat minum air putih. Salah satunya beli botol minum (jangan bekas botol air mineral yang dipakai berulang-ulang), terus letakin di deket tempat tidur, mau pergi-pergi bawa botol minum :)

    Oiya, kadang kalau olahraga itu cuma niat thok rutininnya yang susah :p
    Jadi, jalan-jalan, treking ke air terjun ituu anggap saja rapelan olahraga. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Weh, masa' minum air putih sampai lupa mbak? Sungguh terlalu....
      Bawa botol air minum kemana - mana. Itu juga jadi alternatifku buat memenuhi kebutuhan air putih dalam tubuh. Selain lebih seger, badan juga jadi lebih sehat.

      Bisa-bisa....
      Karena trekking itu kadang nggak cukup cuma 5 sampai 10 menit. Misal lokasinya 'mblusuk' jauh, jalur trekking yang kita lalui juga lumayan sukses bikin keringetan dan kaki pegel. He...

      Hapus
  10. iye bener banget gan, 5 langkah tersebut memang harus kita terapkan yess

    BalasHapus
  11. tambahan kuota bisa aja kang wisnu hahaha..
    Komitmen hidup sehat itu yg penting y kang dan aku sampe setua ini belum pernah donor darah dulu sempat mau donor tapi tensi rendah dan berat badan tidak cukup hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kebanyakan kalau wanita memang masalahnya di berat badan mbak. Pada kurang dari batas minimal. Kudu sering-sering ngemil dan nambah porsi makan. Biar BB nya nambah :D

      Hapus
  12. Dari nomor 1-5, saya belum pernah menerapkan yang nomor 4. Selalu ditolak karena berat badan saya nggak sampai 50. Katanya takut saya pingsan kalau tetap memaksakan donor darah. Hm. :(

    Nomor lima akhir-akhir ini juga susah lagi. Entah mengapa saya tidurnya 5 jam atau malah kurang. Padahal kerjaan juga nggak padat. Hadeh. Kangen bisa tidur 7 jam atau lebih. Wahaha.

    Jangan pernah meremehkan minum air putih. Apalagi yang suka nulis dan duduk berjam-jam. Kurang minum dikit, punggung pasti sakit. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, memang aturannya seperti itu. Biasanya, misal berat badan memenuhi, masalah selanjutnya adalah HB yang rendah. *Nah ini yang sering bikin saya ditolak buat donor--HB rendah* Hahaha...

      Hapus
  13. Wah gue kelewat 1 poin, donor darah.

    BalasHapus
  14. Minum air putih kadang dianggap hal yang sepele ya mas, padahal manfaatnya banyak sekali.. Kudu banyak baca artikel seperti ini nih, jadi bayak tahu hal-hal yang sebelumnya sering kita abaikan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mang. Dulu saya juga jarang minum air putih, tiap beli makan di warung mesti pesennya es teh. Tapi kalau sekarang, saya usahakan buat minum air putih banyak-banyak

      Hapus
  15. Setuju banget, klw punya keempat poin itu tapi nggak sehat akhirnya percuma juga. Kenapa ya tiba2 ada kuota, jadi pengen ketawa :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hehe...tanpa kesehatan, harta-tahta-wanita-dan kuota juga nggak bisa dinikmati dengan sempurna.

      Hapus
  16. Wah pas banget nih lagi berusaha untuk memperbanyak minum air putih. Tadi langsung beli botol 1,5 liter buat ditaroh di meja kerja, Muahahaha. \(w)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Woooooh....mantabs!
      Tapi itu beli botol, isi air kan bang? Bukan botol kosong? xD

      Hapus
  17. emang susah sih, soalnya "trend" sekarang itu main malem2, begadang, mimum minuman kekinian. Yang penting memang mulai dari diri sendiri, dan ingetin orang terdekat. Kalo sha sendiri belom pernah donor darah karena anemia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kudu di eduakasi lagi ini masyarakat Indonesia, Mbak Sha. Biar nggak main malem-malem lagi ^^. Banyak mudhorotnya. Iya sih, paling mudah memang dimulai dari diri sendiri, dan harapannya biar bisa di contoh sama orang lain. Minimal orang-orang terdekat kita.

      Hapus
  18. Pengen bangat Rutin Donor Darah, tapi takut disuntik. Paling ngambil darah sekali setahun doang buat Tes MCU, itu juga sudah langsung mau kabur.

    BalasHapus
  19. Soal donor darah, saya nyerah duluan deh soalnya saya penakut jarum, hahaha.
    Trauma soalnya :D
    Kalo sayur dan buah sih lumayan banyak yang saya suka konsumsi :D

    BalasHapus
  20. Setelah baca ini saya akan lebih rajin lagi berolahraga dan banyak minum air putih. Supaya sehat dan terbebas dari penyakit. Terima kasih remindernya. ^^

    BalasHapus
  21. orang kita itu sekarang makanannya aneh2
    tapi males olahraga
    baru kerasa di usia mau kepala 3

    curcol wkwkw

    BalasHapus
  22. Sebenarnya jaga kesehatan itu gampang banget yah. Cuma kitanya aja yang sering malas dan lalai. Pas sekalinya dateng penyakit baru deh ngga karuan mikir sampe stress. Salut deh sama mas Wisnu bisa hidup sehat seperti itu. Ngga kayak saya yang namanya olahraga malas banget. Hehe.

    BalasHapus
  23. wahhh.. baru tau ada kuota tolak ukur kebahagiaan yang baru. wkwk :v
    eh tapi bener smua mas, saya sendiri kurangnya belum pernah donor darah. kok takut ya rasanya hehehe

    BalasHapus
  24. Sepakat banget dengan pola hidup sehat di atas. Whuaa skrg ada platform baru ttg kesehatan ya, keren nih sembutopia..

    BalasHapus
  25. Kuota...? Perempuan juga kayaknya klo itu..ha..ha.

    Air putih sudah. Buah dan sayur..aku suka. Olahraga yang belum...

    Hi..hi.

    Tapi bener banget, kesehatan itu utama banget. Uang banyak, harta berlimpah...klo badan ga nyaman, ga ada artinya...

    BalasHapus
  26. Kalau jogging sih iya sering banget malah di taman kota plus biking juga soalnya udara di sini sejuk cocok buat gowes deh. bener tuh, mending minum air putih saja ketimbang sirup atau apapun sejenisnya.

    BalasHapus
  27. Sampai saat ini saya belum pernah donor darah, Mas. Hehe. golongan darahnya apa juga saya nggak tahu.

    Terima kasih tips-tipsnya mas. tetap ada niat di dalam hati utuk mempraktikkannya. :D

    BalasHapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers