Sebongkah Pahala dibalik Momen Berbagi Menu Buka Puasa

Senin, Juni 12, 2017

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Alkhamdulillah, bulan suci sudah menghampiri kita lagi…
Seneng? Pasti lah ya… Hehehe

Bagi kita yang beragama Islam, Ramadhan memang menjadi bulan yang paling ditunggu kehadirannya. Betapa tidak, bulan yang selalu diwarnai dengan hadirnya ketupat dan kurma di Indonesia ini, akan menjadi bulan yang spesial dan berbeda dengan bulan – bulan lainnya. Tak hanya satu, melalui bulan Ramadhan, Allah menjanjikan beribu – ribu keistimewaan berupa pahala yang bisa kita rasakan manfaatnya saat ini dan dikemudian hari. Maka tak heran, jika banyak umat muslim yang memanfaatkan bulan Ramadhan, sebagai salah satu ladang untuk beribadah dan menebar kebaikan demi memperoleh keistimewaan pahala yang Allah berikan.

Beragam bentuk ibadah sekaligus jalan untuk berbuat kebaikan pun banyak macamnya. Berbagi kepada sesama misalnya. Selain dihitung sebagai ibadah yang berpahala, berbagi sesuatu dengan sesama manusia juga mampu memberikan banyak dampak positif bagi kehidupan bermasyarakat. Tepat rasanya jika Allah menciptakan manusia sebagai seorang makhluk sosial yang saling membutuhkan, karena melalui fitrah inilah, maka akan timbul keinginan di hati manusia untuk saling berinteraksi dan berbagi demi meringankan beban orang lain. Perintah untuk berbuat baik dengan cara berbagi sebenarnya juga telah di firmankan oleh Allah subhanahu wa ta’ala dalam kitab suci Al – qur’an, seperti arti dari petikan ayat berikut ini :

“Sesungguhnya Allah subhanahu wa ta’ala menyuruh (kamu) berlaku adil dan berbuat kebaikan, memberi kepada kaum kerabat, dan Allah melarang dari perbuatan keji, kemungkaran, dan permusuhan…..” (QS An-Nahl : 90)

Petikan ayat diatas semakin menambah keyakinan kita, bahwa Allah sangat menganjurkan manusia untuk berbuat kebaikan dengan cara memberi atau berbagi, terutama kepada kerabat atau saudara.

Kebahagiaan yang hadir melalui berbagi
Disamping itu, berbagi kepada sesama juga dipercaya mampu menimbulkan kebahagiaan, baik kepada sang pemberi maupun sang penerima. Dilansir dari cnnindonesia.com, sebuah penelitian yang dilakukan oleh University of California, mengungkapkan bahwa salah satu cara paling efektif untuk meningkatkan kebahagiaan seseorang adalah dengan berbuat baik, seperti melalui berbagi. Cara ini diyakini dapat meningkatkan kadar dopamin dalam otak, sehingga mempengaruhi emosi, pikiran dan perilaku positif yang kemudian menambah perasaan bahagia dalam diri seseorang, atau lebih dikenal dengan istilah helper’s high.


Nah, dari sedikit uraian diatas tidak ada salahnya jika di sisa Ramadhan tahun ini kita bisa mulai membiasakan diri untuk berbagi kebaikan kepada orang lain. Contoh termudahnya adalah dengan berbagi hidangan untuk berbuka puasa. Meskipun terlihat sepele, ternyata kebaikan ini mampu memberikan pahala yang cukup besar bagi kita. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah menyampaikan bahwa,

مَنْ فَطَّرَ صَائِمًا كَانَ لَهُ مِثْلُ أَجْرِهِ غَيْرَ أَنَّهُ لاَ يَنْقُصُ مِنْ أَجْرِ الصَّائِمِ شَيْئًا

“Barangsiapa memberi makan orang yang berpuasa, maka baginya pahala seperti orang yang berpuasa tanpa mengurangi pahala orang yang berpuasa itu sedikit pun juga.” (HR. Tirmidzi no. 807, Ibnu Majjah no. 1746, dan Ahmad 5/192, dari Zaid bin Kholid Al Juhani. At Tirmidzi mengatakan bahwa hadist ini hasan shahih).

Sungguh luar biasa pahala yang Allah janjikan, yaitu berupa pahala yang sama layaknya orang berpuasa yang kita beri hidangan untuk berbuka. Jenis hidangan yang bisa kita berikan pun bermacam – macam. Bisa makanan pokok sesuai daerah tempat tinggal, seperti nasi dan gandum, atau bisa juga berupa menu pencuci mulut seperti buah – buahan. Bahkan, jika saat itu kita hanya mampu memberinya seteguk air, Allah tetap membalas amalan tersebut dengan pahala yang sama besar. Masyaallah.

Mengingat besarnya pahala yang diberikan ketika kita mampu untuk berbagi menu buka puasa kepada orang lain, maka jangan biarkan amalan ini berlalu tanpa bisa kita merasakan pahala yang Allah janjikan. Kita bisa menerapkan ilmu berbagi menu buka puasa ini kepada tetangga, saudara dan sahabat terdekat.

Nikmatnya berbagi buka puasa dengan kaum dhuafa
Setelah berbagi dengan tetangga, saudara dan sahabat terdekat, tak ada salahnya jika kita juga berbagi nikmatnya menu buka puasa dengan saudara seiman kita yang kurang beruntung. Mari sisihkan sedikit rezeki makanan dan minuman yang kita miliki, kemudian bagikan kepada saudara – saudara kita yang benar – benar membutuhkan.

Selain bisa memberikan menu buka puasa secara langsung kepada orang – orang yang membutuhkan, saat ini juga sudah mulai banyak lembaga – lembaga yang menawarkan kemudahan berbagi buka puasa dengan cara berdonasi. Hasil donasi yang terkumpul, nantinya akan digunakan untuk membeli / membiayai menu berbuka puasa sesuai paket yang tersedia, seperti pada program yang diselenggarakan oleh Sekolah Relawan, yaitu Kampung Dug-Dug.


Kampung Dug-Dug merupakan salah satu program dari Sekolah Relawan yang berfungsi untuk menjembatani para donatur dalam menyampaikan donasi berupa menu buka puasa bersama kepada kaum dhuafa. Berbeda dengan program berbagi pada umumnya yang langsung memberikan menu berbuka puasa dalam bentuk “jadi” (baca : siap makan), Kampung Dug-Dug melibatkan masyarakat kampung tujuan untuk berbelanja dan mengolah bahan makanan bersama – sama dengan para relawan dari Sekolah Relawan. Selain mempererat tali silaturahim antar warga, aktivitas bersama ini juga mampu menimbulkan rasa keakraban yang erat antara warga dengan para relawan yang hadir.
Perjalanan tim Sekolah Relawan menuju desa tujuan Kampung Dug-Dug
Warga dan relawan berbelanja bahan - bahan untuk berbuka
Dikutip dari laman resmi Facebook Sekolah Relawan, Kampung Dug-Dug merupakan satu dari delapan program unggulan yang dijalankan selama Ramadhan oleh pihak panitia. Kampung Dug-Dug yang masuk dalam rangkaian kegiatan dengan tema “Ramadhan Berani Berbagi” ini insyaallah akan diselenggarakan di 30 kampung dhuafa se-Indonesia. Berikut ada beberapa daftar kampung dhuafa yang sudah berhasil dikunjungi oleh tim Kampung Dug-Dug :

1. Kampung Cengal, Karacak Leuwiliang, Bogor – Jawa Barat,
2. Desa Sumbermiri, Kecamatan Lengkong, Nganjuk – Jawa Timur,
3. Jalan Bambu Kuning Rt 02/02 Kelurahan Marunda, Cilincing – Jakarta Pusat,
4. Kampung Mulyasari, Desa Sukamulya, Kecamatan Sukamakmur, Bogor – Jawa Barat.


Bapak-bapak juga ikut turun tangan dalam persiapan buka bersama
Selain memberikan menu buka puasa, nilai plus lain yang patut diacungi jempol dari program Kampung Dug-Dug yaitu adanya sholat berjamah serta kajian menjelang berbuka dari pemuka agama setempat. Bahkan, pihak Sekolah Relawan pernah memberikan kejutan kepada warga dengan menghadirkan Wilda Hanifah Khosyatillah, kontestan dari Hafidz Indonesia tahun 2014 silam, saat Kampung Dug-Dug singgah di Jalan Bambu Kuning Rt 02/02 Kelurahan Marunda, Cilincing – Jakarta Pusat.


Itulah program yang ditawarkan oleh Sekolah Relawan untuk memudahkan kita jika ingin berbagi menu buka puasa kepada orang lain, terutama kepada kaum dhuafa. Dengan semakin banyaknya kemudahan cara yang ditawarkan, sayang rasanya jika kita tidak turut andil dalam program berbagi kebaikan tersebut. Disamping balasan pahala seperti yang sudah dituliskan diatas, berbagi buka puasa selama Ramadhan juga memiliki keutamaan lain yang Allah janjikan seperti berikut ini :


1. Akan dibalas Kebaikan
Allah memberikan kabar gembira kepada orang – orang yang beriman serta berbuat baik / beramal shaleh dengan balasan berupa kebaikan pula. Semua harta yang dikeluarkan, pikiran yang terkuras, waktu serta tenaga yang digunakan dalam langkah kebaikan, semua itu tidak akan sia – sia di sisi Allah subhanahu wa ta’ala dan kelak akan diganjar dengan kebaikan yang setimpal seperti arti dari kutipan ayat berikut :

”Tidak ada balasan kebaikan kecuali kebaikan (pula).” (Q.S Ar-Rahman : 60)

2. Balasan Pahala Berlipat Ganda
“Perumpamaan (nafkah yang dikeluarkan oleh) orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan Allah adalah serupa dengan sebutir benih yang menumbuhkan tujuh bulir, pada tiap-tiap bulir seratus biji. Allah melipat gandakan (ganjaran) bagi siapa yang Dia kehendaki. Dan Allah Maha Luas (karunia-Nya) lagi Maha Mengetahui.” (QS. Al-Baqarah : 261)

Demikian janji Allah untuk orang-orang yang menafkahkan hartanya di jalan kebaikan. Allah mengibaratkan siapa saja yang menanam tanaman di tanah yang baik (subur), maka ia akan memperoleh hasil panen yang baik pula. Bahkan nafkah yang kita keluarkan untuk kebaikan, akan Allah balas hingga 700 kali lipat.

3. Memperoleh Do’a yang Mustajab
Keutamaan lain yang kita peroleh yaitu berupa do’a dari orang yang menyantap makanan berbuka. Jika orang tersebut mendo’akan sang pemberi makanan, maka sungguh do’a tersebut akan dikabulkan oleh Allah, karena memang salah satu do’a yang mustajab adalah do’a dari orang yang berbuka puasa. Nabi Muhammad shallallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda :

“Ada tiga orang yang do’anya tidak ditolak : (1) Do’a pemimpin yang adil, (2) Do’a orang yang berpuasa ketika dia berbuka, (3) Do’a orang yang terdzolimi,” (HR. Tirmidzi no. 3595 dan Ibnu Majjah no.1752. Hadist ini dishahihkan oleh Ibnu Hibban dan dihasankan oleh Ibnu Hajar).

***

Bagaimana, semakin semangat untuk berbagi kebaikan di bulan Ramadhan? Sayang kan kalau keutamaan dan pahala dari berbagi seperti diatas hanya bisa dinikmati orang lain tanpa kamu bisa merasakannya? Tak harus berbagi menu buka puasa yang “wah” bin mewah, asalkan itu halal dan lillah, insyaallah akan jadi berkah. Aamiin.


Nah, bagi anda yang tidak memiliki banyak waktu untuk berbagi menu buka puasa langsung dengan saudara – saudara kita yang membutuhkan, berdonasi dengan sejumlah uang kepada lembaga – lembaga agama atau sosial – kemanusiaan mungkin bisa menjadi alternatif yang tepat. Salah satunya bisa berdonasi untuk program Kampung Dug-Dug dari Sekolah Relawan. Selain mudah, berdonasi melalui Sekolah Relawan insyaallah akan lebih transparan dan terpercaya, karena Sekolah Relawan adalah lembaga yang sudah berpengalaman selama 4 tahun di dunia kerelawanan. So, mulailah berbagi dengan niat yang ikhlas dan jangan lupa,
Ingat Berbagi, Ingat Sekolah Relawan

***
Tulisan ini diikutsertakan dalam lomba blog dari Sekolah Relawan dengan tema Menebar Kebaikan di Bulan Ramadhan.
Referensi :
1. https://rumaysho.com/3499-do-a-ketika-berbuka-puasa-do-a-yang-mustajab.html
2. https://rumaysho.com/1020-jangan-lupa-untuk-saling-berbagi.html
3. http://www.sekolahrelawan.com/index.php/berita/item/327-kampung-dug-dug-dikunjungi-wilda-hanifah-khosyatillah-dari-hafidz-cilik-indonesia
4. http://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20141120151535-255-12789/rahasia-hidup-bahagia-saling-berbagi/

You Might Also Like

28 komentar

  1. IYE BANG, kita memberi satu dapet satu
    semoga Alloh bisa memberikan kelapangan rizki buat kita untuk memberi berbuka 100 bahkan kebeih tiap harinya. .

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga bisa diberikan kerlancaran rezeki untuk terus berbagi :)

      Hapus
  2. Salah satu hal paling menyenangkan dan bikin hati adem di bulan ramadan ya ini nih, bersedekah, buka puasa atau bagi-bagi takjil ke orang-orang yang membutuhkan. :')

    semoga menang lombanya, ya. \o/

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, saya pernah nglakuin jaman sekolah dulu dan liat ekspresi orang yg nerima buka puasa dari kita itu bisa bikin ati adem :)

      aamiin

      Hapus
  3. Pengingat yang baiiik. SUka banget sama tulisannya. *love *love \(w)/

    BalasHapus
    Balasan
    1. wkwk, terimakasih suhu *kemudian sungkem*

      Hapus
  4. Make sense ya. Kalau kits ngasih sesuatu ke orang kemudian orsng itu bahagia, maka kita akan lebih bahagia lagi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, pernah baca juga kalau bahagia itu adalah salah satu hal yang bisa menyebar/nular dg mudah. dan ternyata benar :)

      Hapus
  5. Gue juga selalu merasa lebih bahagia ketika bisa berbuat baik. Nggak tau kenapa pasti refleks tersenyum. Sesederhana apa pun kebaikan itu. Misal cuma ngasih tau pengendara motor yang standarnya nggak naik dengan sempurna atau lupa dinaikin. :D

    Sebelumnya udah pernah denger tentang Sekolah Relawan ini, tapi baru tahu kalo sempet mengunjungi yang di Jakarta Pusat. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. meski simpel kaya cuma ngasih tau standar motornya belom naik, insyaallah juga dapet pahala bang. aamiin.

      hehe, rumahmu satu satu komplekskah sama yg dikunjungi Sekolah Relawan bang?

      Hapus
  6. Bulan Ramadhan memang bulan yang berkah, selain bisa berbagi dengan sesama. Setiap masjid juga penuh para jamaah yang memakmurkannya. Jadi senang kalau mau shalat berjamaah bisa dimana aja.

    Makannya aku seneng kalau kelilig disaat taraweh, apalagi berbuka..hehe
    Aku baru tahu tentang sekolah relawan nih mas :)

    Semoga rezekinya ya, Mas, bisa memang lomba blog iini..aamiin..

    BalasHapus
    Balasan
    1. apalagi kalau liat anak-anak kecil pada ikut dateng ke masjid buat sholat, tambah seneng gitu liatnya hehe. berkahnya lagi ya itu, bisa jadi ladang ibadah utk berbagi kepada sesama, tapi sayangnya ntar habis ramadhan masjid mulai sepi lagi mas :(

      aamiin, terimakasih :)

      Hapus
    2. Betul mas, selain itu aku terkadang merasa kangen dimasa kecil. Dimana saat pergi ke masjid berbondong-bondong, kalau ada temannya yang belum datang, pasti ditungguin atau tidak dijemput ke rumahnya..

      Sederhana tapi membuat bahagia ya, Mas. Untuk saat ini anak kecil sudah berbeda banget kalau tak di didik dengan baik oleh orangtuanya.

      Hapus
    3. sampai masjid cuma sholat isya, habis itu keluar buat main petasan hehe
      badung bener dah waktu itu

      Hapus
  7. Pernah gitu ikutan organisasi bikin acara buka puasa di sebuah panti asuhan. Makanan yang kita kasih mah biasa aja, gak mewah-mewah amat. Ada permainan juga. Gue sih mikirnya ya baisa aja, ga seru yang gimana.

    Tapi demi lihat adek-adek panti senyum, rebutan jawab, atau bahkan ada yang malu-malu jawab, trus seneng dapet hadiah.......wah itu bikin gue gabisa berhenti senyum sepanjang acara.

    BalasHapus
    Balasan
    1. kadang buat kita-kita mungkin memang biasa aja mbak, tapi kalau kita ngasihnya ke orang-orang yang bener butuh kayak anak-anak di panti, mungkin itu bisa menjadi salah satu sumber kebahagiaan buat mereka. :)

      Hapus
  8. Sekolah relawaan sangat menginspirasi ya mass... Saluuut bangeet sama semua program donatur dan tentunya relawan super tangguh yang sudah rela berbagi kebaikan. . :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak.
      nggak cuma di kota, bahkan mereka berani "mblusuk-mblusuk" kampung buat berbagi kebahagiaan sama orang yg membutuhkan :)

      Hapus
  9. Sangat Menginspirasi Positif semoga bisa menular dan memberikan kemanfaatan bagi suluruh umat, Amin

    BalasHapus
  10. Subhanallah, Wisnu and team kereeeen banget, suka sama kegiatannya inspiratif, puasa-puasa masih bergerak

    BalasHapus
    Balasan
    1. saya berbagi buka puasanya nya baru sama temen aja kok mbak hehe, kalau Sekolah Relawan kan sudah melanglang buana :)

      Hapus
  11. 2 diantaranya daerah bogor yak, jadi keinget pas kuliah di bogor hawa hawa ramadhan semarak banget nu, banyak acara cucurakan gitu
    Program kampung dungdung meski sederhana tapi begitu bermakna pastinya, seenggaknya merangkul warga supaya membaur satu sama lain ya, berhoyong royong nyiapin takjil, jemaaahan, dsb.
    Yup sedekah emang bisa banget buka pintu rizki, bahkan surpraisenya rizki yang ga kita duga duga sebelumnya yang nilainya jauh lebih besar ketimbang apa yang sudah kita keluarkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. cucurakan tu kaya gimana mbak?

      iya mbak, asyiknya bisa kerja bareng buat nyiapain menu berbuka. jadi kerasa kehangatan dan kekompakannya.

      Hapus
  12. Intinya berbagi menu puasa itu bagus tp tergantung bagaimana niat kita apa hanya untuk ria atau pamer dll, malah bukan pahala yang didapat.. Berbagi menu buka puasa harus dibarengi dengan hati yang tulus,,, ehmm

    BalasHapus
    Balasan
    1. itu wajib bin harus mas, jangan sampai niat berbagi kita malah keliru sehingga bisa merusak pahala yg kita dapatkan.

      Hapus
  13. Selamat Gan juara Tigaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. selamat juga bang leon, juara 2 :D

      Hapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers