Visit Tidore Island – 7 Hal yang Ingin Saya Lakukan ketika Berkunjung ke Tidore

Senin, Maret 13, 2017

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Visit Tidore Island
 
Masih punya uang kertas pecahan seribu rupiah edisi lama? Tentunya nggak asing kan dengan gambar diatas? Gambar keindahan alam Indonesia berupa 2 buah pulau dengan kolaborasi gagahnya gunung serta birunya lautan. Jika kita membaca keterangan diatas gambar uang seribuan, disana tertulis “Pulau Maitara dan Tidore”. Dua buah pulau cantik nan eksotik yang terletak di Provinsi Maluku Utara, lebih tepatnya di Kota Tidore Kepulauan.

Kota Tidore adalah salah satu kota penghasil rempah – rempah terbaik dunia. Sejarah mencatat bahwa bangsa Spanyol, Portugis dan Belanda sempat memperebutkan Tidore karena kualitas pala dan cengkehnya. Selain kualitasnya yang bagus, mereka berlomba-lomba mengeksplorasi komoditi berharga itu untuk dibawa ke negara masing – masing karena banyaknya manfaat yang terkandung. Sebut saja sebagai penyedap makanan dan bahan dasar obat.
 
Visit Tidore Island
Indahnya Kota Tidore dari Atas Bukit
Kekayaan Tidore tak cukup sampai disitu. Uniknya tradisi dan budaya yang masih dipertahankan hingga saat ini, menjadi bukti tambahan bahwa Tidore patut dijadikan sebagai destinasi wisata yang wajib dikunjungi di Indonesia. Bentang alam yang eksotik, kaya akan rempah, memiliki peninggalan sejarah serta masih memelihara budaya khas daerah. Aaaah....lengkap rasanya kekayaan yang dimiliki Kota Tidore. Tak heran jika pemerintah daerah Tidore kini semakin giat mengampanyekan tagline Visit Tidore Island kepada masyarakat agar mereka “tergoda” untuk berkunjung ke kota penghasil rempah ini.

Mudahnya Berkunjung ke Tidore
Ingin berkunjung dan menikmati mahakarya Tuhan di bumi Tidore? Jangan bingung teman, karena pilihan transportasi darat, laut dan udara sudah komplit tersedia dan memudahkan kita untuk berkunjung menuju Kota Tidore. Untuk wisatawan yang berasal dari luar Pulau Tidore, salah satu pilihan transportasi yang mudah dan cepat adalah menggunakan pesawat terbang.

Karena di Pulau Tidore tidak ada bandara, silakan pilih rute penerbangan menuju Bandara Sultan Babullah di Kota Ternate. Kemudian, lanjutkan perjalanan menuju Pelabuhan Bastiong di Ternate, untuk menyeberang ke Pelabuhan Rum di Pulau Tidore. Terdapat dua alternatif transportasi penyeberangan, yaitu kapal feri dan speed boat. Jika punya uang saku lebih, kita bisa menyewa speed boat dengan sistem carter. Harga sewa yang ditawarkan sekitar Rp 50.000 - Rp 70.000. Penyeberangan dari Ternate ke Tidore akan memakan waktu ±15 - 30 menit.
 
Visit Tidore Island
Becak Motor khas Tidore
Dari Pelabuhan Rum, untuk menuju ke pusat kota yang terletak di Kota Soasio, kita bisa menggunakan bentor (becak motor), mobil sewaan atau angkutan umum dengan waktu tempuh ±30 menit.

***

Banyaknya “suguhan” yang ditawarkan serta kemudahan akses menuju Tidore, seolah memanggil siapapun untuk segera berkunjung dan merasakan indahnya belahan bumi di Maluku Utara ini.

Pun dengan saya. Membaca artikel dan melihat foto – foto tentang Tidore di internet, membuat hati ini berbisik “Ayo ke Tidore. Main-mainlah kesana, sisi Timur Indonesia tak kalah cantik untuk dikunjungi lho”. Sabar. Tunggu uang di tabungan terkumpul dulu, baru rencanakan perjalanan dan siap merasakan hal-hal khas Tidore seperti yang ingin saya lakukan berikut ini:

1. Berkunjung ke Gurabunga, Negeri diatas Awan khas Tidore

Visit Tidore Island

Gurabunga adalah nama salah satu desa yang terletak di lereng Gunung Kie Matubu - Tidore. Gurabunga sendiri memiliki arti “Taman Bunga”, karena memang desa ini terkenal dengan banyaknya bunga warna – warni yang tumbuh disekitar rumah warga. Letaknya yang berada di ketinggian 800 meter diatas permukaan laut menyebabkan Desa Gurabunga berhawa sejuk dan selalu di selimuti kabut. Tak heran jika warga Tidore dan wisatawan melabeli Gurabunga sebagai “Negeri diatas Awan”.

Selain terkenal dengan keindahan desa serta kesejukan udaranya, dari ketinggian Desa Gurabunga kita bisa menikmati birunya air laut di kawasan Tidore, indahnya Pulau Halmahera dan tentu saja bisa menyaksikan gagahnya puncak Gunung Kie Matubu dengan lebih jelas.

Hal unik lain yang dimiliki Desa Gurabunga yaitu adanya Folajikosarabi, rumah adat Tidore yang berdinding bambu, berlantaikan tanah dan tidak teraliri listrik. Rumah adat yang dihuni oleh para sowohi ini terdiri dari 5 ruangan yang melambangkan waktu sholat serta memiliki 2 ikatan disetiap bambu yang mewakili kalimat syahadat dalam Islam.

2. Mengintip Dunia Bawah Laut Pulau Failonga

Visit Tidore Island
Tidore yang terkenal dengan wilayah perairannya menyimpan beragam pesona dunia bawah laut yang patut kita rasakan sensasinya. Salah satu spot terbaik untuk menikmati pesona bawah laut Tidore yaitu di Pulau Failonga. Pulau yang didominasi batuan karang dan berpasir putih ini menjadi incaran para wisatawan untuk bersnorkeling karena wilayahnya yang masih perawan. Jernihnya air laut juga menjadi alasan utama mengapa di sekitar Pulau Failonga kaya akan biota laut, seperti berbagai jenis ikan dan terumbu karang. Tak sabar rasanya ingin berenang dengan ikan-ikan cantik dan berselfie ria dengan indahnya terumbu karang di laut Tidore. Hehehe

3. Berendam di Sumber Air Panas Pantai Akesahu

Visit Tidore Island
Kiri : Sumber Air Panas - Kanan : Pantai Akesahu
Ingin mencari kehangatan di Tidore? Datang saja ke Pantai Akesahu, pantai unik dengan sumber air panas alami. Pantai Akesahu terletak disekitar Pelabuhan Rum dan bisa kita tempuh hanya dengan waktu 30 menit perjalanan menggunakan kendaraan. 

Setelah sampai di Pantai Akesahu, silakan berendam di sumber air panas sembari menikmati indahnya pemandangan pantai. Puas berendam, kita bisa bermain dengan air dan pasir pantai. Pihak pengelola Pantai Akesahu juga telah membangun gazebo-gazebo kecil yang bisa kita gunakan untuk beristirahat melepas lelah di tepi pantai.

4. Berkunjung ke Benteng Peninggalan Portugis

Visit Tidore Island
Pemandangan dari Benteng Tore
Tidore punya benteng? Wiiih keren… // Baru tahu? Saya juga hehehe

Tidore memiliki dua buah benteng hasil peninggalan bangsa Portugis, yaitu Benteng Tore dan Benteng Tahula. Kedua benteng ini berada di pusat kota, tepatnya di Kota Soasio – Tidore. Letak benteng yang berada di ketinggian, mengharuskan kita untuk menyiapkan sedikit tenaga ekstra agar mampu menaiki ratusan anak tangga menuju benteng. Namun tak usah khawatir, lelahnya usaha kita saat menaiki ratusan anak tangga akan terbayar dengan indahnya pemandangan yang disuguhkan dari Benteng Tore dan Benteng Tahula.

5. Melihat Atraksi Bambu Gila

Sumber : YouTube fairuzoya
Bambu gila adalah pertunjukan asli daerah Maluku. Menurut sejarah, atraksi bambu gila sudah ada sejak dulu saat masyarakat Maluku masih menganut animisme dan dinamisme dalam kehidupan spiritual mereka. Selain bertujuan sebagai hiburan, konon atraksi yang menggunakan roh leluhur ini dahulu juga digunakan untuk membantu meringankan pekerjaan masyarakat, seperti memindahkan kapal dan melawan musuh saat perang.

Seiring masuknya agama Islam dan Kristen di wilayah Maluku, bambu gila kini hanya difungsikan sebagai atraksi seni yang ditampilkan di acara-acara tertentu seperti saat festival di hari jadi Kota Tidore.

6. Sholat di Masjid Sultan Tidore

Visit Tidore Island
Masjid Sultan Tidore menjadi saksi sejarah terjadinya penyebaran agama Islam di kawasan timur Indonesia. Masjid yang sudah berusia lebih dari 3 abad ini mewakili masa kejayaan Kesultanan Tidore di masa lampau. Ukuran Masjid Sultan Tidore tidak terlalu besar layaknya masjid-masjid dari masa kerajaan lainnya, yaitu hanya 21 x 21 meter. 

Masjid yang juga di kenal dengan nama Masjid Kolano ini memiliki beberapa ruangan, diantaranya Stanyer sebagai tempat bedug, kemudian Gandaria sebagai serambi masjid, lalu ruang utama yaitu ruang yang digunakan sebagai tempat sholat para jamaah masjid. Keunikan lain yang dimiliki Masjid Sultan Tidore yaitu adanya tempat khusus yang digunakan sebagai tempat sholat bagi sultan Tidore yang terletak di sebelah tempat khatib saat berkhutbah.

7. Merasakan Kenyalnya Popeda

Visit Tidore Island
Puas berkeliling menikmati alam, budaya dan sejarah, kurang lengkap rasanya jika belum mencicipi kuliner khas Kota Tidore. Popeda adalah salah satu masakan yang patut dicoba ketika berkunjung ke Tidore. Penganan bertekstur kenyal ini terbuat dari sagu yang dicampur dengan sedikit air panas. Secara fisik, tampilan popeda memang seperti lem, namun tidak lengket. Popeda sangat cocok disajikan dengan pisang rebus  dan soru, kuah kuning yang terbuat dari campuran rempah dan ikan laut khas pesisir Kota Tidore.

***

Nah, itu tadi 7 hal yang ingin saya lakukan ketika datang ke pulau penghasil rempah, Tidore. Bagaimana, “tergoda” juga untuk berkunjung ke Tidore setelah membaca artikel ini? Kalau saya sih, iyes hehehe…. Bagi temen-temen yang pengen menikmati indahnya Tidore seperti saya, bisa banget lho. Gratis lagi. 

Hah, gratis? // Iya, gratis tis tis… // Caranya?

Cukup ikuti lomba menulis blog dengan tema Tidore untuk Indonesia yang diselenggarakan oleh Ngofa Tidore bekerjasama dengan Dinas Pariwisata Tidore, dalam rangka merayakan hari jadi Tidore yang ke-909. Upload tulisan terbaikmu paling lambat tanggal 18 Maret 2017. Info lebih lengkap, silakan klik gambar di bawah ini. Terimakasiiii dan selamat menulis. Semoga bisa terbang ke Tidore dan menikmati mahakarya Tuhan di bumi Maluku Utara bersama-sama :)

http://www.travelerien.com/2017/02/lomba-menulis-blog-tidore-untuk-indonesia.html

You Might Also Like

33 komentar

  1. becak motornya keren banget yee.
    kalau ada di tanggerang bisa ditabrak tuh sama angkot *eheh

    good luck yee mas :) semoga bisa ketidorenya

    BalasHapus
    Balasan
    1. tangerang udah ngga ada becak ya bang?
      aamiin, semoga cita-cita pergi keluar jawa terealisasi

      Hapus
  2. Saking kadang ga engehan, ternyata lembar duit pecahan seribuan adalah landscapenya sisi timur Indonesia ya Nu. Aku terus terang klo Tidore ini keingetannya malah ama pulau yang satu lagi ternate #berasa ngulang pelajaran sejarah.
    Penasaran kayak gimana ranka rumah Folajikosarabi yang berlantai tanah dan ga teraliri salah satu contoh arus modernisasi seperti listrik itu nu

    Yang bambu gila juga keren tuh ada sisi magisnya
    Aku inget banget dulu di buku pelajaran bahasa indonesia SD ada ilustrasinya

    BalasHapus
    Balasan
    1. haha iya mbak, biasanya paketan itu nyebutnya "pulau ternate dan pulau tidore"
      coba besok kalo saya bisa ke tidore tak share lah info ttg folajikosarabi-nya *susah ye namanya XD

      kemaren juga sebener e mau mbahas bambu gila dari buku paket SD itu, tapi agak lupa ceritanya...yowes nggak sido wkwk

      Hapus
  3. Waow keren banget pemandanganya, kulinernya pasti enak enak dan khas banget rasanya

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, view pegunungan dan bawah laut tidore sangat W.O.W :)

      Hapus
  4. Kalau bisa berkesempatan ke sana kelak, 7 hal ini akan bertambah hahaha. Bahkan tak cukup berlembar-lembar halaman untuk menuliskan wishlistnya hehe. Good luck ya Kak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. wehehe aamiin, semoga bisa berkunjung ke tidore :)
      sama-sama mas, good luck juga...selamat berkompetisi

      Hapus
  5. Ajak2 kalo mau kesana. Mana tau jdwalnya cocok.

    BalasHapus
    Balasan
    1. sap mbak....emang udah pulang ke indonesia?

      Hapus
    2. Gampang itu mah.. Disesuaikan aja.. Ntar minta cuti aja.. hihi

      Hapus
  6. mantaf nih...keren banget mas tempatnyaa..jadi penegnn kesanaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. semoga bisa terbang ke tidore mas. aamiin

      *cita-cita buat jalan-jalan keluar pulau jawa hehe*

      Hapus
  7. Jadi pengen kesana deh kak. Tempat wisata dan kulinernya boleh juga tuh kak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini, semoga bisa pergi ke tidore buat nyobain tempat wisata & kuliner khas sana

      Hapus
  8. Banyak sekali sisi yg bisa diulik dari Tidore ini, semoga menang ya. Bagus-bagus tulisan peserta lomba

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, agak susah ini yg ikut masta-masta semua ^^

      Hapus
  9. yang makanan popeda tuh mirip banget sama makanan khas kota palopo, kalau disini namanya kapurung. Kalau saya ke tidore, saya pengen ke pemandian air panasnya aja

    BalasHapus
    Balasan
    1. dari sagu juga bang bahan utamanya?
      ke pemandian air panas wajib itu, jarang-jarang di Indonesia ada sumber air panas deket pantai :)

      Hapus
  10. Saya memang percaya kalau Tidore cantik
    Indonesia memang luar biasalah kalau cuma soal alam
    tinggal gimana merawatnya aja yang kadang kita lupa

    good luck ya, semoga menang dan bisa ke Tidore

    BalasHapus
    Balasan
    1. Setuju mas. kalau masalah kecantikan alam, indonesia juaranya

      aamiin, terimakasih atas doanya :)

      Hapus
  11. Papeda kuliner khas tidore ya? Baru tahu sih?
    penasaran seperti lem tapi tidak lengket, mungkin jenis sagunya beda atau bisa jadi cara mengolahnya ada trik tertentu ya hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. di beberapa daerah timur indonesia setau saya juga ada mbak, tapi untuk masalah khas mana tepatnya saya kurang tau :)
      bisa jadi, mungkin ada resep - resep khusus untuk mengolah sagu agar tidak lengket dan nikmat

      Hapus
  12. Becak motornya kayak mobil kalau dilihat dari jauh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. becaknya bisa ngedrift ala-ala fast farious itu bang XD

      Hapus
  13. Semoga someday bisa ke Tidore yah, indah banget soalnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin mbak, lomba kemaren belum rejeki ^^

      Hapus
  14. papeda itu kayak aci gitu ya? wqwqwq
    se,oga ,enang ya lomba blognya. biar nanti bisa diceritain lagi di blog tentang liburannya.

    yosh!

    BalasHapus
    Balasan
    1. mungkin aci versi "jemek" put hehehe

      yah, sayang sekali belum rejeki lomba kemaren :(

      Hapus
    2. Owh udah pengumuman ya?
      Duh maaf aku kurang update.

      Tetep semangat buat ikut lomba blog berikutnya.
      Yosh!

      Hapus
    3. udah :(
      kudu rajin-rajin nyari lomba blog lagi ini, mangaaaat terus!! :D

      Hapus
  15. fotonya bagus bagus banget ya, bisa bahasa english bagus ni dipromosiin ke turis manca

    BalasHapus
  16. Indonesia Timur emang keren-keren ..
    banyak yg belum ter explore, Semoga kapan-kapan bisa kesana juga :D

    BalasHapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers