Hal-Hal Receh yang Membuat Saya Happy saat Ngeblog

Sabtu, Februari 17, 2018

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

wisnutri blog

Ngeblog itu ternyata menyenangkan, bisa bikin happy.

Itulah yang saya rasakan sampai saat ini ketika membuat dan mengurus blog dengan nama wisnutri dot com. Bermula dari sebuah keisengan membuat akun blogspot di bilik warnet dekat sekolah di tahun 2010 silam, blog yang sudah berusia hampir 8 tahun ini, nyatanya baru benar – benar terurus sejak akhir 2016 lalu.

Itu pun bukan tanpa sebab.

Niatan saya untuk mencoba aktif di dunia blog waktu itu sebenarnya timbul karena beberapa alasan sederhana. Merasa gabut dan lontang – lantung di tempat kerja ketika jobdesk sudah selesai adalah salah satunya. Ya…mau tidak mau saya harus mencari pelampiasan berbau positif agar kegabutan yang saya alami sedikit berfaedah dan ‘menantang’. Masa’ tiap habis ndesain buat kerjaan di kantor, cuma bikin  #wisnutrivectorwork dan ngusap – usap layar gadget buat mainan instagram doang. Ganti lah….

Oke, nyoba ngeblog lagi asyique qayaqnya nich…

Dan akhirnya, setelah dikompor – kompori seorang blogger sekaligus temen magang yang sekarang berprofesi sebagai copywriter handal, sebut saja namanya jiayuuki, saya mencoba membuka akun blogspot pribadi yang sudah lama mangkrak dan tak terjamah oleh tangan manusia itu. Alkhamdulillah, masih bisa diakses ternyata. He….

Aktivitas ngeblog inipun coba saya seriusi. Mulai dari membuat resolusi seperti mempublish minimal 4 blogpost dalam sebulan, rajin blogwalking ke blogger lain, hingga mengganti domain blogspot.co.id menjadi domain keren berakhiran dot com.

Yah, meskipun resolusi yang saya buat tak berjalan mulus, tapi mengurus blog dan segala tetek bengeknya merupakan suatu aktivitas yang menawarkan keasyikan tersendiri. Saya bisa belajar banyak hal, terutama tentang menyajikan tulisan yang enak dan nyaman ketika dibaca. Sebagai seorang yang tidak memiliki latar belakang dengan dunia jurnalistik maupun sastra, serta tidak terlalu paham dengan urusan tulis menulis, hal tersebut tentu sangat membantu. Bukan begitu, kisanak?

Nah, selain bisa belajar menyajikan tulisan yang baca-able, ada hal – hal asyik ( yang cenderung mengarah ke hal retjeh sih sebenernya ) lain yang bisa membuat happy dan menjadi alasan, kenapa saya masih cukup aktif untuk ber-blogging ria.

Pertama | Dapet followers baru. Kalau masalah followers, mungkin lebih seneng ketika dapet followers baru di akun blog dan instagram. Kenapa? Ya karena dua akun inilah yang cukup sering saya gunakan ketika ada kuota internet di smartphone. Alasan receh lain sih, supaya post – post’an yang saya share bisa direspon banyak orang. Kalau di instagram ya biar fotonya dapet ‘love’ yang banyak, kalau blogpost ya banyak viewers nya. Syukur – syukur kalau mau baca sampai selesai dan ninggalin komentar. Yaelah-___-

Kedua | Kenal blogger lain. Saya termasuk orang yang senang ketika dapet kenalan baru. Maka tak beda halnya ketika saya bisa berkenalan dengan beberapa blogger via dunia maya maupun bertatap muka secara langsung, seperti saat saya bertemu dengan beberapa blogger dari komunitas #BloggerSolo. Walaupun baru mengikuti 2X event bersama mereka, setidaknya saya bisa mendengarkan sharing pengalaman dari senior blogger di Kota Bengawan ini.

blogger solo
Blogger Solo saat event Ngobrol Bareng Babe

blogger solo
Beberapa anggota Blogger Solo saat menghadiri launching menu baru di salah satu hotel di Kota Solo

Ketiga | Pageviews nambah terus. Bagi blogger senior yang sudah populer dan punya banyak followers, jumlah pageviews mungkin bukanlah sebuah hal yang bisa membuat mereka happy.

( ( ( MUNGKIN ) ) )

Tapi bagi saya yang masih tahap membangun sebuah blog biar dilirik brand sebelah, jumlah pageviews tentu jadi sebuah hal receh lain yang bisa bikin happy dan semangat buat ngeblog. Beberapa cara sederhana yang saya dapatkan dari hasil googling dengan kata kunci “CARA AGAR PAGEVIEWS BLOG KITA MENINGKAT DRASTIS” pun sudah saya terapkan agar pageviews dari wisnutri.com bertambah banyak. Mulai dari sharing di sosial media, dibagikan lewat grup whatsapp, serta satu hal wajib yang harus dilakukan oleh setiap blogger, yaitu dengan cara blogwalking yang baik dan benar.

Keempat | Dapet hadiah. Sebenernya mau nulis “dapet uang dari blog”, yatapi karena rejeki dari blog yang saya dapat bukan sekedar uang semata, jadi tak tulis sajalah itu ‘hadiah’.

Sebagai seorang blogger pemburu lomba yang baru menang 3X ( nulisnya sambil nangis T^T ), tentu sebagai imbalan atas kemenangan tersebut, saya bakal dapet hadiah dari pihak penyelenggara.

Y.E.S !

Dua kali dapet transferan uang, satu kali dapet modem mi-fi, serta dua kali dapet kiriman kaos karena masuk sebagai blogger dengan submit link tercepat. *Kalau pas lomba itu niat banget. Biarpun kalah, tetep dapet hadiah kaos. Haha* Nah, karena pas dapet modem mi-fi itu saya belum terlalu membutuhkannya, maka tak jual-lah itu barang. Alkhamdulillah laku.

Lumayan kan, itung – itung duitnya bisa dikumpulin buat beli sepatu pria casual atau kacamata google, biar bisa tampil OOTD kekinian lyke kids jaman now gitu.

Kelima | Tulisan diapresiasi. Nggak tau ini istilahnya bener apa kagak. Intinya sih seneng aja pas tulisan saya dapet banyak apresiasi, misal pas buka menu komentar di dashboard blogspot, tulisan saya dapet komentar banyak dari para temen – temen blogger. Terus ada tulisan yang bisa masuk page one google, kayak tulisan saya tentang Es Buah Bunuh Diri di Solo. Bisa menang lomba blog, dan yang terakhir kadang ada beberapa temen yang komentar langsung ke saya kalau habis baca tulisan di wisnutri.com. Ada yang bilang lucu, marai ngguyu, kalau nggak ya sekedar bilang “aku bar moco blogmu”, gitu aja saya udah seneng. Sumpah!

Terakhir, sebenernya kejadian ini lumayan bikin sedih sih daripada bikin happy. Tapi kalau nanggepinnya selow – woles, malah kadang saya ketawa sendiri *Astaghfirullahaladzim*.

wisnutri blog

Komentar dari blogger yang nyebut saya dengan sebutan ‘mbak’ kalau nggak salah udah tiga kali ini. Tapi yang berhasil saya skrinsyut cuma itu, dua lainnya lupa entah di blogpost yang mana. Udah lumayan lama masalahnya.

Kadang nggak habis pikir sama blogger – blogger yang ninggalin komentar kaya gini. Apa iya dengan nama blog WISNUTRI dot com, mereka nggak paham kalau yang punya blog itu adalah seseorang yang kudu dipanggil mas, abang, kang, bro, atau men.

BUKAN EMBAK…..

You Might Also Like

52 comments

  1. Hal receh yg membuat saya happy ngblog karena saya bisa mengeluarkan semua unek2 saya di dalam blog dan banyak yg baca, itu saja sudah membuat saya bahagia mas Tri.
    Kalo soal yg lain itu saya anggap sebgai bonus saja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya juga. Selain banyak yang baca juga banyak komentar yang masuk. Dan tentunya bukan sekedar komentar yang bilang "Nice info gan". *Halah

      Hapus
    2. nice balesan gan

      tuh saya komen gitu aja deh

      Hapus
  2. Kisah kita hampir mirip2 mas,, hahaha ,, salam sukses

    BalasHapus
  3. Hal receh yg bikin happy: senyum2 sendiri pas niat nulis (bukan lomba) dan jadi. Kayak orang pawai di atas mobil berkaca mata hitam

    BalasHapus
    Balasan
    1. Eaaaa...ini juga bisa. Aku juga kadang begini kalau pas tulisan udah berhasil di publish. Berasa level ke-keren-an kita naik drastis B-)

      Hapus
  4. saya juga sering dipanggil mbak
    duh apadeh
    eh nulis buat bukan lomba itu nikmatnya naudzubillah
    apalagi klo habis ngedraft bertahun2 wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan-jangan blogger yang manggil kita dg sebutan 'mbak', adalah blogger yang sama mas *imajinasi*

      Kalau biasanya mau tidur bingung mikirin tulisan yang ngga jadi-jadi & mau ditambahi apa lagi apa ini tulisna kurang giman, e kalau udah tayang langsung enteng gitu ini pikiran.

      Hapus
  5. Aku belum pernah menang lomba ngblog..hiiks
    Tapi yang paling seru itunpas blogwalking. Dan sekarang pageviewers jga mulai naik 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semangat mas. Memang kudu banyak latihan dan bermental 'anti banting' kalau mau menang lomba. Saya aja ikutan lomba juga lebih banyak kalahnya, daripada menangnya. Alkhamdulilah, BW memang lumayan manjur buat ningkatin pageviews blog

      Hapus
  6. Belum pernah menang lomba, tapi udah dapat recehan mas :) Alhamdullilah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Masang adsense nih kayaknya...sipsip!

      Hapus
  7. Sejak ngeblog, hampir di setiap kota saya jadi punya kenalan. Mantap rasanya kalau nanti main ke kota mereka dan disambut. Tapi, ya, yang terpenting apresiasi kalau buat saya, sih. Komentar yang jelas diketik secara antusias sama pembaca, lebih-lebih dapet kritik dan saran akan tulisan itu. Berguna banget sumpah untuk lebih rajin menulis. Ehe. :)

    Duh, Mbak Wisnu. Padahal namamu nggak unisex, ya. Apalagi kalau inget Dewa Wisnu, ya pastilah seorang laki-laki. Wqwq.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keliatan juga sih kalau masalah komentar, mana yang bener-bener baca dan niat komen, dan mana yang cuma komentar cuma sekedar baca judul blogpost doang. Biasanya ya gitu memang, orang yang niat mbaca dan berkomentar juga suka ngasih saran sama tulisan kita. Kurangnya gimana - bagusnya seperti apa, jadi bisa buat bahan biar tulisan kita selanjutnya jadi lebih baca-able dan ketje.

      Nah!....
      Tapi ada sih nama Wisnu yang di pakai sama cewek. Temen SMA ku dulu ada yang namanya Rizky Wisnu, dan itu cewek tulen.

      Hapus
  8. waiya, saya jadi keinget ama deadline kerjasama tokopedianya... xD besok deadlinenya.

    dapat teman baru di lingkungan yg sama2 disukai itu hal berharga ya, apalagi skrg jamannya piknik jalan2 traveling, jadi kalo ke mana2 bisa mampir atau diguide in dan berbagi cerita (oleh2 juga).

    perihal nama wisnutri, kita nggak bisa asal nethink ama yg komentar, karena bisa jadi dia memang pernah kenal org namanya wisnutri (bukan wisnu aja) dan seorang perempuan. ditambah, poto yg terpasang di blog ini masnya ponian, nunduk,rambutnya panjang istilahnya, gelap lagi, jaid mungkin dia melihat sekilas dna menyimpulkan sebagai perempuan tomboy, si farih juga berpenampilan begitu soalnya, dan dia perempuan walo namanya lebih terkesan laki2. xD maklumi aja.. saya juga sering disangka perempuan sih. karena ada hawa hawa nya di nama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nahlo....inget deadline. Saya masih hari senin sebenernya, tapi berhubung bulan ini juga belom setor tulisan di blog, yaudah sekalian dibuat aja. He...

      Bisa juga sih kalau karena faktor foto dan rambut yang gondrong. Baiklah, sepertinya saya harus nyari foto profil baru yang lebih mengekspose wajah, biar nggak disapa 'mbak' lagi sama blogger lain XD.

      Hapus
  9. Paling seneng kalo ikutan kompetisi nulis dan menang, nggak menang pun kalo dari awal niat buat konsisten nulis ga masalah, selamat ya udah aktif ngeblog lagi, jangan kayak aku heheh. Salam kenal
    Wahh kalau aku main ke solo ada temen blogger baru nih hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Menang alkhamdulillah, kalau kalah ya berati tulisan kita memang belum layak jadi juara. Silakan dolan Solo, saya tapi nggak mau nemeni sih XD

      Hapus
  10. Hallo mbak Wisnu *lalu dikeplak
    Hahaha
    Kau harus memamerkan ketamvananmu mas😅sepakat deh, ku jg ngerasa byk hal2 receh yg bkin happy saat ngblog.. Dan yg jelas, ngblog itu menyehatkan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. KEPLAK KERAS!

      Oke, pankapan tak ganti lah itu foto di tab 'about me', biar ngga dipanggil mbak lagi sama blogger lain.

      Hapus
  11. Postingan dikomen, rata2 pageview stabil atau malah meningkat, dapet tawaran content placement, postingan jadi bahan referensi, dapet receh dari adsense. Itu yang bikin saya happy ngeblog.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya masih kurang yang 'dapet receh dari adsense' nih...
      *ya kan emang belom masang* -___-

      Hapus
  12. Bener-bener bikin bahagia yah mas. Ngga nyangka hal-hal receh yang kita lakuin dalam ngeblog bahkan bisa bikin kita berpenghasilan kalau kita mau serius. Semoga mas wisnu tetap trus berkarya dengan tulisan blognya ya. 😄

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak. Asal kita telaten dan serius ngurus blog, kalau kata blogger diluaran sana sih, penghasilan bakalan dateng dengan sendirinya. Ya, bisa dari lomba - lewat penawaran kerjasama - kalau niat ya bisa lewat google adsense. Aamiin..

      Hapus
  13. banyak hal receh yang justru membangkitkan gairah untuk lebih semangat lagi ngeblog ya mas,, yang paling menyenangkan adalah bisa mendapatkan teman baru, hehe

    BalasHapus
  14. Yg manggil mbak itu biasanya langsung sekrol ke kolom komen. Ga baca judul apalagi penulis blognya😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nyesek banget nek ngene iki, hahaha
      Judul aja nggak dibaca apalagi isinya *su'udzon banget ya Allah*

      Hapus
  15. Menambah teman baru di blog itu juga seru kok gan,, pas baca smpe akhir ternyata yg punya cowok kirain cewek jg awalnya #ampun gan, haha

    BalasHapus
  16. Didoain sukses oleh teman-teman blogger juga hal receh yang membuat happy blogging he,,,

    BalasHapus
  17. saya juga pernah dipanggil "mbak" mas wisnu. sedih. Btw hal receh yang keempat paling bikin semangat ngeblog... hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Banyak temennya ternyata. Hahaha.
      Ya kalau pas dapet mas, tapi kalau belom rejeki ya kadang suka nyesek. Bikin susah tidur dan nangis semalaman *lebai ini*

      Hapus
  18. Yeayy semangatt. empat postingan sebulan mas? Apalah aku yang cuma nulis sebiji tiap bulan wkwkwk. Aku pun belum pernah ngrasain menang nulis, hadiah, dan lain sebagainya. Baru sebatas nulis biar jiwaku terus waras dan memiliki rasa. hehe.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya masih tahap mencoba 4 post tiap bulan. Tapi juga sering gagal kok. Pernah bulan desember lalu, saya ngga ngepost tulisan sama sekali. Ya karena ngga punya kuota - sama kalau pas pulang itu, susah sinyal internet. Maklum, rumah di pegunungan. Hehe. Iya sih, kalau ngga nyari materi, blog memang lebih cocok sebagai media buat pemuas kebutuhan jiwa.

      Hapus
  19. yg terakhir itu ya, EMBAAK.. sereeh-recehnya, gue yg malah sering dipanggil embak, apalagi sepanjang tahun 2017 kemaren.. tukang ojol, online shop.. malah temen2 bloger lain ikut2an manggil mbak, sedih sih ini..

    *ok nangis dulu di pojokan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada yang lebih parah dari saya ternyata....

      Hapus
  20. Dapat komen pertama di blog itu yang paling bikin saya semangat.
    Terus yang baca tulisan juga ada, jadi ngerasa nggak sia-sia buat nulis.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Dulu pas tulisan saya ada yang ngoment untuk pertama kalinya, juga seneng banget. Terus nyoba BW ke blog lain, dapet BW balik, ya rasa seneng & semangat buat nulisnya makin naik lagi.

      Hapus
  21. ngeblog bagi saya karena ingin sharing, karena jiwa saya sosial tapi kerjaan saya depan komputer, rasanya hidup itu ga balance, jadi salah satu cara mencoba aktif menulis di blog, tapi ternyata banyak plusnya, mulai dari temen, follower, sampai dapat hadiah. rasanya sangat menyenangkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alesan saya ngeblog, juga salah satunya pengen sharing pengalaman ke dunia luar. Jadi biar cerita yang kita punya banyak yang baca, syukur-syukur kalau bermanfaat buat mereka.

      Hapus
  22. Justru kalo menurut gue emang namanya agak unisex. Muahahah. *lempar kacang
    Duh, seru juga yaa ternyata yang di Solo. Padahal pernah ke sana sekali dua kali. Kapan2 main doooong. \(w)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. MASAAAAAAK?

      Seru apanya ini? Komunitas bloggernya kah? Boleh, boleh...kalau pas saya di Solo tapi ya. Masih nomaden juga ini masalahnya. :D

      Hapus
  23. Keren banget. Jadi terinspirasi buat nulis, kalau sekarang boro-boro mau ikut lomba. Paling nulis blog sebagai media mencurahkan unek-unek hehe

    BalasHapus
  24. Hal receh ya? Banyaaaaaak. Beberapa udah disebutin, tapi yang paling receh adalah perasaan puas yang undescribable setelah klik tombol publish. hahahaha

    BalasHapus
  25. Selagi semangat ngblog.. gas pooll gan..
    Karena disaat tidak inspirasi menulis artikel dan jenuh.. itu sangat menyiksa..
    Saat ini, diriku mengalamix..

    BalasHapus
  26. Oooh Mas Wisnu ini blogger Solo toh???

    Btw yang "tulisan diapresiasi" itu penulisannya bener kok, nggak perlu ragu, hehe

    Aku juga betah ngeblog karena hal2 receh itu... Recehnya sama. hahaha

    BalasHapus
  27. Hahaha mas wisnu, pas baca paragraf terakhir kok saya jadi ngakak yah. Ada-ada aja yah yang manggil mas pake sebutan mbak. Hehe. Tapi emang bener sih hal receh karena ngeblog itu yang bikin kita bisa semangat berkarya. So, tetap semangat mas wisnu. Seenggaknya udah ngga cuma ngusep2 instagram doang. Hehe.

    BalasHapus
  28. hahaha iye bener bro, receh berfaedah yess
    btw minggu kmrn aku ke solo e, tau gt meet up for sharing

    BalasHapus
  29. Apa saja sih yang kita dapetin dari ngeblog?

    Kalau harus dijabarkan satu-satu, kayaknya postingannya bakal jadi panjaaaaang banget. Tapi intinya ya ngeblog itu banyak manfaatnya. Tidak hanya berupa materi, tapi lebih dari itu.

    Semangat terus ya ngeblognya =)

    BalasHapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers