Asyiknya Berwisata Halal, Tak Sekedar Liburan untuk Bersenang-Senang

Minggu, Mei 07, 2017

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Cheria Halal Holiday

2017 seolah menjadi tahun yang berjalan cukup cepat. Bayangkan saja, sepertinya baru beberapa minggu lalu kita bersama – sama mengawali hari di tahun 2017, kini lembaran kalender yang tertempel di dinding rumah sudah menunjukkan bulan kelima di tahun ini. Ya, bulan Mei. Bulan yang terdiri dari 31 hari ini bakal menjadi bulan istimewa bagi umat Islam, karena di akhir bulan inilah seluruh muslim di dunia akan mulai memasuki bulan Ramadhan.

Atmosfer bulan ramadhan pun akan bisa segera kita rasakan dalam hitungan beberapa hari kedepan. Jalan – jalan akan mulai dipenuhi dengan baliho “Marhaban Ya Ramadhan”, televisi siap menayangkan iklan berbagai merk sirup, dan yang pasti akan ada ribuan langkah kaki kecil dari anak – anak yang digandeng orang tua mereka untuk menuju masjid, demi mengantri tanda tangan buku catatan kegiatan ramadhan dari pak kyai setelah selesai berjamaah sholat tarawih.

Puncak dari bulan ramadhan pun akan semakin terlihat saat mendekati Hari Raya Lebaran tiba. Seperti sibuknya para perantau yang berlomba – lomba mendapatkan tiket transportasi masa, agar bisa segera pulang ke kampung halaman dan bersua dengan keluarga. Momen berkumpul dengan keluarga saat ramadhan inilah yang akan menjadi momen istimewa dan banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia untuk melakukan aktivitas bersama keluarga, salah satunya yaitu liburan atau berwisata.

Pentingnya Berwisata Halal
Berwisata dengan anggota keluarga memang menjadi alternatif tepat untuk menikmati sisa waktu saat liburan lebaran, sebelum kembali bekerja dan dipenuhi dengan padatnya rutinitas kantor. Banyaknya pilihan tempat wisata yang bisa dikunjungi serta mudahnya akses informasi melalui internet, juga semakin mempermudah kita untuk pergi berlibur dan menikmati destinasi wisata sesuai keinginan anggota keluarga.

Sebagai seorang muslim, tentunya kita menginginkan destinasi wisata yang tidak hanya menawarkan keindahan serta mewahnya fasilitasnya saja, tetapi juga mampu memberikan pengalaman liburan yang berkesan sesuai kebutuhan umat Islam, seperti tersedianya tempat ibadah yang layak, adanya penunjuk waktu sholat, kiblat dan kitab suci di penginapan, terhindar dari kegiatan yang berbau maksiat, serta terbebas dari makanan dan minuman beralkohol.

Kebutuhan berwisata seperti diatas sebenarnya sangat mudah didapatkan ketika kita mengunjungi destinasi wisata yang mengusung konsep Halal Tourism atau Wisata Halal. Secara umum, wisata halal sebenarnya tidak jauh berbeda dengan konsep wisata pada umumnya, hanya saja wisata halal lebih memfokuskan kepada kegiatan wisata yang dikhususkan untuk memfasilitasi kebutuhan berwisata umat Islam.

World Halal Tourism Summit 2015

Tren wisata halal sendiri mulai booming di tahun 2015 ketika ada sebuah event World Halal Tourism Summit (WHTS) yang diselenggarakan di Abu Dhabi, Uni Emirat Arab. Dalam event tersebut, WHTS berusaha menggugah dunia bahwa wisata halal akan menjadi primadona baru di bidang kepariwisataan karena mengusung konsep yang jelas serta memiliki pangsa pasar yang luas. Tak hanya umat muslim saja, karena wisata halal juga bisa masuk ke pasar masyarakat non muslim yang mulai peduli akan kehalalan suatu destinasi wisata. Menghindari makanan & minuman beralkohol misalnya.

Jadi jangan anggap sepele destinasi wisata tujuan kita ketika ingin pergi berlibur. Pastikan tidak hanya menawarkan keindahan dan kemewahan fasilitas, tapi juga tetap memperhatikan ajaran dan syariat agama. Selain mendapatkan pengalaman berwisata yang berkesan, tentunya  jalan-jalan tetap barokah karena kita tak lupa untuk beribadah. Insyaallah.

Cheria Halal Holiday
Indonesia yang mayoritas berpenduduk muslim serta tersohor dengan berjuta pesona dibidang pariwisatanya, saat ini juga mulai berbenah diri dalam menghadapi tren wisata halal. Pemerintah Indonesia dengan bantuan beberapa lembaga dan Kementerian Pariwisata, terus melakukan beragam inovasi untuk mendukung potensi daerah yang siap “menjual” destinasi wisata mereka dengan branding halal tourism.

Beberapa langkah konkret pemerintah yang sudah berhasil terealisasi diantaranya, menyelenggarakan Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN), mengesahkan fatwa tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata berdasarkan Prinsip Syariah, serta mengikuti kompetisi penghargaan wisata halal internasional diajang World Halal Tourism Award (WHTA).

Event ini merupakan program rancangan Tim Percepatan Pengembangan Pariwisata Halal (TP3H) Kementerian Pariwisata yang dilaksanakan pada akhir 2016 lalu. Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) merupakan ajang apresiasi terhadap destinasi dan industri yang mengembangkan pariwisata hala di Indonesia. Nominasi KPHN terbagi dalam 15 kategori yang kemudian 10 pemenang dari kategori yang ada akan diajukan untuk mewakili Indonesia ke ajang World Halal Tourism Awards (WHTA) 2016.
Kompetisi Pariwisata Halal Nasional
Malam Anugerah Kompetisi Pariwisata Halal Nasional 2016
Acara puncak dari KPHN 2016 yaitu berupa malam penganugerahan penghargaan (awarding night) pariwisata halal, yang berlangsung pada tanggal 7 Oktober 2016 bertempat di Balairung Soesilo Soedarman, Gedung Sapta Pesona – Jakarta.

Fatwa ini ditetapkan dalam Rapat Pleno Dewan Syariah Nasional – Majelis Ulama Indonesia (DSN-MUI), yang berlangsung selama dua hari yaitu pada tanggal 1 – 2 Oktober 2016 di Bogor, Jawa Barat. Fatwa MUI dengan Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 tersebut membahas tentang Pedoman Penyelenggaraan Pariwisata berdasarkan Prinsip Syariah.

Berikut beberapa kutipan Fatwa MUI Nomor 108/DSN-MUI/X/2016 tentang wisata halal di Indonesia :
Fatwa MUI Tentang Wisata Halal

Tahun 2015 menjadi tonggak awal melebarnya sayap pariwisata halal Indonesia di ajang bergengsi The World Halal Travel Summit & Exhibition. Indonesia berhasil memperoleh 3 penghargaan dan bersaing ketat dengan negara yang lebih dulu mengangkat wisata halal sebagai produk unggulan pariwisata mereka seperti Turki, Malaysia serta Thailand.

Tiga penghargaan yang diperoleh Indonesia yaitu World’s Best Halal Tourism Destination (Lombok), World’s Best Halal Honeymoon Destination (Lombok), dan World’s Best Family Friendly Hotel (Sofyan Betawi Hotel Jakarta).

Sementara di tahun 2016 lalu, Indonesia berhasil memborong 12 penghargaan dari total 16 nominasi yang dikompetisikan. It’s so amazing, right?
Indonesia di World Halal Tourism Awards 2016
12 Penghargaan yang Berhasil diraih Indonesia di Ajang WHTA 2016
Adanya dukungan dari pemerintah serta terkenalnya destinasi wisata halal dalam negeri di dunia internasional, menjadi bukti bahwa Indonesia serius menggarap wisata berkonsep halal tourism. Kita sebagai wisatawan pun akan semakin mudah dan merasa nyaman ketika akan melakukan liburan karena sudah tersedianya fasilitas halal di tempat wisata yang ada di Indonesia.

Cheria Halal Holiday
Bagaimana, sudah merasa “aman” kan jika ingin menikmati liburan lebaran bersama keluarga tahun ini? Nah, bagi temen – temen yang ingin berlibur tapi nggak mau repot mengurus ini – itu – ini – itu, gunakan saja jasa travel halal untuk mempermudah kita dalam melakukan perjalanan atau berwisata. Salah satu travel di Indonesia yang menyediakan fasilitas wisata halal yaitu Cheria Halal Holiday.
Cheria Halal Holiday
Cheria Halal Holiday Team
Cheria Halal Holiday merupakan perusahaan tour dan travel yang melayani kebutuhan perjalanan baik ke dalam maupun ke luar negeri, serta berkomitmen untuk terus menyediakan menu halal disetiap paket perjalanan yang ditawarkan.

Tak hanya terkenal dengan paket perjalanan halalnya saja, perusahaan yang berdiri sejak tahun 2012 ini juga menjadi leader dalam industri tour halal Indonesia dan menjadi tempat belajar untuk agen travel lainnya dengan aktif memberikan training untuk mempopulerkan wisata halal di Indonesia.

Cheria Halal Holiday
Sebagai penyedia jasa tour dan travel terpercaya, Cheria Halal Holiday sudah memiliki lisensi Konsorsium dengan legalitas SK Departemen Agama RI No. D/577/2011, Umrah Depag RI D/836-2012 dan BPW SIUP : 2365/2012. Cheria Halal Holiday juga masuk dalam kategori biro resmi perjalanan haji dan umroh di Indonesia. Jadi tak perlu diragukan lagi legalitasnya.

Ada 3 paket utama yang ditawarkan pihak Cheria Halal Holiday, yaitu paket wisata, paket haji dan paket umroh. Untuk mempermudah konsumen, ketiga paket tersebut juga masih dirincikan ke dalam beberapa paket pilihan lain yang lebih spesifik. Paket wisata sendiri terdiri dari paket wisata halal domestik dan wisata halal luar negeri. Paket haji, tersedia paket haji plus dengan kuota maupun non kuota. Sementara untuk umroh terdapat paket umroh regular, umroh plus dan umroh express.
Cheria Halal Holiday

Cheria Halal Holiday

Keunggulan lain yang patut diapresiasi adalah pelayanan Cheria Halal Holiday yang bisa dilakukan selama 24 jam melalui customer service via Whatsapp di nomor berikut : 0878 – 9964 – 1375.

Dengan segala komitmen yang dipegang, tak heran rasanya jika Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia berhasil mendapatkan predikat ketiga dalam Kompetisi Pariwisata Halal Nasional (KPHN) 2016 lalu dalam kategori website dan travel halal terbaik.
Cheria Halal Holiday
Ibu Farida Ningsih Selaku Perwakilan dari Cheria Halal Holiday saat Menerima Penghargaan di Ajang KPHN 2016
Selain itu, Cheria Halal Holiday menjadi yang pertama dan satu – satunya perusahaan tour dan travel yang memiliki aplikasi tour halal berbasis web dan aplikasi mobile phone di Indonesia dengan nama Travel Konsorsium.

Salah satu bukti keberhasilan sebuah usaha berjalan dengan sukses bisa kita lihat dari adanya kepuasan dari pihak konsumen / pelanggan saat menggunakan jasa yang kita tawarkan. Kepuasaan pengguna jasa Cheria Halal Holiday yang sudah berpengalaman memberangkatkan ribuan jamaah baik secara personal, corporate maupun grup ini bisa kita lihat melalui akun media sosial yang dimiliki Cheria Halal Holiday, seperti Facebook, Instagram dan Youtube.
Cheria Halal Holiday
Testimoni Jamaah Umroh & Haji Cheria Halal Holiday

Cheria Halal Holiday
Seperti yang sudah saya tuliskan di atas, salah satu keunggulan Cheria Halal Holiday yaitu memiliki paket perjalanan wisata yang lengkap. Ada paket wisata halal domestik seperti ke Bali, Lombok  dan Jogjakarta, serta paket wisata halal luar negeri, seperti Paket Tour Wisata Halal Jepang, Paket Tour Wisata Halal Turki, Paket Tour Wisata Halal Korea Selatan, dll.

Nah, berikut ada sedikit penjelasan dari salah satu paket wisata halal luar negeri yang ditawarkan pihak Cheria Halal Holiday, yaitu Paket Tour Wisata Halal Turki.

***
Turki adalah salah satu negara destinasi wisata halal yang cukup populer di dunia. Menurut hasil survey terbaru yang dipublikasikan oleh crescentrating.com, Turki menduduki peringkat ke-4 sebagai negara muslim yang paling banyak dikunjungi wisatawan, tepat satu peringkat di bawah Indonesia.

Global Muslim Travel Index 2017

Selain menawarkan kemudahan kepada wisatawan dengan fasilitas bebas visa, negara yang terletak di dua benua (Asia & Eropa) ini juga memiliki pemandangan yang mempesona serta menawarkan tempat – tempat yang kental akan sejarah peradaban Islam.

Paket Tour Wisata Halal Turki dari Cheria Halal Holiday akan mengajak kita selama 10 hari perjalanan pergi – pulang Indonesia – Turki. Berikut rincian itinerary ( jadwal perjalanan ) ke Turki yang telah disiapkan oleh Cheria Halal Holiday :


Pada hari yang telah ditentukan, peserta tour akan memulai perjalanan menuju Istanbul -  Turki melalui Bandara Internasional Soekarno – Hatta.

Merhaba! Welcome to the city, Istanbul.
Salah Satu Sudut Kota Istanbul
Setelah tiba di bandara, peserta tour wisata halal Turki akan langsung diantar menuju Bursa dengan menggunakan kapal ferry melewati Laut Marmara. Setelah sampai di Bursa, kita akan diantar untuk makan malam dan menuju Sheraton Bursa Hotel untuk beristirahat.

Setelah santap pagi, peserta akan diajak berkeliling Bursa dan mengunjungi beberapa tempat seperti Ulucami Grand Mosque, salah satu masjid terbesar di Bursa peninggalan kekaisaran Ottoman. Lalu mengunjungi Green Mosque dan Green Tomb, berbelanja di Silk Market, serta menikmati keberadaan monumen dan bangunan bersejarah di tengah kota Bursa.
Patung Kuda Troy yang Bersejarah
Perjalanan dilanjutkan menuju Troy City untuk melihat patung kuda Troy yang terbuat dari kayu sebagai bagian dari strategi perang jaman Yunani kuno. Selanjutnya peserta tour akan diantar menuju Izmir yang menjadi kota ketiga terbesar di Turki. Disini kita akan diajak untuk mengunjungi Clock Tower, sebuah maha karya yang dipersembahkan untuk ulang tahun ke-25 Raja Abdul Hamid ke-II pada jaman dinasti Ottoman. Terakhir, kita akan diantar menuju Kusadasi untuk bermalam di Ramada Resort Kusadasi Hotel.


Tour hari ke-4 akan dimulai dengan mengunjungi Leather Factory Outlet, kemudian dilanjutkan menuju kota sejarah Ephesus yang menjadi salah satu kota arkeolog terindah di dunia. Destinasi selanjutnya adalah Isa Bey Mosque. Setelah istirahat dan makan siang, perjalanan dilanjutkan ke Pamukkale untuk mengunjungi Cotton Castle, sebuah destinasi wisata alam yang terkenal dengan sumber mata air panasnya.
Kolam Air Panas di Cotton Castle yang Terbentuk secara Alami
Cotton Castle ini tersusun dari hamparan bebatuan berwarna putih, karena kandungan kalsium yang tersimpan didalamnya. Disini kita bisa berendam di kolam air panas yang terbentuk secara alami atau sekedar menikmati pemandangan yang ada. Puas menikmati eloknya Cotton Castle, selanjutnya kita akan diantar menuju Thermal Hotel di kawasan Pamukkale untuk bermalam.


Hari ke-5, perjalanan dilanjutkan menuju Cappadocia melewati Konya, sebuah kota di Turki yang sangat teratur, nyaman dan indah. Setibanya di Konya, peserta tour akan langsung menuju Meylana Museum, lalu singgah ke Sultani Caravanserai, yaitu sebuah bekas hotel tua yang digunakan sebagai tempat peristirahatan bagi para pedagang saat jalur sutera masih aktif. Sesampainya di Cappadocia, kita akan diantar menuju Ramada Cappadocia Hotel untuk beristirahat.

Cappadocia adalah sebuah kota di Turki yang terkenal karena keindahan bangunan yang ada di dinding gunung dan terbuat dari batu. Batuan sedimen yang terbentuk dari material vulkanik ini terkikis oleh angin dan hujan, sehingga membentuk pahatan sempurna yang menghasilkan menara dan pilar. Situs sejarah inipun sudah diakui UNESCO sebagai peninggalan sejarah dunia yang harus dijaga keberadaanya.


Setelah sarapan dan bersiap, peserta tour akan diajak untuk menaiki balon udara sambil mengelilingi gunung – gunung yang ada di Cappadocia (optional tour). Dilanjutkan dengan mengunjungi Pasabag Valley, Camel Valley, Pigeon Valley, Uchisar Castle, Undergoround City of Saratli dan Avanos Village. Sampai tiba waktunya kita akan dijemput dan kembali ke hotel untuk beristirahat.

Hari ini kita akan menuju Ankara, ibukota Turki yang terletak di daerah Anatolia. Sesampainya disana, kita akan diajak untuk mengunjungi Ataturk Mausoleum, yaitu tempat peristirahatan terakhir dari Mustafa Kemal Ataturk (Presiden Pertama Turki). Perjalanan dilanjutkan menuju Istanbul untuk bermalam di Conrad Bosphorus Hotel.

Perjalanan hari ke-8 akan dimulai dengan melihat keindahan bunga tulip di Emirgan Park, lalu dilanjutkan city tour kota Istanbul dengan mengunjungi Blue Mosque, Topkapi Palace, Hippodrome, Hagia Sophia dan Grand Bazaar untuk berbelanja. Malam harinya, kita akan diajak untuk berkeliling Selat Bosphorus dengan private boat yacht sambil menikmati makan malam romantis diatas kapal. Sampai tiba waktunya kita akan dijemput dan kembali ke hotel untuk beristirahat.
Bunga Tulip di Emirgan Park - Turki
Acara bebas hingga tiba waktunya kita dijemput dan diantar ke bandara untuk terbang ke kembali Jakarta.

Peserta tiba di Jakarta dan merupakan akhir dari rangkaian tour wisata halal Turki.

***

Itulah rangkaian perjalanan dari salah satu paket wisata halal yang ditawarkan pihak Cheria Halal Holiday. Selain memiliki itinerary yang jelas, tentunya Cheria Halal Holiday juga telah memastikan kehalalan destinasi wisata yang akan kita kunjungi.

So, tertarik untuk memasukan Turki ke dalam list negara yang ingin kamu kunjungi untuk berlibur? Silakan persiapkan dan rencanakan sebaik mungkin, karena jadwal long weekend untuk menikmati liburan di tahun ini masih tersedia banyak. Ada liburan lebaran, liburan akhir tahun, dan yang pasti liburan tahun baru 2018.
Cheria Halal Holiday
Sumber : cheria-travel.com
Last but not least, jangan lupa perhatikan kehalalan destinasi wisata yang ingin kita kunjungi serta selalu gunakan jasa travel yang menyediakan paket wisata halal dalam setiap perjalanan wisatanya, seperti Cheria Halal Holiday. Ingin berkonsultasi? Mencari info wisata halal? Atau melakukan reservasi untuk agenda liburanmu? Silakan hubungi kontak Cheria Halal Holiday berikut daaan selamat berlibur :)
Cheria Halal Holiday

You Might Also Like

58 komentar

  1. Keren banget ini Mas Wisnu. Semoga bisa berwisata halal..aamiin..
    Leibih asik lagi sepertinya ajak pasangan halal ya, Mas..#Uupss..
    Keren juga ya mas, udah dapet 12 penghargaan.
    Oh ya, itu patung kudanya keren juga ya, Mas. Seperti yang di dekat alun-alun utara Jogja, tapi aku rasa tak sebenar yang di foto itu..hehe

    Semoga menang ya, Mas. Berkah tulisannya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin aamiin aamiin :)
      haduh jangan ngingetin pasangan halal dulu mas, hehe
      belum pernah liat malah aku patung kuda di deket alun-alun, taunya dulu ada di deket parkiran malioboro itu

      aamiin, terimakasih

      Hapus
  2. wih mantep ulasannya mas :)


    www.deddyhuang.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih wahai mastah :)
      saya selalu minder kalau udah baca tulisanmu koh, selalu detail dan berbobot
      hehe

      Hapus
  3. Bulan puasa sy tetap jalan jalan. Jalan jalan cari masjid yg kasih buka gratisan hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, saya juga suka kalau jalan-jalannya seperti itu mas
      kegiatan wajib anak kost macam saya

      Hapus
  4. kalau wisatanya sudah halal jadi tenang, ibadah gak ketinggalan, makanan terjaga

    BalasHapus
    Balasan
    1. alkhamdulillah
      liburan dapet, ibadah tetep jalan

      Hapus
  5. Semakin bersyukur kini kian banyak wisata halal yg diterapkan berbgai destiasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, alkhamdulillah
      udah ngga khawatir sekarang kalau mau berlibur karena banyaknya destinasi wisata yg sudah berlabel halal, baik di dalam negeri maupun luar negeri

      Hapus
  6. wah, mau banget liburan halal bersama keluarga .>
    jadi kita tidak susah nyari makanan halal dan tempat beribadah.

    semoga sukses yaa om wisnu

    BalasHapus
    Balasan
    1. wujudkan bang, liburan panjang tahun ini banyak lho hehe

      aamiin, terimakasih :)

      Hapus
  7. wisataa hallaal ya, wah say apengen nih ke turki, bisa pakai jasa CHeria saja,

    kalau dilihat2 ini bisa peluang jadi pemenang, gutlakkk yakkk

    BalasHapus
    Balasan
    1. coba reservasi ke cheria holiday mas :)

      aamiin, terimakasih

      Hapus
  8. Bener mas Wisnu. Sebaiknya kita liburan ga hanya untu ngilangkan penat. Tapi lebih baik jika liburannya terarah secara syariat. Jadi penat bisa hilang tanpa maksiat

    BalasHapus
    Balasan
    1. mantep dah diksi-nya hehe
      iya mas, ngga cuma dapet seneng-senengnya aja tapi ibadah juga tetep bisa jalan

      Hapus
  9. Ko masih jarang ada paket wisata halal untuk Indonesia ya ? padahal potensinya besar sekali. Apa dikarenakan market di sini kurang mampu daya belinya dan lebih enak jual untuk keluar negeri ya ? Semoga ini bisa menjadi perhatian bagi para pelau dunia usaha wisata yang ada di Indonesia.

    BalasHapus
    Balasan
    1. lumayan banyak kok mas.

      banyak agen perjalanan yg sudah menawarkan paket wisata halal di daerah indonesia. seperti yg saya tuliskan diatas, di cheria holiday sendiri menyediakan beberapa pilihan paket wisata halal domestik seperti ke lombok, jogja, bali, derawan, raja ampat, dll.

      Hapus
  10. Jadi makin tenang ya travelling dengan adanya agen travel dan paket wisata halal, refreshin dapat dan hati tetep tenang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alkhamdulillah :)
      serasa sekali dayung 2-3 pulau terlampaui mas.
      jalan-jalan dapet, ibadah lancar

      Hapus
  11. Wew lengkap mas materinya, semoga bisa juara :D
    Btw baru tahu saya Tokopedia eh Cappacodia itu di Turki, kirain di Yunani XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin, terimakasih :)

      masih salah itu nulisnya mas Jo, yg bener cappadocia muehehe

      Hapus
  12. Asik kalau berwisata halal jadi tenang liburan dan ibadah ya. Good luck, mas :)

    BalasHapus
  13. Tulisannya benar-benar meriah dan ceria, banyak pernik yang memanjakan mata, hehe. Semoga sukses ya, good luck dan diberkahi upayanya mendukung pariwisata Indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mas, biar yang baca betah lama-lama diblog ini hehe.

      iya, infografis pendukungnya memang tak buat ceria sesuai brand colornya cheria wisata. dominan warna merah-kuning-biru-hijau-orange.

      aamiin :)

      Hapus
  14. Wah, lengkap dan informatif.

    BalasHapus
    Balasan
    1. tulisamu ngga kalah lengkap mbak zumi :)

      Hapus
  15. tak terasa ya, tinggal itungan hari lagi berjumpa dengan bulan2 yang ditunggu2 umat Islam seluruh dunia.... : )

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, siap-siap buat berpuasa dan jadi takjil hunter lagi ini hehe

      Hapus
  16. wahh seru nihhh pariwisata halal udah mulai trend. Tapi daku blm menghalalkan seseorang utk diajak berpariwisata halal :')

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya bang, alkhamdulillah.
      yah baper..buruan di halalin dong hehe

      Hapus
  17. Aiih bang wisnu liburanya milih ke Turkii yaa kalo aku pengenya ke China wk :)
    Tapi kalo di ajak ke Tukri gratis aku maunya ke Cappadocia ..
    ga tau kenapaabis liat postingan Teh Syahrini di instagram berlatarkan balon udara aku jadi pengen ke Cappadocia juga ..
    Tapi ga ada duitnya euy :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. pengen ke jepang kalau yg luar negeri aslinya. tapi udah pernah tak ulas di blogpost yg lomba kemaren, jadi ini milihnya ke Turki :)

      nabung bang, nabung hehe

      Hapus
  18. kalau traveling saya memang kadang kesulitan cari makanan halal, end up nya makan junk food. mungkin trip halal ini bisa jd solusi ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. wah bisa banget mbak, karena salah satu fasilitas yang ditawarkan oleh paket wisata halal yaitu tersedianya makanan halal di tempat tujuan wisata / travelling :)

      Hapus
  19. Lengkap banget tulisannya, Mas. Iya semoga jadi panduan bagi para keluarga untuk mengikuti wisata halal ya. Apa lagi pergi bareng keluarga, tentu lebih tenang jika perjalanannya kita tak perlu memikirkan harus mencari makan di mana, kalau sedang di luar negeri.

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih mbak :)

      iya, karena makanan halal sudah direkomendasikan sama pihak cheria halal holiday. kita tinggal mengikuti itinerary yang sudah disediakan

      Hapus
  20. ke Filipina ada gak ya
    (pertanyaan sama untuk yang ikutan lomba ini)
    tapi emang wisata halal itu penting juga, terutama makanan
    semoga menang
    barokallah

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, kalau di cheria holiday belum ada sepertinya untuk paket wisata halal ke filipina.

      aamiin, terimakasih mas :)

      Hapus
  21. Pengen banget mas, apalagi ditemani pasangan yang halal juga. Cucoookkkkkkk. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. yah ini baper juga bang XD haha
      ayok, semoga bisa menikmati liburan halal saat lebaran

      Hapus
  22. Akuu jugaa pengeen bangeet ke Turkii mass. . :D Udah lama pengen, tp belum kesampeaan jugaa. heheheh Main ke bunga tulip emirgan Turki asikk kayanyaa. penuh warnaa dan instagramable bangeet buat poto". eheheh

    Thank you sharingnyaa. lengkaap dan jelas banget ulasannyaa :D hehee good luck yaaaak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau saya pengenya ke emirgan park, cappadocia, cotton castle sama hagia sophia *lah itu mah semua tempat wisata XD. semoga ada rejeki buat main ke turki mbak. aamiin

      terimakasih :)

      Hapus
  23. Bagus nih paket wisatanya.
    Bikin kita nggak mesti khawatir akan kehalalan suatu destinasi.

    Hm... Ramadhan ya?
    Kayaknya mau jalan-jalan nyari masjid yang sedia bukaan gratis aja ntar. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, jalan-jalan bakal nyaman dan dijamin halal :)

      Hapus
  24. Pengen doonng ke Turki. Kayak apa ya suasana disana?

    Good luck, mbak, buat lombanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Turki yang pasti ramah dengan wisatawan muslim bang choky hehe.
      Terimakasih bang :)

      Hapus
  25. sip semoga sukses buat lombanya ya, ke Turki? wow mau banget
    wisata halal dengan dia yang sudah halal lebih wow deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. terimakasih :) di planning mulai dari sekarang mbak may, biar perjalananya berjalan sesuai rencana

      Hapus
  26. 2 tahun lalu, wisata halal di Indonesia. tebak kemana?
    ke Cirebon- Kudus - Demak. syariah banget kan? hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. widiii, tour religi indonesia via pantura ini namanya :)
      ikutan ah kapan-kapan kalau ada lagi

      Hapus
  27. masih ga paham deh ini maksudnya wisata halal, semua tempatnya yang bersertifikasi halal ya berarti. btw di Cappadocia turnya juga cover naik balonnya? menarik sekaliiiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mbak, salah satu patokan wisata halal itu ada sertifikasi halal dari pihak pengelola yang resmi dikeluarkan oleh badan pengkajian halal di masing-masing negara. selain itu, tempat wisata juga harus menyediakan tempat ibadah yg layak, tidak menyediskaan menu beralkohol atau menu haram lainnya serta terhindar dari kegiatan berbau maksiat.

      kalau paket dari cheria halal holiday, itu optional tour mbak :)

      Hapus
  28. Enaknya Jalan2 kalo ada yang bayarin ya... Mantab mas...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Enak banget itu, karena sesungguhnya sesuatu yg dibayarin adl salah satu kenikmatan yg haqiqi XD

      Hapus
  29. Duh, jadi pengin naik balon udara keliling cappadocia.
    Buatku sih,wisata halal penting. Terutama soal makanan, kalau ada paket wisata halal kan jd memudahkan buat para wisatawan muslim.
    Salam kenal Mas Wisnu

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe malah sudah "diammpiri" mbak ety duluan

      iya mbak, apalagi kalau kita wisatanya keluar negeri yang mana belum kenal sama daerahnya dan kadang susah buat nyari menu halal disana. ya solusinya bisa pakai jasa travel yg menyediakan menu halal. mudah dan insyaallah berkah :)

      Hapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers