Koleksi "Foto Panas" saat Liburan ke Pantai Kunir Pacitan

Senin, Mei 29, 2017

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Pantai Kunir Pacitan

Makan buah sambil nyantai
Yuk ah, mantai
***

Sebelum melihat koleksi foto panas yang saya tawarkan di judul, ada baiknya anda – anda sekalian meluangkan waktu untuk membaca sedikit cerita perjalanan saya saat akan mengunjungi lokasi pemotretan, yaitu di Pantai Kunir. Enggak afdol kan rasanya, kalau situ langsung nyelonong lihat foto – foto, tapi nggak mbaca blogpost kece ini. Dosa! Hehe.

***
Jalan – jalan kali ini saya akan mengulas sebuah pantai yang terletak di kota asalnya Pak SBY, yaitu di

P. A . C . I . T . A. N.

Kabupaten Pacitan adalah salah satu kabupaten di Jawa Timur yang berbatasan langsung dengan Provinsi Jawa Tengah. Letaknya ada di sisi selatan pulau Jawa. Seperti kota asal saya di Purworejo, Kabupaten Pacitan juga memiliki garis pantai yang langsung bertemu dengan Samudera Hindia. Maka tak heran jikalau Pak SBY yang asli Pacitan ini, berjodoh dengan Ibu Ani Yudhoyono, putri dari seorang jenderal TNI kelahiran Purworejo yaitu Pak Sarwo Edhie Wibowo.

Nggak nyambung keleus?
Oke, itu cuma teori cocokologi ala – ala saja.Haha


Pacitan, selain dijuluki sebagai Kota 1001 Goa, ternyata juga memiliki 1001 pantai yang tak kalah elok untuk di explore keindahannya. Ada Pantai Klayar, Pantai Srau, Pantai Soge, dan yang pasti masih ada beberapa pantai lain yang menawarkan deburan ombak khas pantai selatan di Pacitan, salah satunya yaitu Pantai Kunir.

Pantai Kunir terletak di Jalur Lingkar Selatan (JLS), tepatnya ada di Desa Pager Kidul Kecamatan Sudimoro – Pacitan. Patokan mudahnya, jika kita berangkat dari pusat kota Pacitan, silakan ikuti Jalur Lingkar Selatan menuju Kabupaten Trenggalek. Nah, Pantai Kunir terletak tepat sebelum kompleks PLTU Sudimoro. Waktu tempuh dari pusat kota Pacitan juga tidak terlalu lama, ±45 menit saja.

Sayangnya, saat saya dan teman – teman  berkunjung kesana, papan petunjuk arah menuju Pantai Kunir tidak terlihat. Mau pake’ GPS, susah sinyal. Alhasil, kita kebablasan cukup jauh sebelum akhirnya memutuskan bertanya kepada penduduk sekitar.

“Wah, pun kebablasan tebih niki mas. Panggen e ting kilen mriko sakderenge PLTU”
“Walaaah, nggih pun buk. Maturnuwun”

Setelah putar balik dan sedikit mengurangi laju kecepatan sepeda motor, sampailah kita di sebuah gang kecil menuju Pantai Kunir, daaan suuuurprise! Ternyata jalan menuju Pantai Kunir masih dalam proses pengerjaan. Jangan bayangkan jalanan halus mulus layaknya pipi - pipi artis Korea sana. Butuh effort lebih untuk melewati jalanan tanah dengan bongkahan – bongkahan batu karst khas Pacitan ini. Sementara nggak recommended buat dikunjungi ibu – ibu hamil lah, karena “dalane nggronjal - nggronjal buk”. Hehe

Panjang jalanan “nggronjal – nggronjal” menuju Pantai Kunir ±1 km, setelah itu kita akan sampai di bibir pantai dengan tanah lapang yang cukup luas. Tinggal parkirkan sepeda motor kita dan mari nikmati deburan ombak dan halusnya pasir Pantai Kunir.

Nah, ada bonus lain yang bisa kita nikmati saat berkunjung ke Pantai Kunir di Pacitan, yaitu adanya aliran sungai di sisi timur yang bermuara langsung ke laut. Beningnya air berpadu dengan rimbunya daun pohon yang tumbuh subur, memberikan pantulan warna hijau sempurna di aliran sungai yang ada.

Foto panasnya mana bang? Penasaran ini....
Scroll ke bawah aja, scroll….


Pantai Kunir Pacitan
Jalan "nggronjal-nggronjal" menuju Pantai Kunir yang masih dalam proses pengerjaan.
Pantai Kunir Pacitan
Numpang lewat dulu ya wahai "tuan ekskavator", hehe
Pantai Kunir Pacitan

Pantai Kunir Pacitan

Pantai Kunir Pacitan

Pantai Kunir Pacitan
Pasirnya halus banget, sumpah!
Pantai Kunir Pacitan
Sungai di sisi timur Pantai Kunir
Eaaa…gegara kita ke pantainya siang – siang & posisi matahari pas "hot – hot pop" (sampai di pantai sekitar jam 11.30), jadilah foto – foto “panas” diatas. Gimana, bener – bener panas kan? >_<

Pantai Kunir Pacitan
Bonus "foto paling panas" dari kita
Pantai Kunir Pacitan :
Alamat : Jalur Lingkar Selatan, Desa Pager Kidul Kecamatan Sudimoro – Pacitan
               (Dari arah kota Pacitan, sebelum kompleks PLTU Sudimoro)
Tiket Masuk & Parkir : Gratis (Update Mei 2017)

Saran buat yang mau berkunjung ke Pantai Kunir dan semoga berfaedah :
1. Silakan bawa bekal yang banyak, khususnya air minum, karena di Pantai Kunir belum ada lapak / warung jajanan.

2. Pastikan bensin di kendaraanmu penuh / cukup untuk sampai ke Pantai Kunir, karena sepanjang perjalanan dari arah kota Pacitan tidak terdapat pom bensin.

3. Jangan berenang di bibir Pantai Kunir, BAHAYA. Ombaknya super gede plus pantainya bener – bener sepi. Takutnya, misal kebawa ombak terus nggak ada yang nolong, kan berabe ye?

4. Terakhir, jo lali “foto panas” bosqueh! Lumayan kan, buat feed di instagram-mu. Huwhuwhuw :3

***
Sekian dan Salam Olahraga!

You Might Also Like

84 komentar

  1. Tiket masuknya masih gratis ya, Mas. Aku suka.
    Gimana ya kalau aku lihat pantai, rasanya pengen ke pantai langsung. Di pantai itu asik soalnya, bisa ilangin penat. Itu di pasir gitu ko gak coret2 apa gitu mas, nulis kenangan..hihi
    Benar kayak bukan pasir ya, Mas. alus, kalau aku disitu pasti udah gambar atau nulis apa gitu :D

    Kalau sore atau gak pagi lebih asik sepertinya, tapi ini namanya kan foto panas.hehe

    Kalau kesasar gitu cara paling ampuh ya bertanya ya, karena kalau malu bertaya sesat dijalan..hehe
    Agak susah sinyal ternyata ya, tapi yang penting bisa sampai pantai. Kalau dekat aku pengen kesini nih..

    Namanya gak asing, karena beberapa bulan yang lalu aku pernah bikin tugas GIS, pemetaan gitu. Dan aku kebagian daerah pacitan. Meskipun tahu beberapa tempat, tapi hanya lewat peta..he

    Untuk baca sarannya, dulu aku jg pernah mas ke pantai di Gunung Kidul. Ya gitu pantainya sama belum ada yang jualan, jadi baiknya bawa bekal. Tapi dulu aku gowes jadi tak perlu isi bensin, kecuali bensis perut..haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. komen pertama dan komen terpanjang di blog saya sepertinya ini mas andi :)

      cukup lari-lari dan duduk diatas pasir aja mas, takut alay kalau nulis-nulis di pasir pantai. ya, GPS (gunakan penduduk setempat) mmg paling manjur kalau kita baru berkunjung ke tempat baru. langsung ketemu dah tu tujuan kita hehe

      dari jogja kota sampai gunung kidul nggowes? KEREN!!

      Hapus
    2. hehe.. iya tanya orang itu lebih ampuh jawabannya..hehe

      Iya ke gunung kidul, berangkat 05.30 pagi sampai pantai pukul 13.30. Di pantai cuma istirahat, pulang pukul 16.00 sampai kost pukul 01.20.. hehe

      Hapus
  2. kirain ada yang bikinian, huuuu tertipu judul nih saya wkwkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh, kena zonk ini bang? wkwk
      coba lagi di lain kesempatan ya :)?

      Hapus
  3. Sampun dibaca Bosque ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap bosque!
      siap jadi tourguide lagi ya? haha

      Hapus
  4. Heh ini garis pantainya kece ih 😍
    Masih bersih keliatannya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, sepertinya baru proses pengembangan buat kawasan wisata sih. makanya masih bersih dan sepi. like a private beach, sumpah!

      Hapus
  5. Iya beneran foto panas!! Yang ngeliat jadi panas pengen liburan!! Beberapa kali ke pacitan tapi belum pernah mantai hiks. ..

    Duh jalannya jelek bener euy! Bentar lagi kalo jalannya udah bagus pasti banyak yang berkunjung tuh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. cukup panas? eaaaaahahaha
      padahal salah satu hal wajib pas berkunjung ke pacitan ya menikmati pantainya lho, cakep-cakep!

      Hapus
  6. Bagus dong. Berarti masih perawan (pantainya).

    Sudah diduga ga ada foto panas di post ini. Hmmm payah nih adminnya! :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, perawan kinyis-kinyis
      takut batal puasa kalau bener-bener ada "foto panasnya" bang, nanggung dosa orang banyak saya nanti wkwk

      Hapus
  7. pantaui , sejauh memandang biru di sana, mdhan bisa dijaga kebersihannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga tetep bersih dan nyaman buat dikunjungi :)

      Hapus
  8. pantainya masih sepi ya, asik buat diriin tenda di sana sambil barbequean

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak cocok buat ngecamp :)
      mana garis pantainya panjang lagi, mau lari-larian kesana-kemari juga bisa ini

      Hapus
  9. Ini foto panasnya beneran bikin panas, ditambah gerah, dengki, iri pengin ke sana. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. aduh, maafkan saya bikin iri orang lain XD
      piknik dulu buruan gih hehe

      Hapus
  10. wahhh cakep benerrr.. bener mas, lebih baik menggunakan GPS manual (gunakan penduduk setempat) lebih valid :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, berhubung kemarin ada anak pacitan jadi kita belum pakai gunakan penduduk setempat. eee, ternyata dia juga belum begitu paham sama jalanya ke pantai kunir ^^

      Hapus
  11. Wah langitnya biru! Suka banget deh, apalagi kalo merhatiin garis horizon antara langit sama laut. Berdampingan tapi gak bersatu /apacoba wkwk.

    BalasHapus
    Balasan
    1. layaknya kisah cinta antara kamu dan dirinya, maka ihklaskan lah. insyaallah akan ada jalan lain yg akan Tuhan berikan *laaah apa ini XD

      Hapus
  12. Wih, bener2 panas, wkwkwk. Aku cuma pernah sekali mampir pantai Pacitan, krn lagi lewat aja, makan di depot pinggir jalan, hahaha. Ga nyangka ya pantai2nya masih bersihhh. Pengen ah suatu saat explore kesini! Suwun sharinge loh Wisnuu

    BalasHapus
    Balasan
    1. mampir makan juga asik mbak, emang lumayan banyak depot-depot makan juga di sepanjang pantai pacitan, olahan seafoodnya patut dicoba :)

      oke, semoga bermanfaat mbak hehe

      Hapus
  13. Baru tahu ada Pantai Kunir di Pacitan. Pasirnya putih bersih pula. Nice share.
    Oh iya, kalau dibablasin lagi bisa sampai Trenggalek ya jalannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas, sampai kabupaten tetangga di Trenggalek

      Hapus
  14. Oh, desanya SBY menarik juga pantainya buat dikunjungi. Thanks for sharing yaa...
    Pantai emang ngga pernah bosenin. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pantai di pacitan memang menarik semua mbak buat di kunjungi hehe
      sama-sama :)

      Hapus
  15. Pantainya beneran privat banget, jadi serasa VIP dan bebas banget. Fotonya emang suasananya panas dan emang bikin panas-panas ngiri gitu ngelihatnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, lha wong sepertinya memang belum begitu populer di pacitan
      mungkin kalah tenar sama pantai srau atau klayar, tapi sebener e di pantai kunir juga ngga kalah cantik kok viewnya.

      Hapus
  16. Saya baru sekali ke Pacitan. Itupun cuma lewat aja dari Malang menuju Jogja. Kapan-kapan pengen coba menginap di sana. Seperti banyak tempat menarik yang bisa dikunjungi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. di coba mbak hehe
      recomended buat destinasi liburan kok :)

      Hapus
  17. beuh... panas banget foto-fotonya
    sampe bikin haus saat puasa. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, tunggu maghrib dulu mas
      sabar, jangan dibatalin dulu :D

      Hapus
  18. Judulnya bikin ngakak tp emang iya keliatan banget panasnya, itu pake sunblock ga?kebayang dah pulang dari pantai kulit jadi exotic.
    pantainya bagus banget syg jauh di Pacitan :p

    BalasHapus
    Balasan
    1. ngga pakai begituan mbak, sini modal nekad & siap kalau kulit item kebakar kena matahari hehe

      Hapus
  19. Kalo orang yang cuma baca judul langsung komen mah pasti udah ngatain jorok atau apa nih. Wqwq. Judulnya emang memancing, sih. Taunya mah foto lagi panas-panasan menjelang pukul 12 siang. XD

    Jadi kangen main ke pantai, kan. Aaah. Pantai di kampungnya Pak SBY ternyata bagus juga. :)

    Kalo soal bawa bekel mah, itu udah keseringan banget asalkan pas berangkat nggak buru-buru karena kesiangan. Saya anaknya hemat gitu, sih. Soalnya kalau jajan di tempat wisata udah paham, kalo harganya selalu lebih mahal. Hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, ini gegara beberapa hari sebelumnya sempet BW dan nemu post yang mbahas masalah judul di blog/artikel bang. katanya usahain judul itu yang "klickable"

      sama sih, mending bawa bekel dari rumah. selain lebih mahal juga kadang porsi sama rasanya ngga sesuai ekspektasi kita. di gambar menu kadang keliatan banyak, pas sampai di meja kita tau-tau cuma seupil doang. Haha

      Hapus
  20. Sekarang ini... kadang aku iri lihat kebahagiaan orng lain yang lepas ruah di tepi pantai...
    Kapan ya bisa menikmati anugrah itu ... berharap secepatnya aku bisa ke pantai lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa mantai lagi mas adhi hehe
      mumpung ada liburan lebaran kan? lumayan buat piknik-piknik dulu

      Hapus
  21. Nanti aja ah..klo jalannya udah bener. Bukan karena hamil..cuma suamiku nggak mau pasti klo jalannya masih banyak batuan. Bawa anak2 juga soalnya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, iya mbak biar halus dulu jalan ke pantai kunirnya
      biar lebih aman :)

      Hapus
  22. Sumpah, Fotonya benar benar Panas Mas...hehehe... Foto Fotonya kelihatannya seru ya Mas, saya juga paling suka kalau lagi liburan apalagi kalau ke pantai bersama anggota keluarga, sepertinya semua masalah dan stress hilang ketika pergi liburan ke pantai.

    BalasHapus
    Balasan
    1. seru banget mbak gegara pantainya masih sepi, jadi serasa milik pribadi
      iya, liat air sama pasir stress dijamin ilang semua hehe

      Hapus
  23. wah bener tuh, bener-bener foto panas. Ngebayanginnya aja udah panas. Ehem, pacitan.. sejujurnya gue belum pernah ke Jawa Timur sama sekali, pernahnya langsung ke Bali. Tapi gue tau, kalau jatim memang terkenal sama wisata baharinya.. termasuk si kunir ini ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, saya juga baru 3 kali ke jawa timur bang, pacitan juga baru sekali ini gegara diajak temen. yes, pantai di pacitan cantik-cantik. salah satunya pantai kunir di sudimoro ini :)

      Hapus
  24. Apik maass, asik banget dolan pas cerah dadi gambare 'panas', two thumbs deh :)) aku mung tau ng klayar thok, ws ruameee ._.

    BalasHapus
    Balasan
    1. buahaha, super extra hot-hot pop.
      klayar wis terlalu hits, makane rame :)

      Hapus
  25. Wow ... view-nya indaah.

    BalasHapus
  26. Kangeeen pantaaaiiii. ..
    Terakhir kali ke pantai taun lalu. Hiksss. . Pantai kunir baguss yaak masih bersih gtuu. Serasa private beach. . Hehehe

    Foto panasnyaaa panas beneran yak. . Hahaha 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, pantainya memang masih "perawan" makanya cukup bersih & sepi :)
      panas-panas menggoda iman tak? haha

      Hapus
  27. haha... bener-bener panas ya. aku aja yang cuma liat gambarnya ikutan gerah (sebenernya efek kipas angin di kosan rusak sih) wqwq

    aku kurang suka sama pantai soalnya itu, panas. nanti aku meleleh gimana? mendingan main-main di gunung gitu, kayaknya lebih adem (padahal belum pernah main ke gunung)

    kamu sembarngan mas, masa pipi artis Korea disamain sama jalanannnn..

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh, kasian bener ini anak kost. servis dulu gih kipasnya :D

      bahaha, padahal digunung juga ngga adem-adem banget sih. misal habis jalan nanjak gitu juga bakal gerah karena kecape'an jalan XD tapi bolehlaaaah sekali-kali coba muncak put

      Hapus
  28. Foto-foto panas dan indah itu, Mas. Nanti bila jalannya itu jadi mulus, tentunya tambah banyak ya yg berkunjung :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. pastinya iya mas. bakal ramai plus jadi tempat hits di pacitan sepertinya ini pantai kunir :)

      Hapus
  29. Pantainya masih sepi, asik banget tuh kayaknya buat kemping, ada sungainya juga, kan.
    Kalo jalanannya udah mulus dan udah dipasang petunjuk jalan, pasti rame, nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, alternatif buat main airnya ya di sungai itu hehe. kalau di pantai kunirnya lumayan serem masalahnya mbak, ombaknya gede-gede banget.

      Hapus
  30. wahhhh itu aksesnya mayan susah juga yaahhh,,, tapi pantainya sepiiiiii, kaya punya sendiriiiii, kalo di temapt gue mah ke pantai bayar lho, ada tiketnya :(

    tapi kalo gue prno kalo kemping disitu, sepi sih wkkw

    salam kenal yaaa sebelumnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. salam kenal (n_n)/

      berhubung masih belum terlalu populer, jadi masuk ke pantai kunir masih gratis ini mbak. pantai lainnya juga bayar kok hehe
      iya, kudu bawa banyak personil kalau mau kemping. biar rame :D

      Hapus
  31. pantainya indah beeeetttt.. sepi lagi. berasa wisata mewah pribadi. tapi ya itu, walo indah kok serem yaaaaa... kupernah tinggal di kawasan pantai yg ombaknya gede. tapi itu beda, gedenya kayak ada cekungan sebelum bibir pantainya. kayak ada jebakan lubang gitu. mikir berapa kali yak kalo mau main di lautnya.

    tapi sungainya udah cukup jadi alternatif... udah lama kagak ke pantai.. mendadak ingin...

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, gegara masih sepi aja ini mah bang. misal udah rame juga ngga serem-serem banget, lagian kemaren juga masih ada beberapa bapak-bapak yg masih ngerjain buat akses jalan ke pantai kunir. jadi ngga sepi-sepi banget ding ^^

      Hapus
  32. Pantainya recommended banget tuh mas :D pasirnya juga putih bersih, btw kalau deket rumah pasti sering sering nih kesini. Hehehe..
    Nggak tau kenapa ane lebih jatuh cinta ke pegunungan, soalnya pantai di dekat tempat tinggal ane kotor dan kurang terawat. Huhuh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, bikin ketagihan ini viewnya. ngga mau cepet-cepet pulanglah kalau kesini :)

      Hapus
  33. aaakkkk masih sepi ga begitu rame
    suka suka suka
    bikin mupeng
    di Bali ada banyak, tapi kebanyakan uda rame semua, jadi uda ga seru lagi :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah, kalau bali mah jangan ditanya mbak. bali kan emang jadi destinasi unggulan kalau masalah pantainya, ngga heran kalau udah ramai semua :D

      Hapus
  34. Itu jalan ke pantainya masih tanah gitu? Amsyong dah. Pacitan setahu gw dari dulu jalannya sering gak mulus. Tapi katanya pantai-pantainya bagus-bagus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. emang masih "dibuat" ini akses ke pantai kuir nya mas, paling ini udah jadi hehe

      Hapus
  35. Gils. Udah ke pacitan aja. Enak kan? Kalo mudik ke pacitan juga selalu main2 ke pantainya. Kalo ke goa manager keuangan rumah tangga udah enggak mau. Huhu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. baru sekali ini ke pacitan wkwk
      kemaren juga aslinya penasaran mau ke goa gong, tapi nggak jadi berangkat kesana. udah kesorean

      Hapus
  36. Selain pemandangannya yang indah., teryata sungai disisi pantai kunir jernih juga ya mas..

    BalasHapus
    Balasan
    1. seger juga mas kalau mau buat main-main air pas panas-panas gini
      recommended lah buat dikunjungi :D

      Hapus
  37. Iihh... pantainyaaa... Udah lama kayaknya saya gak ketemu pantai lagi. I need vitamin sea.

    BalasHapus
    Balasan
    1. piknik dulu bang, biar ngga kena sariawan
      *apasih hehe

      Hapus
  38. Kirain kata panas itu istilah tapi ternyata bener bener panas,, asemm,, wkwk

    BalasHapus
  39. Wahhhh pasir putihnya indah bangett yaaa, pantainya biruuu bangett lokasi yang pas nih buat ku prewed nnti hahahah XD

    BalasHapus
  40. Setahu saya pas jalan-jalan cuman pantai klayar aja yang ditau di pacitan. sekarang udah banyak banget yah destinasi wisatanya.

    Dilihat dari foto-foto hot-nya kayaknya seru banget tuh apalagi pantainya masih sepi gitu jadi bebas mau gerak kayak gimana suka-suka aja.

    itu foto terakhirnya udah kayak ronaldo aja bang, berasa nyetak goal

    BalasHapus
    Balasan
    1. ini juga lumayan deket sama klayar kok mas.
      bebas, mau kayang guling-giling juga bisa hehe

      Hapus
  41. banyak banget komenannya mas. *kapan ya blog ku gini :'(


    oh iya. tambahin satu lagi mas.
    siapkan handbody yang banyak biar ngak gosong kalau siang-siang ke sana. .

    kalau pantai ancol dekat rumah udah ngak ada space untuk duduk saat liburan mah.
    wkwkwk

    BalasHapus
  42. pasir pantainya bersih banget, sekarang udah susah nyari pantai tanpa sampah kaya giniii :)

    penasaran, kunir itu artinya apa ya. sempet denger beberapa daerah dengan nama yang sama :)

    BalasHapus
  43. nambah 1 lagi nie... daftar pilihan untuk traveling, heheheh
    recomended .... yiewnya wooww bangetttt....

    salam kenal ....

    BalasHapus
  44. Pacitan memang mantap euy., maunya PAK SBY juga ikut mempromosikan wisata di daerahnya, cantik banget soalnya pantai2 yang ada disini.

    BalasHapus
  45. Tahun 2016 saya k sana ada banyak serpihan steorofom dan sebuah tagboat (kapal penderek) yg karam di sisi kiri dekat danaunya.
    Sekarang masih sama keadaannya atau sudah berubah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sterofoamnya masih mas, kalau yang kapal karam dulu udah ngga ada sih. Tinggal sepotong besi item yang mungkin itu bagian dari kapalnya. *Kurang tau ^^

      Hapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers