Mlipir – Mlipir ke Gunung Gamping

Sabtu, Januari 14, 2017

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Mlipir artinya pa’an bang? // Itu lho judul lagu Betawi yang sering ada di tipi-tipi, masa kagak tau lu? Mlipir-mlipir ini lagunya….Lagu lama ya tuan dari Jakarta…// Ya Allah, lawakan tahun berapa iniiiiii -____-*males ah*
***
Langsung to the point aja yes? Ngga usah mbahas mlipir itu apa hehe. So, buat sodara-sodara sekitar Solo yang butuh sedikit referensi tempat piknik asik bin murah bisa lah luangkan waktu buat baca post-post'an ini. Yaaa, paling lama cuma 6 menit kok. Fix 6 menit *misal lebih dari 6 menit timpukin saya*


 ***
Gunung Gamping terletak di daerah Tawangmangu - Kabupaten Karanganyar. Jika kita ingin mlipir ke Gunung Gamping, silakan menuju Desa Bandar Dawung yang berada di jalan Solo – Tawangmangu via Matesih. Gunung terjal berbatu gamping ini akan tampak jelas dari pinggir jalan. Oiya, jangan mikir kalau Gunung Gamping adalah gunung yang mempunyai ketinggian lebih dari 2000 mdpl ya hehehe, karena gunung ini sebenarnya lebih tepat di juluki sebagai bukit. Kenapa? Karena kita hanya butuh waktu sekitar 5 – 10 menit untuk mencapai puncaknya, singkat banget kan. Ngga bikin cape lah, tapi scenary-nya *cieile sok inggris lu bang, gaya* ajib banget. Suweeer!

Akses menuju Gunung Gamping juga sangat mudah. Jalan sudah halus mulus bersetapak dengan pemandangan sekitar berupa sawah, ladang serta rumah penduduk khas dataran tinggi. Tapi sodara harus berhati – hati ketika berpapasan dengan kendaraan beroda 4, karena memang jalan tidak terlalu lebar. Intinya saling pengertian aja sesama pengguna jalan, biar sama-sama enak plus selamat. Salah satu patokan mudah menuju Gunung Gamping adalah SD N 01 Sepanjang. Jika sudah menjumpai SD N 01 Sepanjang, silakan cari gapura disebelah barat SD yang berjarak ±10 meter. Masuk & ikuti jalan bergapura tersebut, maka sampailah agan dan aganwati di area parkir Gunung Gamping. Jika bingung dengan “belok kanan, belok kiri, atau lurus”, jangan sungkan untuk bertanya dengan warga sekitar. Ramah – ramah kok :)
Gapura menuju Gunung Gamping | Sumber : Google Street View

Tiket masuknya berapa bang? Katanya murah meriah?

Gretoooong gan! G.R.A.T.I.S. Pas bang Wisnu mlipir kesana bareng temen-temen, kita serombongan cuma membayar parkir motor, yang masing-masing motor ditarif dua ribu rupiah koma nol. Motor udah di parkir rapi, tinggal cus jalan ke puncak Gunung Gamping sambil nyanyi naik-naik ke puncak gunung. Jalur ke puncak gunung ini juga sudah dibuat undak-undakan setapak oleh warga sekitar. Mau naik sambil lari-lari juga bisa ini mah hehehe. Tips dari saya, jangan lupa bawa air minum. Walaupun jalur naik udah mudah dan cuma butuh waktu 5-10 menit, tapi lumayan bikin dahaga menjumpai jiwa raga lho pemirsa *halah*.
Jalan udak-undakan bersetapak 
Sepanjang jalan naik sebenernya ada 2 buah gubuk kecil yang sepertinya dijadikan warung penyedia logistik bagi pengunjung, tapi pas kita datang kesana belum buka (atau emang udah ngga berfungsi ya?).
 
Pasukan 'Jalur Kiri'
Setelah jalan undakan bersetapak habis, kita akan menjumpai 2 jalur menuju puncak Gunung Gamping, ke kanan langsung menuju puncak dengan jalan yang katanya lumayan terjal, kemudian jalur sebelah kiri yang gampang dan cukup landai. Berhubung kita ngga mau mencari kesulitan di atas kemudahan yang telah Allah berikan, finally we choose the left way *lah udah ketebak, nyari yang enak* wkwkwk. Jalan pelan, pelaaaan, pelaaaaaan dan taraaaaaa…..keliatan dah tu pemandangan khas daerah Tawangmangu dari atas bukit. Gagahnya Gunung Lawu juga bisa kita lihat dari sini lho, sayangnya pas kita datang puncak Lawu ketutup sama kabut.
Gunung Lawu tertutup kabut T_T
Gamping di bukit ini juga masih ditambang oleh warga sekitar
The Power of Tripod
Sodara-sodara yang mau lihat video dokumentasi ke Gunung Gamping bisa dilihat dimari

Udah 6 menit ? // Lebih kayaknya bang….

Yaudah sekian cerita tentang mlipir-mlipir ke Gunung Gamping. Mau foto-foto monggo, mau kayang - roll depan – salto juga boleh asal jangan lupa bawa sampahmu turun ke bawah. Biar Gunung Gamping tetep bersih dan tetep kece buat dikunjungi. Oke? Sip!

Foto : Dokumentasi Bersama

You Might Also Like

10 komentar

  1. Hmmm, perasaan dulu pas aku lewat dari Tawangmangu arah ke Magetan sepertinya juga lewat bukit dekat jalan baru yang besar itu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. jalan baru mana? yg tembusnya di daerah tlogo dringo / cemoro kandang? ini di daerah matesih lho mas

      Hapus
  2. weh, matesih bukan seputaran sana toh?

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalo dari solo, matesih sebelum jalan tembusan yang baru itu bang

      Hapus
  3. Cepet banget kalo sekitaran 10 menit ke puncaknya... O_o Ini di atas dapet udara dingin-dingin khas gunung gitu nggak, ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. makanya lebih tepat disebut bukit ini hehehe. lumayan dingin kok, masalahnya Tawangmangu sendiri ada di lereng Gunung Lawu

      Hapus
  4. Hanjiiiir, gunung gamping kok keren. Itu batuan gamping yang diduduki itu fotoable banget ~

    BalasHapus
    Balasan
    1. main-mainlah ke solo bang...biar bisa foto di batuan gamping yg katanya fotoable banget itu ^^

      Hapus
  5. penyuka gunung juga tho, asik ya buat trekking kalau sedang tidak menggunung banget

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan mbak, tapi emang belum seprofesional "penyuka gunung" lain (read : pendaki gunung ^^), masih amatiran

      iya, enaknya buat trekking. lumayan lah biar ngga stres-stres banget kalo weekend

      Hapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers