NET MDP IV 2016 : Sampai Tes Interview Doang

Senin, Maret 06, 2017

  بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
NET MDP IV 2016
Udah ketauan kan blogpost kali ini mau bahas apa? Tepat sekali ! Pengalaman jobseeker yang sedang berjuang demi menghilangkan status PENGANGGURAN.

“Kok cuma sampai interview doang bang?”
“Hooh, lha karang urung rejeki le”
***
Note : yang penasaran sama test NET MDP IV apa aja, langsung scroll ke sub judul “Tes Psikotest NET MDP IV 2016” biar ngga buang-buang waktu. :)
***
Bagi yang belum tau apa itu NET MDP IV, saya akan sedikit jelaskan disini. NET MDP IV adalah salah satu sistem rekruitmen yang dilakukan oleh NET TV untuk menjaring karyawan baru melalui serangkaian tes seleksi yang dilakukan secara besar-besaran pada bulan Maret 2016 lalu. MDP sendiri kepanjangan dari Media Development Program. MDP rutin dilakukan setiap tahun oleh pihak NET TV yang dimulai dari tahun 2013, dan tahun 2016 lalu merupakan tahun ke-4 dilaksanakannya NET Media Development Program.

Baca Juga : Merantau

Berhubung tahun ini NET TV udah buka MDP batch V, saya mau sedikit sharing pengalaman selama mengikuti tes di tahun 2016. Tapi inget ya, cuma sampai tes interview doang. SAYA ENGGA LOLOS JADI KARYAWAN NET TV. Biasa aja keleus, ngga usah di capslock juga -____-



Cerita ini bermula dari cita – cita saya yang dulu kepengen banget kerja di stasiun tv. Dulu pengennya kerja di Transcorp, karena memang saya akui kedua stasiun tv yang dimiliki Transcorp sangat keren dan memiliki acara dengan rating yang cukup tinggi. Alasan “biar bisa kerja di tv” inilah salah satu alasan yang menjerumuskan saya akhirnya milih jurusan DKV pas jaman kuliah. Alasan utamanya yaaa, karena di DKV ngga ada mata kuliah matematika. Hahaha. Alasan macam apa ini ya Allah. Oke, skip.

Pengumuman NET MDP IV waktu itu kalau nggak salah, resmi di tayangkan mulai dari bulan Januari dan ditutup akhir bulan Februari 2016. Sempet ragu – ragu mau daftar apa enggak karena memang waktu itu masih bener-bener jadi fresh graduate dan belum punya pengalaman kerja yang memadai. Tapi ya sapa tau rejeki kan, akhirnya saya putuskan untuk coba – coba daftar NET MDP IV via website di pertengahan bulan Februari. Bismillahirokhmanirrokhim, semoga rejeki.

NET MDP IV 2016
Klik untuk memperbesar gambar
Next-next-next, di awal Maret pas saya iseng -  iseng buka e-mail, ada satu e-mail yang masuk di inbox. E-mail yang bikin hati deg-deg ser nggak karuan ketika mau di buka cieillee. Biasa kan jobseeker, dapet e-mail notifikasi kalau lamarannya lolos aja udah seneng, apalagi kalau ada email panggilan buat ikut tes. Thank’s God, one step closer become NET TV family *sembah laptop*

Cerita di Kereta
Setelah persiapan yang serba mendadak, berangkatlah saya menuju tempat tes yang akan dilaksanakan di Istora Senayan Jakarta sehari sebelumnya pakai karpet terbang kereta api. Tes tanggal 16 Maret 2016, berangkat dari Solo tanggal 15 Maret sore. Mikirnya waktu itu bakal sendirian berangkat ke Jakarta, eee tau-tau pas di Stasiun Purwosari ketemu temen yang juga mau seleksi. Ada 5 orang kalau nggak salah.

Ekonomi 3 Kursi 22B
“Gerbong piro nu?”
“Ekonomi 3 kursi 22B, koe?”
“Iki rombongan nang ekonomi 2”

Fine! Beda gerbong, di kereta bakal lontang – lantung sendirian.

Kesalahan saya lainnya selama di kereta adalah lupa mbungkus nasi buat makan malam di kereta. Ya walaupun di dalem kereta ada mas-mas yang jualan nasi box, pop mie dan kopi, tapi saya sempet mikir-mikir buat beli. Takut harganya mahal plus porsinya dikit. Tahan ya, biar sampe ke rumah bude yang di Jakarta dulu *elus-elus perut*.

Perut saya pun akhirnya tumbang setelah mencoba bertahan beberapa jam tanpa makan malam. Pop mie menjadi satu-satunya pilihan menu makan malam karena harganya yang menurut saya lebih terjangkau dibandingkan nasi box yang entah isinya cuma berapa suap itu.


Jam 12-an malem akhirnya kereta sampai di Stasiun Pasar Senen. Setelah sms mas sepupu buat minta tolong jemput, saya pamitan sama rombongan temen-temen dari Solo. Lha mereka nginep dimana? // Katanya mau tidur di stasiun, tapi ngga jadi ding. Akhirnya nyari penginapan yang bisa buat rame-rame.Hehehe.

Tes Psikotest NET MDP IV 2016
Setelah istirahat ±4.5 jam, saya bangun untuk sholat subuh dan persiapan berangkat ke Istora Senayan. Untungnya saya dapat jadwal tes di batch kedua, yaitu jam 11 siang, jadi masih punya banyak waktu buat mandi, sarapan dan lain-lain. Tapiii, sempet dapet saran dari mas sepupu, “Mending berangkat jam 10an aja, biar ngga kena macet di jalan ya?”. Saya yang cuma “nunut dan ngrepoti” ini pun meng-iya-kan tawaran tersebut.

Jam 10 kami berangkat menuju Istora Senayan yang ternyata letaknya cukup jauh dari rumah bude saya di daerah Kebagusan, Jakarta Selatan. Motor matic berwarna hitam yang dikendarai sepupu langsung melaju keluar rumah, melewati gang-gang kecil khas Jakarta. Setelah itu, melintas di jalanan ibukota yang cukup padat dengan kendaraan bermotor. Oh my God, panas e rek! Macet…

“Ini ni tempatnya, nanti kalau udah selesai kabarin aja ya. Kalau bisa tak jemput, misal nggak bisa nanti tak orderin go-jek.”
"Oke mas."
***
Sesampainya di Istora Senayan langsung masuk gerbang dan mencoba ikut antri di antara ribuan manusia jobseeker. Ya Allah, ini yakin yang mau kerja di NET TV sebanyak ini? Banyak banget sumpah. Walaupun di pengumuman batch II mulai jam 11.00 dan selesai jam 13.00, tapi nyatanya kita harus menunggu batch pertama yang baru selesai jam 12.00-an. Baru setelah sholat dhuhur (±jam 12.30-an), peserta NET MDP IV batch kedua diperbolehkan masuk Istora Senayan.

Setelah semua peserta NET MDP IV masuk, kita langsung disambut dengan mc, kemudian dilanjutkan dengan hiburan dari cast The East, Rizki Febian dan tentu saja sang CEO, Mr.Wishnutama. Beliau menyampaikan bahwa total pendaftar NET MDP IV sekitar 17.000 orang, dan yang lolos tahap verifikasi berkas berjumlah 12.000. 5.000 orang diikutkan di batch pertama, 7.000 orang dimasukkan di batch kedua. Muke gileee, kudu bersaing dengan 11.999 jobseeker lain gaes. Kita juga disuguhkan beberapa video tentang kegiatan NET MDP tahun-tahun sebelumnya. Keren pokoknya. Kece!

Video Dokumentasi Pribadi

Tes psikotest pun dimulai. Selama ±3 jam kedepan kita akan mengerjakan serangkaian tes psikotest seperti :

1. Tes Gambar : Mencocokan gambar, gambar mana yang lebih mirip, gambar mana yang pas sesuai urutan gambar sebelumnya. Intinya ya tes gambar lah hehe

2. Tes Kepribadian : Ini tes jujur-jujuran. Jadi kita diharuskan memilih satu pilihan yang tersedia, mana yang sesuai dan yang tidak sesuai dengan kepribadian kita.

3. Tes Pauli / Kreplin / Tes Koran : menghitung deret angka di kertas yang seukuran kertas koran.

Tes selesai, kita diperbolehkan buat tidur-tiduran di Istora Senayan. Ya enggaklah, kita harus pulang ke rumah masing-masing. Lu kira Istora punya mbah mu? --' Buat yang masih pengen berlama-lama di sekitar Istora Senayan juga bisa sih, karena ada panggung hiburan dengan artis-artis kece dari NET TV, booth sponsor, official merchandise NET TV dan photo booth.

Lolos ke Tahap Interview NET MDP IV
Setelah menunggu ±10 hari, akhirnya pengumuman tes psikotes NET MDP IV keluar. Menurut info yang bersliweran di grup chat LINE, hasil udah bisa di lihat di website NET TV atau bisa juga cek inbox di e-mail. Alkhamdulillah, saya lolos mamak’e. Interview akan dilaksanakan tanggal 29 Maret 2016 di Ballroom Bellagio Mall.

NET MDP IV 2016
Klik untuk memperbesar gambar
Untuk interview kita akan di interview langsung oleh user, ada yang hanya di interview 1 user, 2 bahkan 3. Tergantung divisinya sih, kebetulan waktu itu saya di hadapkan langsung sama 2 orang user.

NET MDP IV 2016
Suasana Interview
Ditanya apa aja bang?

Yang pasti ya tentang informasi sesuai posisi yang kalian lamar. Saya waktu itu milih On Air Promotion Graphic Designer (keren ya namanya hehe). Setelah memperkenalkan diri ke user, saya diberikan pertanyaan kurang lebih seperti berikut :

1. Kenapa memilih posisi ini di NET MDP IV?
2. Lebih nyaman kerja tim atau kerja sendiri?
3. Bisa program animasi apa aja?
4. Bisa edit-edit video?
5. Kalau diberi jobdesk, dan kamu ngga ngerti atau ngga bisa ngerjain jobdesk tersebut, kamu mau bagaimana?

Kurang lebih seperti itu. Saya pun cukup yakin dengan jawaban yang saya berikan, tapi ragu-ragu di pertanyaan yang “program animasi dan edit video”. Jujur, untuk animasi saya sangat buta. NOL. Ya, benar-benar NOL. Edit video? Cukup bisa lah, walaupun memang belum semahir editor-editor di luaran sana. Ngga berharap lebih memang untuk tes interview NET MDP IV kala itu. Tapi saya masih terngiang dengan salah satu tulisan di blog yang ditulis oleh peserta yang lolos di NET MDP III, kurang lebih seperti ini :

“…di NET kita semua berawal dari tidak bisa, kita belajar dari NOL. Asal punya semangat dan kemauan yang tinggi buat belajar, insyaallah kita bisa survive dan lolos MDP…”

Pas tak coba cek blognya, ternyata yang komen sampai tulisan ini di publish pun masih ada lho. Ckckck ngeri sekaleee….
NET MDP IV 2016
Gagal di Interview :(
Dan benar saja, pas pengumuman interview keluar saya ngga dapet e-mail notifikasi dari HRD NET TV. Saya ngga lolos tahap interview. Kecewa? Iya. Sedih? Lumayan. Tapi ya apa mau dikata, NET TV belum menjadi jalan rejeki saya dari Allah. Harus banyak belajar & mencoba lagi, karena Allah masih punya banyak jalan rejeki buat hambanya yang mau berusaha dan berdoa :) Semangat!
***
Tips buat para pejuang NET MDP V : Selamat berjuang! Ngga usah belajar buat tes psikotest insyaallah juga bisa ngerjain kok hehe (kalau soal tesnya masih sama kaya’ NET MDP IV tapi), karena soalnya gampil-gampil. Mudah-mudah banget. Paling sering-sering latihan tes pauli aja. Selalu jaga kesehatan, tidur dan makan yang cukup, karena kalian bakal nunggu waktu test yang cukup lama. Jangan lupa pipis dulu sebelum psikotest, karena 3 jam kedepan setelah tes dimulai, kita dilarang keluar ruangan sebelum tes psikotes NET MDP selesai hehe.

Oiya, NET MDP IV ini juga di shoot buat sitkom The East lho *info nggak penting* XD

You Might Also Like

40 komentar

  1. Lah aku kirain ini tahun 2017 hahaha
    btw, kalau gasalah NET lagi buka lowongan kerja deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. tahun lalu, pas nyoba - nyoba ikut seleksi di jakarta
      iya, tahun ini ada net mdp v mbak

      Hapus
    2. tahunkapanpun ini adalah sebuah pengalaman hidup yang bisa jadi bekal melangkah kedepan...sekarang mah udah kerja dong yah

      Hapus
    3. iya mas...alhamdulillah sudah dapet ini di solo :)
      rejeki-nya dapet di solo hehe

      Hapus
  2. ketok e kece ngunu ya nu nek dadi bagian dari NET TV :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. kece badai nun, you know what the main reason i want to join net tv?

      because the uniform is very kece & keren XD

      Hapus
  3. pengalaman nyari kerjanya sampe jakarta toh mas,.
    ngak sekalian merantau aja ? *eheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya ini bang, merantaunya yg deket-deket sama rumah aja lah
      biar gampang kalau mau mudik

      Hapus
  4. Wah.. sukses selalu ya mas.. saya pernah ngalamin juga tuh degdegser nunggu tes hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. jobseeker mah adanya degdeg ser terus mas nunggu panggilan tes, ee pas tau hasilnya failed langsung lemes hehe

      Hapus
  5. waaah pengalaman yang menarik. dari segi penjelasan pun rinci hehehe. semangat bro semoga bisa mendapatkan pekerjaan yang baik hehe. kalo bisa mah dicoba lagi tahun ini semoga sukses.
    ini pertama kalinya saya mampir di mari, ijin follow blog yaaa.
    permisi permisi hehehhe

    BalasHapus
    Balasan
    1. weisyeeeh salam kenal mas :)
      aamiin, semoga bisa mendapatkakn kerjaan yg sesuai keinginan

      belum tertarik buat nyoba NET MDP lagi mas, kapan-kapan lah :)

      Hapus
  6. Bhahaha, klo aku mang dulu minat jadi reporter tv cumak sama nu, cuma mentok di sesi wawancara, malah keterimanya bukan di media tv, malah di media cetak, huhahhahahahha, apakah postur ama tampangku ga mumpuni buat kandidat reporter tv yes wkwkwkkw
    #sedih abis

    BalasHapus
    Balasan
    1. senasib mbak, cuma sampai interview doang :( media cetak dimana mbak? media lokal apa nasional kah?

      Hapus
    2. Media nasional nu, base in bisnis

      Hapus
  7. Ya Ampun gan gue deg-deg an bacanya, anjay.
    Kerasa banget pasti ya sulitnya jadi jobseeker.
    Walaupun lu ga lolos tapi lu udah punya pengalaman yang nilainya sangat berharga gan,
    terimakasih sudah mau berbagi.

    Moga impian bisa kerja di tv kesampean ya gan, mungkin sekarang bukan waktunya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. widiii ikut deg-deg'an?
      ya beginilah kehidupan jobseeker, kudu baqoh - siap mental.
      pengen kerja disini, tapi kalau belum jalannya juga ngga bakal terealisasi..

      aamiin :)

      Hapus
    2. Gimana kalo bikin saluran televisi sendiri ?

      Hapus
  8. Gpp gagal dulu..yang penting semangat..!
    Aku pernah ikutan BDP nya trans...duluuu bnget. Gagal juga. Trus nyantol sebagai perintis di tv lokal jogja. Lumayan, dpt pengalaman baru..teman2 baru..dan pekerjaan yang menyenangkan.
    Tp mmng harus stop..jam kerja susah bnget kompromi ma urusan anak. *malah curhat

    Btw..nggak tertarik ke tv lokal. Ada TA di solo, di Jogja bbrp. Lebih gampang seleksi masuknya.. Itung2 cr pengalaman dl kan gpp☺☺

    BalasHapus
    Balasan
    1. habis gagal di net juga sempet ikut bdp mbak tahun lalu. tesnya di ugm. alkhamdulillah lolos, walaupun ada embel-embelnya "cadangan pertama". tapi nggak tak ambil gara-gara udah dpt kerja di solo + waktu itu posisi yg tak lamar di bdp trans tv "kurang sreg"

      hehe, boleh juga itu sarannya mbak...besok-besok kalau udah resign dari kerjaan yg sekarang tak coba dah :)

      Hapus
  9. Uda sampai tahap interview itu mantep sih menurutku :D hihihi uda kereen. Gagal dulu ndapapa deh, besok pasti sukses :D

    Semangat yak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. siap! kudu rajin-rajin do'a juga ini biar gampang lolos kalau cari kerja

      Hapus
  10. Cemungud, masih banyak peluang sambil asah terus kemampuan, aku dari dulu juga pengen belajar animasi tapi gak kesampaian :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di kuliahahn dulu animasi sebenere diajari, tapi memang ngga begitu tertarik, yaudah ngga tak pelajari lebih dalem lagi hehe

      susah :D

      Hapus
  11. Pengalamannya kereen banget ini.
    walaupun nggak lolos, tapi seenggaknya kamu pernah bersaing sama ribuan orang. dan kamu sempet lolos!

    kayaknya stasiun tv memang jadi temat kerja favorite ya. apalagi kalau kita liat di sitcom the east. kayaknya enaa bgt gitu..

    tetep semangat!

    BalasHapus
    Balasan
    1. hehe, alhamdulillah bisa diberi kesempatan sampai tahap interview pun itu sudah bersyukur ^^

      Hapus
  12. sampai interview saja sudah keren lho, ayo coba lagi nanti, aku kok gak tetarik di bidang komunikasi ya kerjanya, soalnya pasti cape banget apalagi di TV

    BalasHapus
    Balasan
    1. kapan-kapan mbak kalau udah bener-bener siap kerja di "ibukota" kudu daftar lagi hehe

      iya sih cape, deadline nya mesti seabrek & kudu buat project-project "kejar tayang" juga :)

      Hapus
  13. waduh nemu lagi sesama jobseeker wkwk. tapi denger2 katanya kalo kerja di stasiun tv itu brutal banget loh. semoga sama2 cepet nemu kerjaan yang pas ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. *tossss* tapi aku udah dapet kerja sih, tapi juga mau resign sih, tapi...aah udah ahh

      kalau denger cerita-ceritanya juga gitu bang, tapi ya pengen juga ngrasain seberapa brutal nya kerja di stasiun tv *soksok'an banget ini* aamiin, sama-sama jobseeker XD. semoga segera dapet kerja yg sesuai pession

      Hapus
  14. Eh, ini yang setahun lalu toh. Temen gue malah dari luar pulau Jawa tuh ke Jakarta demi bisa kerja di Net. Ya, meski akhirnya gagal. :(

    Jangan beli di tempat-tempat gitu, Mas. Mahal emang. XD

    Seriusan mau kerja di Trans? Gue sempet tuh kemarinan jadi freelancer di Trans. Wahaha. Cuma, setelah dijalani kayaknya berat juga kerja di stasiun TV. Emang gue masih prilens, sih. Tapi kata temen gue, yang kerja tetep itu capeknya bisa bikin tipus. :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya, paling jauh peserta seleksi itu dari papua kalau ngga salah pas di interview. malah ada yg dari malaysia juga kaya'nya.

      yah namanya juga klupaan, daripada mati kelaparan kan mending beli popmie di kreta hehe

      belum dulu lah, belum siap mental ini XD

      Hapus
  15. Lah ternyata tahun lalu ya. :))
    Kayaknya gue ikut juga nih yang ada Rizky Febian-nya. Tapi gue nggak dateng pas interview . Hahaha. \:p/

    BalasHapus
  16. wahhh kerenn tuh makin banyak pengalaman makin baguss :v

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya mas, hehe
      kudu banyak-banyak pengalaman biar gampang cari kerja

      Hapus
  17. Aku paling gak PD kalau di wawancara. Lha, baca ceritanya mas wisnu, 'tanpa ragu saya pun menjawab pertanyaan itu satu2', jadi ngiri.. Tapi tu pengalaman menarik, mas.. Mudah2an ada hasil di kesempatan selanjutnya. Cemumut!!!

    BalasHapus
    Balasan
    1. kalau ngga yakin yaaa, takutnya interviewernya juga ragu-ragu mau ngrekrut kita.
      lah malah nggak lolos ntar hehe
      aamiin

      Hapus
  18. heheh bapak yg kuliah di Amerika udha pindah ke NET mas trans di tinggal,ternyata banyak juga yah peminat NET hehe... wah seru juga yah berlomba itu smeoga kapan" lbh sukses dna berkah mas... aamiin alhamdulillah matur nuwun sanget sudah berbagi nikmatnya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aamiin
      sama-sama mas...semoga bermanfaat

      Hapus

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers