Wisata Halal Lombok Sumbawa : Keistimewaan Halal Khas Indonesia di Mata Dunia

Jumat, November 04, 2016

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Sumber : pixabay.com
Satu tahun lalu, rakyat Indonesia tengah berbangga dengan sebuah prestasi luar biasa yang ditorehkan oleh salah satu pulau terindah di Nusantara, Lombok. Ya, sebuah pengakuan dari dunia kepariwisataan internasional terhadap keindahan serta sebuah label “Halal Tourism” di Lombok. Tak tanggung-tanggung, Indonesia memborong tiga penghargaan di ajang World Halal Travel Awards yang diselenggarakan di Uni Emirat Arab pada Oktober 2015. Dari tiga penghargaan tersebut, Pulau Lombok berhasil memenangkan dua kategori, yaitu Lombok, Indonesia sebagai The World’s Best Halal Tourism Destination serta Lombok, Indonesia sebagai The World’s Best Halal Honeymoon Destination. Sedangkan satu penghargaan lain diwakili oleh Sofyan Hotel Betawi sebagai The World’s Best Family Friendly Hotel. Di ajang internasional ini, Indonesia bersaing dengan negara-negara besar lain yang di dominasi oleh negara di wilayah Timur Tengah serta lebih awal mendeklarasikan wisata halal di negara mereka. 
Kemenangan Lombok di World Halal Travel Awards pada Oktober 2015
Sumber : http://www.wisatadilombok.com/2016/02/turisme-lombok-kekuatan-netizen-dan.html
Perolehan penghargaan “Halal Tourism” serta meningkatnya jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Lombok Sumbawa juga menjadi bukti tambahan bahwa Pemerintah Provinsi Nusa Tenggara Barat beserta Kementerian Pariwisata (Kemenpar) serius menggarap potensi pariwisata halal di Indonesia. Berdasarkan data dari Ditjen Imigrasi dan BPS, jumlah wisatawan asing yang berkunjung ke Indonesia melalui pintu masuk utama Bandara Internasional Lombok pada bulan Agustus 2016 berjumlah 9.157 orang. Jumlah ini mengalami peningkatan sebesar 13,20% jika dibandingkan dengan bulan Agustus 2015 yang hanya berjumlah 8.089 orang. Hal ini menunjukkan sinergi antara pemerintah dengan masyarakat berjalan maksimal untuk terus memajukan pariwisata halal di Lombok Sumbawa.


Pemerintah Daerah Nusa Tenggara Barat juga telah mengambil beberapa langkah penting untuk mempertahankan predikat destinasi wisata halal terbaik di tahun 2016. Langkah-langkah ini menjadi ujung tombak untuk meyakinkan wisatawan, bahwa Lombok Sumbawa berkomitmen menjadi Muslim Friendly Tourism terbaik dunia. Berikut beberapa hal yang telah dilaksanakan oleh pemerintah sebagai pendukung kesiapan Provinsi Nusa Tenggara Barat sebagai destinasi wisata halal :

1.  Pengesahan PERDA pariwisata halal pada bulan Maret tahun 2016.
Peraturan Daerah ini merupakan pioner PERDA pariwisata halal pertama di Indonesia. Tujuan utama disahkannya PERDA ini adalah sebagai pedoman bagi pengelola pariwisata dalam memberikan pelayanan pariwisata halal kepada wisatawan.
2.  Menyediakan tour guide turis berbahasa Arab.
Tingginya animo wisatawan Timur Tengah yang berkunjung ke Lombok, membuat pemda NTB mulai sadar akan pentingnya tour guide berbahasa Arab. Adanya tour guide ini memudahkan warga lokal dengan wisatawan untuk berkomunikasi serta bertransaksi.
3.  Sertifikasi dan standarisasi halal bagi 100 hotel serta restaurant di tahun 2016.
Sertifikasi dan standarisasi halal ini dilakukan oleh MUI bekerjasama dengan Disperindag NTB, serta Dinas Kesehatan kabupaten dan kota di NTB. Keuntungan yang akan didapatkan pihak hotel dan restaurant yang telah mendapatkan sertifikasi halal yaitu wisatawan muslim yang berkunjung dan menginap di hotel tidak ragu lagi untuk mengonsumsi makanan yang disajikan pihak hotel maupun restaurant.
4.  Mengadakan World Travel Writers Gathering
Sejak 2014, BPPD NTB bekerjasama dengan dinas dan kementerian terkait mengadakan agenda tahunan, World Travel Writers Gathering. Pada acara tersebut mereka mengundang para blogger untuk menulis tentang keelokan wisata di Lombok dan Sumbawa.

Momentum kebangkitan pariwisata halal Lombok Sumbawa pun terulang kembali di tahun ini setelah memperoleh 4 penghargaan dari 15 kategori nominasi di Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional (KPHN) 2016. 4 kategori tersebut yaitu, Novotel Lombok Resort & Villas, Lombok Tengah NTB sebagai Resort Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Kawasan Lembah Sembalun, Lombok Timur NTB sebagai Destinasi Bulan Madu Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, Wonderful Lombok Sumbawa (www.wonderfullomboksumbawa.com) sebagai Website Travel Ramah Wisatawan Muslim Terbaik, serta satu kuliner khas daerah Nusa Tenggara Barat yaitu Ayam Taliwang Moerad, NTB sebagai Kuliner Halal Khas Daerah Terbaik. Empat penghargaan yang diperoleh Pulau Lombok akan mewakili Indonesia bersama 11 kategori lain di ajang World Halal Travel Awards 2016.
Kompetisi Pariwisata Halal Tingkat Nasional (KPHN) 2016
Sumber : http://www.lombokhebat.org/2016/10/hebat-lombok-mendapatkan-4-penghargaan.html
Terlepas dari semua keberhasilan yang telah dicapai, Lombok Sumbawa kini terus berbenah diri demi merebut pasar wisata halal dunia sekaligus agar terhindar dari low season seperti di tahun-tahun sebelumnya. Impian pemerintah serta masyarakat Provinsi Nusa Tenggara Barat tersebut bukan sekedar isapan jempol, setelah pemerintah Indonesia menargetkan kenaikan peringkat Indeks Wisata Muslim Global dari peringkat 4 pada 2016 menjadi peringkat 1 pada 2019. Tentu pencapaian hal besar ini membutuhkan dukungan dari semua pihak, tidak hanya pemerintah daerah maupun pusat tapi peran aktif masyarakat untuk terus menjadi People Power in Tourism bisa menjadi nilai tambah agar target tersebut cepat terealisasi.
Salah satu aktivitas relawan Wonderful Lombok Sumbawa
Sumber ; http://lombokinsider.com/industry-news/government-affairs/galang-dukungan-netizen-tim-relawan-blusukan-ke-sumbawa-besar-dan-bima/
Melalui kekuatan People Power Tourism ini diharapkan mampu memberikan andil besar dalam mempromosikan Lombok Sumbawa sebagai tujuan utama pariwisata halal di Indonesia bagi para wisatawan, baik wisatawan domestik maupun mancanegara. Salah satu langkah nyata yang telah dilaksanakan adalah membentuk sebuah perkumpulan relawan bernama Wonderful Lombok Sumbawa (WLS). Relawan yang tergabung dalam Wonderful Lombok Sumbawa (WLS) akan menciptakan inovasi-inovasi baru dalam rangka mempromosikan wisata halal di Lombok Sumbawa. Dengan fokus utama pada pemanfaatan sosial media, mereka melaunching sebuah gerakan bernama “Satu  Juta Fans untuk Facebook Fanspage Wonderful Lombok Sumbawa”. WLS berharap informasi pariwisata yang telah diterbitkan melalui gerakan fanpage facebook dan sosial media lainnya memberikan kemudahan bagi calon wisatawan untuk mengetahui lebih dalam lagi tentang wisata halal di Pulau Lombok. 

Note : Tulisan ini diikutsertakan dalam Lomba Blog Promosi Lombok Sumbawa 2016 yang diselenggarakan oleh GenPI Lombok Sumbawa
http://bit.ly/genpi-blogwriting

You Might Also Like

0 komentar

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers