"Nyore" di Little Raja Ampatnya Pacitan

Senin, Juli 31, 2017

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Setelah dipenuhi dengan bermacam – macam postingan demi kepentingan lomba, maka izinkanlah saya, admin dan buruh serabutan di wisnutri.com, untuk mengisi blog seumur jagung ini dengan konten berbau jalan – jalan (lagi). Hehehe.

***
Pantai Kasap Pacitan

Bagi kamu warga Pacitan dan sekitarnya, tak perlu jauh – jauh terbang ke Raja Ampat jika ingin menikmati suasana pantai seperti foto diatas. Yes! Tepat sekali, karena di Kabupaten Pacitan juga ada satu pantai yang menawarkan view pemandangan fotoable ala Raja Ampat lengkap dengan gugusan pulau – pulau kecil yang terbentuk dari batu karang di tengah laut. Pantai cantik nan eksotik ini bernama Pantai Kasap.

Berbeda dengan Pantai Kunir yang lokasinya agak susah dikunjungi karena belum terlalu populer di masyarakat Pacitan, Pantai Kasap dengan view Raja Ampatnya sangat mudah ditemukan karena letaknya yang berdekatan dengan Pantai Srau dan Pantai Watukarung. Jalan menuju Pantai Kasap pun sudah beraspal dan terbilang “aman” meskipun terdapat beberapa lubang di dalam hati sisi kanan – kiri.

Dan seperti biasa, berhubung nggak mau rugi waktu, tenaga, daya, upayaserta biaya, saya dan rombongan berkunjung ke Pantai Kasap sore hari setelah siangnya berfoto "panas" di Pantai Kunir - Pacitan. Berburu sunset gitu ceritanya.

Hasyah…sok – sok’an. Ngomong aja ngirit duit.


Setelah sholat ashar di rumah sang tour guide andalan keluarga, Shara Asrinda – Asrindi si Putri Pacitan, kami melakukan perjalanan menuju Desa Jlubang, Kecamatan Pringkulu, Kabupaten Pacitan. Nah, jika kalian bingung dengan lokasi Desa Jlubang, silakan ikuti saja jalan menuju Pantai Srau atau Pantai Watukarung. Jika kita dari arah Kota Pacitan, sesampainya di pertigaan Pringkulu, nyalakan lampu sign kendaraan ke kiri. Ingat, beloknya juga ke KIRI yes, jangan macam ibuk – ibuk komplek. Sign kiri, beloknya ke kanan #eh.

Dari pertigaan Pringkulu, ikuti jalan utama tersebut hingga bertemu jalan bercabang tiga lagi. Silakan belok kanan menuju ke Pantai Klayar atau Pantai Watukarung. Kendarai teruuuuus sepeda motor atau mobilmu dan siap – siap berjumpa lagi dengan yang namanya jalan bercabang tiga alias “pertigaan”. Dari pertigaan ini, ambil jalan ke kiri menuju Pantai Watukarung. Setelah ±5 menit perjalanan, kita akan menjumpai sebuah pos ticketing dan diharuskan membayar Rp 5000,- per orang.

Yeaaay, sampai…
Belom kali ah neng…

Jangan seneng dulu, karena kita harus menempuh perjalanan lagi sejauh ±700 meter untuk menuju tempat parkir, dan 250 meter lagi jika ingin menikmati sunset di puncak bukit Pantai Kasap.

Jauh bener, udah capek ini...

Tenang, meskipun jauh, tapi sepanjang perjalanan dari pos ticketing menuju Pantai Kasap, mata kita akan disuguhi dengan pemandangan cantik berupa ratusan perahu nelayan yang sedang berlabuh serta derasnya aliran Sungai Cokel yang menawan. Selain digunakan sebagai sumber air bersih bagi warga sekitar, Sungai Cokel kini juga telah dibuka sebagai destinasi wisata baru di Desa Jlubang. Dengan menyewa perahu nelayan yang ada, wisatawan akan diajak menyusuri aliran sungai sembari menikmati hijaunya pepohonan serta semilir angin khas daerah pantai.

Nah, jika sepeda motor sudah dititipkan di tempat parkir, lanjutkan perjalanan menuju Pantai Kasap dengan berjalan kaki. Dari tempat parkir hingga bibir pantai, kita akan melewati jalan setapak yang tersusun rapi dari bongkahan batu karst berwarna putih kecoklatan. Karena bongkahan karst ini lumayan kasar dan ada beberapa sisi yang masih runcing, jangan lupa pakai sandal atau sepatu agar kaki tetap aman dan terhindar dari luka.

Cukup, cukup hatimu aja yang terluka, kakimu jangan. *krik...krik...*

Pantai Kasap Pacitan
Jalan setapak dari batu karst
Setelah 5 menit berjalan kaki, sampailah kita di bibir Pantai Kasap. Berhubung tujuan utama saya dan teman – teman bersunset ria dengan pemandangan ala Raja Ampat di Papua sana, maka perjalanan kita lanjutkan menuju bukit yang ada disisi kanan Pantai Kasap, daaan inilah sedikit view yang berhasil didokumentasikan dari kamera ponsel kami.

Pantai Kasap Pacitan
Garis Pantai Kasap : Melengkung dan Kecil
Pantai Kasap Pacitan

Pantai Kasap Pacitan

Pantai Kasap Pacitan

Pantai Kasap Pacitan

P.S : Honestly, pemandangan aslinya lebih cantik dari foto diatas. Harap maklum juga ni, berhubung resolusi kamera smartphone yang terbatas dan kurang support di mode minim cahaya, hasil gambar jadi kurang maksimal. Kode, sapa tau ada yang mau endorse gue, yekan? *ngarep bener* Hahaha

Pantai Kasap – Pacitan :
Desa Jlubang, Kecamatan Pringkulu, Kabupaten Pacitan.
(Satu kompleks dengan Pantai Watukarung. Kalau bingung bisa pakai Google Map wqwqwq)

Fasilitas :
Tempat Parkir – Toilet – Warung makanan & minuman

Destinasi Wisata Terdekat :
Sungai Cokel & Pantai Watukarung


***

Bagi kalian yang masih penasaran seperti apa cantiknya Raja Ampat ala Pacitan ini, berikut ada cuplikan video tentang keindahan Pantai Kasap yang sempat ditayangkan di program My Trip My Adventure Trans TV.


You Might Also Like

60 komentar

  1. cakep banget Pacitan ternyata menyimpan sisi indahnya suer baru tahu Pacitan keren :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. sama mbak, baru dateng ke pacitan sekali dan pas tau ada banyak pantai cantik di pacitan, semakin terpesona sama kabupaten ini XD
      *hesyeeeeh*

      Hapus
  2. lalu gimana hasil lombanya mas :3

    BalasHapus
    Balasan
    1. syukur alkhamdulilah ini, ada 2 tulisan yang masuk juara hehe

      Hapus
    2. Alkhamdulillah...
      makan-makan, hahaha

      Hapus
  3. itu batu karsnya bisa buat terapi kaki gak ya mas
    (aku malah salfok di situ)
    eh iya pantai ini lagi ngehits katanya, khas pantai selatan gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. yaaa, bisa sih mas.
      tapi kudu siap-siap, pulangnya lecet-lecet ya haha

      Hapus
  4. Benar ya, sekilas kaya raja ampat. Dan ini aku bener baru tahu. Dulu waktu dapet tugas di kampus, aku bikin peta GIS daerah pacitan. Beberapa kota dan tempat-tempat disana sedikit tahu, meskipun dari peta, tapi ini aku baru tahu. Keren banget. Coba dekat, bisa nih kesini :)

    Cukup murah kalau tiketnya 5k, Mas. Masih terjangkau lah..
    Jalan kaki 5 menit mah bentar ya, Mas. Dan setelah sampai, beuh pemandangannya..

    Tuhan, bantu kami menjaga alam ini..

    Suasana pagi asik kali ya, Mas..he

    BalasHapus
    Balasan
    1. main-main ke pacitan lagi mas, hehe
      sapa tau bisa ngecamp-ngecamp ria di salah satu pantainya :)

      pagi? ehm bisa juga. ke pantai mah, enaknya emang pagi kalau ngga sore hari
      ngga panas-panas banget

      Hapus
    2. Semoga dilain kesempatan ada waktu dan rezeki ya, Mas.. :)
      Pengen ngecamp, kangen suasananya..he

      Iya, pagi atau sore, jangan siang, panas nanti. Pulang jadi gelap..haha

      Hapus
  5. Cantiiikk bangeeet sunsetnyaa mas 😊😊 😄😄 pantai" di pacitaan bagus baguss yaa hehehe oiyaa ikutan lomba blog wisata pacitan mas, baguss kan sekalian berbagi informasi gtuu. Hehehe biar makin banyak yg main ke pantai pacitan 😄🙆

    BalasHapus
    Balasan
    1. ada lomba tentang pacitan kah? *aduh belum update daftar lomba lagi ini gegara susah sinyal dirumah, buka blog aja kudu sabar nunggu browser yang muter-muter doang :(

      makasih infonya mbak lucky

      Hapus
  6. iya ya sngat mirip dengan raja ampat, cuman ini adanyadi Jawa, ternyata emang sukeren deh litle nyah

    BalasHapus
    Balasan
    1. raja ampat versi mini mang.
      bisa jadi alternatif pengganti buat yang bercita-cita ke raja ampat papua sana, tapi belom kesampaian hehe

      Hapus
  7. Saya malah lupa pemandangan di Raja Ampat (yang saya lihat di TV atau internet) seperti apa. Setelah ngeliat pantai Kasap jadi samar kebayang bentuknya. :))

    Pacitan itu, kalau nggak salah, kota kelahiran SBY ya? Atau ada artis gitu, lupa. xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. banyak-banyakin nonton si bolang gih, eh jejak petualang maksudnya XD
      yes, pak SBY bener banget, kalau artis? aku ngga tau sapa....ada to? *mikir keras*

      Hapus
  8. Hmmmm, diam-diam Pacitan menyimpan pesona wisata yang memukau. Asal dijaga dan dirawat aja ya sama pengunjungnya. Belum pernah nginjakkan kaki di Pacitan

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga saja mas, kita jaga bareng-bareng biar tetep kece dan memukau

      Hapus
  9. sunsetnya cantik bangeet! awas kacugaknyaa..

    euleuh-euleuh, sha baca postingan di G+. kaya orang sunda, padahal mah purwerjo. haha

    boleh request postingan ga? dulu sha suka sama edcoustic juga. posting ttg edcoustic dong kali-kali. haha
    nodong biar di endorse kamera malah ditodong buat postingan LOL.

    BalasHapus
    Balasan
    1. arghhh, kenapa pakai bahasa sunda teh? kacugak artinya apa lagi ini, kagak mudeng saya XD

      purworejo berbau sunda. enggak ding, saya purworejo tulen hehe

      ada mbak, ada 3 postingan tentang edcoustic kalau ngga salah di blog ini. di search aja pakai keyword "edcoustic", insyaallah muncul.

      Hapus
  10. Dulu, yang terkenal di sekitar situ sejak lama adalah Pantai Watu Karung Banyak peselancar mancanegara singgah di sana. Sekarang saya baru tahu juga ada Pantai Kasap yang lokasinya gak jauh. Sebenarnya banyak pantai-pantai tersembunyi, sebagian memang sulit diakses, sebagian sudah dibuka. Pacitan tambah ngehits sekarang haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, kalau watukarung habis loket itu kan belok kanan...nah kalau mau ke pantai kasap, kita tinggal belok kiri. bener-bener satu komplek 2 pantai kece ini.

      lah sebagai putra asli pacitan, njenengan juga kudu ikutan meng-hits-kan destinasi wisata di pacitan mas hehe

      Hapus
  11. Lumayan juga 700 meter dari parkiran. Tapi biasanya emang gitu, sih. Cuma pas pulang dan balik ke parkiran lagi udah pegel banget.

    Bentar, Raja Ampat tuh yang kayak gimana, ya? Udah lama nggak keluyuran di Instagram. Hahaha. Tapi ya, bagus kok itu. Setiap tempat wisata memiliki keunikannya sendiri. :)

    Kadang gitu, ya. Kamera hape bisa bikin tempat yang biasa aja dan jadi lebih bagus, kadang juga malah difoto yang biasa dan bagusan aslinya. Senasib karena masih motret pakai kamera ponsel yang apa adanya. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, masa pada lupa sama gambaran raja ampat sih. destinasi kece di indonesia ini :D

      iya, tergantung sama proses editing juga sih biasanya itu, makanya bisa jadi keliatan lebih bagus dari aslinya. pengennya mah pakai kamera pro gitu ya, biar fotonya lebih keliatan berbicara. :D

      Hapus
  12. Walau pun jalannya cukup jauh, tapi dengan pemandnagan gitu lelahnya pasti ilang yak... bagus bet. O_o

    Itu ketika udah sampe di pinggir pantai Kasap, bibir pantainya udah kering apa udah dikasiin lipsbalm?

    BalasHapus
    Balasan
    1. bukan ilang lagi bang, sirna malah *sama aja keleus* haha
      lipsbalm, apaan itu? lipstik? o_O?

      Hapus
  13. baper oi baper banget. hehe...
    keren juga nih pantainya mas, sayangnya gak bisa nyelam nih.
    Asyik banget foto-fotonya, berasa di raja ampat papua
    kapan-kapan ajak saya kalau dah nyampe di jogja, pengen juga liburan di tempat-tempat kayak gini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jauh dari jogja mas bimo, mending maen ke daerah gunung kidul aja
      pantai di jogja, khususnya di daerah gunung kidul juga ngga kalah keren sama pantai di pacitan

      Hapus
  14. Jalanan menuju ke sananya kliatannya berliku ya nu, wkkkk asal bener tu ga ktemu ibu ibu sein kanan sein kiri hahaha
    Ada sodara sik di pacitan, duh kalik bisa mampir klo pas ke sono

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan berliku mbak, macam cerita kehidupan *apasih*
      mampir gih, ngga rugi 'o mbak. bisa dapet koleksi foto hits ala raja ampat nanti kalau main ke pantai kasap hehe

      Hapus
  15. Weeedeeew Pantai di Pacitaaan ternyata keren-keren juga yaaa :D hihihi udah ada plan buat main kesana niiih :D Bismillah nggak wacana aah :D

    BalasHapus
  16. Waaaah, aku baru tau kalau pantai di Pacitan juga ada yang suasana dan pemadangannya sekeren pemandangan di Raja Ampat Papua. Perjalanan ke pantainya penuh perjuangan juga ya, harus lewat bongkahan batu karst yang masih runcing itu. Btw, di daerah deket tempat tinggalku juga ada tempat wisata yang suasana dan pemandangannya sama kayak di Raja Ampat, namanya Doro Somola, di Maluku Utara Kec. Halmahera Utara. Kalo gak percaya, coba deh googling *eh ini kok maksa* xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, pernah denger juga itu yang ada di maluku, tapi lupa namanya. *lhawong susah gitu hahaha. cantik juga si Doro Somola euy!

      Hapus
  17. Daerah timur kok cakep cakep banget sih destinasi alam wisatanya, curang ih, aku kan jauh buat ke sana hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. laaaah, mbak ev ma tinggal ngatur jadwal luang aja mbak. tinggal nunggu ada undangan event, ntar tau-tau kan udah jalan aja kesini.

      *iri ini aku sebenernya wkwkwk. kok mbak evrina mesti lolos terus kalau ada event-event gede, apalagi yang bisa sekalian jalan-jalan gitu. enak bener XD

      Hapus
  18. ooo, jadi ini ya lokasinya. Belum lama ini saya penasaran dengan seorang teman yang berfoto seakan di Raja Ampat tapi tidak perlu naik pesawat terbang dari Jogja :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya pak, bisa lah mlipir sebentar ke pacitan kalau mau ikut-ikutan foto seperti ini hehe

      Hapus
  19. jalannya terjal tapi dapet view yang keren itu pasti terbayar lah ya capeknya :))

    BalasHapus
  20. Gokil, secantinya itu ya sampe bisa disamain kayak raja ampat. Asik sih pemandangannya, buat ngetrip dan instagramable.

    BalasHapus
  21. Walah pantai kasap toh, saya pernah diajak kesana tapi gak ikut... kirain ya pantainya biasa aja kek pantai lainnya tapi ternyataaaa anjaaaayyy keren banget, rugi banget gak ikut... tapi pantai kasap di pacitan emang keren dah ;D

    BalasHapus
  22. Udah lama gak mampir di blog ini. Sekali mampir malah di postingan yang membuat aku ngerasa kayak kurang piknik dan pengen piknik. Eta terangkanlah kok bisa kayak gitu? Mau kesitu ih..

    BalasHapus
    Balasan
    1. tak kira udah lupa sama blog ini mbak haha
      buruan piknik dulu gih, masa si CEO-nya addict tour n travel malah kurang piknik? kan ngga asik

      Hapus
    2. Ah kamuuuu.. Bikin merasa bersalah.. Btw, kalo mau kepacitan naik kereta turun distasiun mana? Kamu harus siap jadi guide aku.. Grates yaaa

      Hapus
    3. kaya e paling deket ya turun e di Solo mbak, kalau ngga turun di Madiun

      Hapus
  23. Walaupun Raja ampat raja ampatan tapi ini bagus loh.
    Pengen dah ah ke Pacitan.
    Tapi ga tau jalan.

    yowes

    BalasHapus
    Balasan
    1. google map lah bang leon...
      apa pakai peta-nya si Dora juga bisa *abaikan tips yang ini* haha

      Hapus
  24. suka nih, sama pantai-pantai yang ada bukit dan tebingnya kayak gini. Pacitan punya pantai yang keren juga ya, gak kalah sama Gunung Kidul, Jarang maen ke pantai, nih, gak tau pantai-pantai kece, taunya Ancol yang .. yah gitulah, cuma sekedar air asin sama pasir doang xD

    BalasHapus
    Balasan
    1. daerah jakarta mah, pantai yang paling gampang dikunjungi emang kayaknya cuma ancol kan ya mbak? jangan salah eui, pantai ancol kan bisa dinikmati dg cara lain. naek kereta gantung yang lewat diatas pantai itu, kan bisa? hehe

      Hapus
    2. Iya, tapi pemandangannya gak sesegar ini, mas.
      Dan mahal... di Jakarta mah mau menikmati pantai aja mahal.

      Hapus
  25. cukup hati aja yang terluka, kaki mu jangan.wkwk

    kapan-kapan mau dong ikut rombongan tour nya Shara Asrinda – Asrindi si Putri Pacitan. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. daftar sik nun, kudu dadi member yen meh melu tour de Pacitan bareng tourguide idolak, Shara Asrinda - Asrindi. :D

      Hapus
  26. Littelnya raja ampat ne ya.
    Keren lah tempatnya, ngak kalah dengan raja apat.

    Boleh ne kapan2 kepacitan, perlu ngumpulin Uang ne, hehe

    BalasHapus
  27. Pantai di Pacitan ternyata bagus bagus!! Cuman kamera hp kurang mendukung. Semoga ada yang endorse hp dah! 😁😁

    Aku beberapa kali ke pacitan tapi belum pernah ke pantainya.. jadi cuma ingat kalo pacitan itu daerah yang jalannya berkelok kelok doang. 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin XD
      nyoba lah sekali kali mampir ke tempat wisatanya Rum, sayang kalau cuma lewat doang hehe

      Hapus
  28. Denger dari cerita temen juga m, katanya pacitan emang syurganya kalo cari pantai. Ada yg panainya berdekatan sama palung malahan.

    Kayaknya gue juga harus nyoba ke sana euy. Mayan tuh. Daripada jauh2 ke raja ampat. Latihan foto di pacitan boljug keknya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. ooh, itu pantai klayar apa ya? aku juga kurang paham sih hehe
      bisa jadi alternatif lah ya, kan kalau mau ke raja ampat mahal. mending ke pantai kasap dulu yang deket :D

      Hapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers