1000 Ecalyptus untuk Bukit Mongkrang

Senin, Mei 22, 2017

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

1000 Ecalyptus PT Indaco Warna Dunia
Jadi beberapa hari lalu, saya mengikuti kegiatan CSR ( Corporate Social Responsibility ) dari PT. Indaco Warna Dunia untuk melakukan penghijauan di Bukit Mongkrang . Bukit ini terletak di barisan perbukitan Gunung Lawu sebelah selatan, tepatnya dekat dengan pos pendakian Cemoro Kandang yang ada di Desa Gondosuli - Kecamatan Tawangmangu - Kabupaten Karanganyar.

Oiya, udah pada tau dengan PT. Indaco kan? Itu lho perusahaan terkenal yang memproduksi cat dengan bahan dasar air dan pelarut organik, so produk cat yang dihasilkan dijamin ramah lingkungan dan aman digunakan. Nah, produk dari PT. Indaco yang cukup populer di masyarakat Indonesia yaitu cat dengan merk Envi dan Belazio. Untuk lebih jelasnya, silakan bisa di googling – googling sendiri nggih? Hehe
1000 Ecalyptus PT Indaco Warna Dunia
Ranting pohon sisa-sisa kebakaran
Kembali ke acara penghijauan, PT. Indaco Warna Dunia yang bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Karanganyar dan Solidaritas Motor Tawangmangu ini, berupaya mengajak mesyarakat yang tinggal di sekitar Gunung Lawu untuk lebih peduli dengan keadaan Bukit Mongkrang yang cukup “gundul” karena jarang sekali ditumbuhi pepohonan. Selain itu, dengan adanya program reboisasi diharapkan mampu menjadikan Bukit Mongkrang sebagai salah satu sumber penghasil air bersih dan penyedia oksigen bagi masyarakat Tawangmangu dan sekitarnya.

1000 Ecalyptus, Hijau sampai ke Hati. Begitulah bunyi tema yang digaungkan oleh pihak panitia untuk program reboisasi di Bukit Mongkrang. * Hijaunya pohon aja sampai ke hati, apalagi sayangku ke kamu? Iya kamu. Uhuk.* Tema ini menjadi bukti komitmen PT. Indaco untuk terus peduli terhadap lingkungan dan masyarakat, khususnya di Kabupaten Karanganyar.

***
Ngomong – ngomong, apa itu Ecalyptus? Menurut hasil pencarian di Google, Ecalyptus atau Eucalyptus merupakan jenis pohon dengan tingkat pertumbuhan yang sangat cepat. Di tahun pertama saja, pohon ini mampu tumbuh setinggi 3 meter. WOW! Ciri fisik lain yang mudah kita kenali adalah bentuk daunnya yang oval serta mengeluarkan aroma minyak kayu putih ketika kita lukai / diremas.

Ecalyptus yang dikenal mampu menyerap banyak air dari tanah melalui proses transpirasi ini, ditanam di banyak tempat untuk mengurangi water table dan mengurangi salinasi tanah atau proses peningkatan kadar garam dalam tanah (Wikipedia.org). Manfaat lain dari pohon Ecalyptus adalah kayu yang dihasilkan bisa digunakan sebagai bahan bangunan (pintu, kusen, dll), kayu bakar serta bahan hiasan. Sedangkan minyak dari daun Ecalyptus dapat digunakan sebagai bahan utama pembuatan minyak kayu putih, pembersih serta pewangi.
***

Baca Juga : Blusukan ke Gunung Kepuh - Karanganyar

1000 Ecalyptus PT Indaco Warna Dunia
Beberapa relawan yang hadir di acara 1000 Ecalyptus, Hijau sampai ke Hati
1000 Ecalyptus PT Indaco Warna Dunia
Opening Ceremony
Acara yang diikuti oleh ratusan relawan dari berbagai kalangan ini dimulai dengan pembukaan dan koordinasi pada pukul 09.00 pagi. Kondisi cuaca yang cukup panas tak menghalangi semangat para relawan berhati mulia ( tidak termasuk saya, karena saya berhati baja *halah* ) untuk menyelematkan Bukit Mongkrang dari kegundulan. Satu per satu lubang yang telah dibuat panitia mulai terisi dengan bibit Ecalyptus yang dibawa oleh tangan – tangan relawan baik muda, tua, laki – laki maupun perempuan. Mereka saling membaur dan bekerjasama untuk menanam, mengubur serta memupuk bibit yang ada. Kurang lebih pukul 12.00 siang reboisasi selesai dan ditutup dengan acara makan siang bersama.

Baca Juga : Mlipir-Mlipir ke Gunung Gamping
1000 Ecalyptus PT Indaco Warna Dunia

Semoga dengan adanya program CSR yang diselenggarakan PT. Indaco Warna Dunia, bisa mengubah Bukit Mongkrang yang gundul menjadi bukit hijau penuh pohon dan mampu menghasilkan air bersih, oksigen serta menambah keanekaragaman flora dan fauna di kawasan perbukitan Lawu selatan. Aamiin.

Salam Lestari !

You Might Also Like

45 komentar

  1. Semoga alam Indonesia semakin hijau dengan banyak kegiatan seperti ini :)

    BalasHapus
  2. Sebenarnya masih hijau tapi gundul ya, syukur gak sampai longsor, alhamdulillah ada CSR yg membantu melestarikannya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ada pohon tapi cuma beberapa dan itupun banyak yang tinggal batang-batangnya saja karena pernah kebakaran

      Hapus
  3. Mantap! CSRnya positif nih. Moga kedepannya bisa terus kontinue biar alam makin hijau dan ga gundul

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin :) biar di contoh sama perusahaan lain juga nih hehe

      Hapus
  4. Ini baru keren acaranya, semoga lanjut ke tempat2 lain.. Biar makin hijau dan rimbun bumi kita ini... Bravooo btw CSR perusahaan lain ayo dong bikin kek gini juga

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga bisa lanjut ke daerah lain yang butuh di reboisasi & semoga bisa dicontoh sama perusahaan lain juga

      Hapus
  5. Semoga semakin hijau bukitnya mas :)

    BalasHapus
  6. Aamiin ya Allah. Semoga bukitnya menghijau dan dirawat dengan baik.
    Seru ya Mas bisa ikutan gitu, ada syarat ga? Misal ada benefitnya juga nggak hahahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga :)
      nggak ada mbak, itu open invitation. jadi kalau mau dateng ya tinggal dateng aja :)

      Hapus
  7. pas baca judulnya gue sempet mikir apa itu ecalyptus, kayak pernah denger tapi lupa, taunya beneran minyak kayu putih. Gooooks.

    1000 pohon ecalyptus, ntar kalo pohonnya udah gede, yang masuk angin disuruh ke hutan situ aja, lebih hemat (?)

    BalasHapus
    Balasan
    1. buat anak kok coba-coba? *apasiiih

      yah, bisa-bisa idenya lah bang haha

      Hapus
  8. wuih gerakan menanam pohon bagus banget tuh :D

    BalasHapus
  9. Semoga menginspirasi masyarakat ya mas :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, masyarakat dan perusahaan lain biar ngadain CSR yang sejenis hehe

      Hapus
  10. Alhmdulillah CSR-nya sekaligus kampanye peduli lingkungan juga ya

    BalasHapus
  11. Iya betul! Eucalyptus itu pohon cepat tumbuh, itungannya softwood dan jadi makanannya Koala. *insting anak kehutanannya keluar. Huheheeh. Semoga bermanfaat pohonnya dan dijaga sampe gedee! \:D/

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih atas info tambahannya wahai suhu kehutanan *sembah sungkem*
      baru tau kalau bisa buat makanan koala bang, eh tapi itu yang bener nulisnya eucalyptus apa ecalyptus sih?

      aamiin :)

      Hapus
    2. Iya emang koala makanannya itu terus kerjanya tidur doang. (lah malah bahas koalanya) muahaha. \:p/

      Yang bener eucalyptus deh.

      Hapus
    3. ehmmm, baiklah. sepertinya enak sekali ya kehidupan sang panda *apalagi ini woy :D

      oalah, kirain ecalyptus. dari panitianya kemarin nulisnya gitu sih. hehe

      Hapus
  12. Wow, asik banget acaranya. Nambah temen dan semangat pastinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, ketemu sama relawan-relawan di daerah tawangmangu dan sekitarnya yang pasti :) nambah link

      Hapus
  13. wah acaranya yg keren mas... semoga manfaat mas pohon"nya... hehe ternyata daerah karanganyar ada mongkrang begini yah mantap....

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin
      ada mas, bukitnya fotoable banget ini, kalau main ke karanganyar bisa mampir lah ke mongkrang hehe

      Hapus
  14. Semoga dengan adanya program tersebut kelestarian alam terjamin dengan baik.

    BalasHapus
  15. Kegiatan yang sangat positif. Btw, tu padang hijau kirip padanh Fulan Fehan yah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. haduh!
      baru tau kalau ada padang fulan felan, barusan googling dan ternyata cantik banget bang. hijau

      Hapus
  16. Banyak kali typo nya 😂😂😂

    BalasHapus
  17. biasanya penanaman kayak gini kita boleh kasih nama di pohonnya ya.


    www.deddyhuang.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. yang macam itu kemarin kayaknya yg buat petinggi-petinggi aja koh, kalau yang relawan biasa ngga dapet model "tanam & kasih nama" hehe

      Hapus
  18. Habis baca, kemudian pengin jadi relawan-relawan gini. Bisa jadi orang bermanfaat. :')

    Caileh yang bukan berhati mulia, tapi berhati baja. Jadi inget 5 cm, "Lapisan tekad yang seribu kali lebih kuat dari baja." Hahaha. XD

    Aamiin. Semoga bukitnya semakin hijau dan nggak gundul lagi. o:)

    BalasHapus
    Balasan
    1. join lah, di jakarta pasti komunitas relawan macam ini jauh lebih banyak kan bang?

      wkakaka, lebay bener ini kata-kata gue? apaan hati baja yak? kesandung batu kecil aja nangis, lemah aslinya mah :D

      aamiin

      Hapus
  19. Asik banget pemandangannya nih Mas. Jadi kangen ketinggian dan alam..he
    Semoga kita bisa lebih menjaga alam ini, dan semoga semakin hijau alamnya. Biar makin adem kalau berpergian ke alam.

    Pengen ikutan mas nanam pohon :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, semoga bukitnya makin hijau dan sejuk :)

      Hapus
  20. Mestinya emang CSR bisa begitu. Semoga Indonesia makin sejuk dan mengurasi polusi sana-sini. Sukses

    BalasHapus
  21. Itu di foto ke berapa gitu. Bagus deh. Rerumputan gitu. Kayak sabana ya. Mungkin akan jadi deatinasi berikutnya juga itu bukit mongkrang..

    BalasHapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers