5 Tips Rahasia agar Istiqomah Sholat Dhuha

Rabu, Oktober 26, 2016

بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم
Sumber : pixabay.com
Sholat Dhuha? Iya sholat dhuha, sholat Sunnah yang dikerjakan minimal dua raka’at dan bisa dikerjakan maksimal 12 raka’at yang masing – masing dua raka’atnya diakhiri dengan satu salam. Kemudian waktu Sholat Dhuha sendiri bisa dikerjakan saat matahari sedang terbit atau tepatnya sekitar pukul 07.00 pagi sampai masuk waktu shalat Zhuhur lebih tepatnya kurang dari jam 12.00 siang [1]

Kalau belum terbiasa memang terlihat susah untuk dijalankan. Pun begitu ketika awal-awal aku mencoba untuk pertama kali melakukan ibadah sunnah ini. Tapi dengan niat dan ke-istiqomah-an, Insyaallah Allah bakal membantu memudahkan langkah kita. Berikut ada beberapa tips mudah (ini pengalaman pribadi lho coy hehehe) agar kita tidak malas lagi untuk sholat dhuha sebelum beraktifitas di pagi hari :

1. Mantapkan Niat 
Niat menjadi kunci pertama yang harus dimiliki. Ketika niat sudah bulat, maka kita akan merasa enteng untuk melaksanakan sholat dhuha di pagi hari meskipun tengah disibukkan dengan persiapan - persiapan kita untuk sekolah, kuliah, atau bekerja.

2. Mandi sebelum Sholat Dhuha
Ya, ketika sudah sibuk dengan persiapan kita untuk kuliah atau bekerja, tubuh secara otomatis akan terasa lelah dan berkeringat ( walaupun tak sebanyak ketika kita berolahraga ). Hal inilah kadang yang membuat kita ogah-ogahan untuk sholat dhuha. Nah cara mudah untuk mengembalikan kesegaran tubuh yaitu dengan mandi. Insyaallah dengan badan yang segar, ibadah sholat dhuha pun lancar.

3. Ingat Janji Allah tentang Pahala / Keistimewaan Sholat Dhuha
Ini yang membuatku bersemangat sholat dhuha. Allah menjanjikan banyak manfaat serta ribuan pahala yang akan diberikan kepada kita ketika istiqomah beribadah. Dari ’Aisyah –radhiyallahu ’anha-, beliau mengatakan bahwa Rasulullah Shallallahu ’alaihi Wa sallam bersabda,
أَحَبُّ الأَعْمَالِ إِلَى اللَّهِ تَعَالَى أَدْوَمُهَا وَإِنْ قَلَّ
Amalan yang paling dicintai oleh Allah Ta’ala adalah amalan yang kontinu walaupun itu sedikit.” ’Aisyah pun ketika melakukan suatu amalan selalu berkeinginan keras untuk merutinkannya." (HR. Muslim)
Dari ’Aisyah, beliau mengatakan bahwa Rasulullah shallallahu ’alaihi wa sallam ditanya mengenai amalan apakah yang paling dicintai oleh Allah. Rasul shallallahu ’alaihi wa sallam menjawab,
أَدْوَمُهُ وَإِنْ قَلَّ
Amalan yang rutin (kontinu), walaupun sedikit.(HR. Muslim)[2]

4. Sedekah Mudah dengan Sholat Dhuha
Sedekah tidak harus dengan harta yang kita punya. Dengan dua raka'at sholat dhuha pun kita bisa bersedekah, bahkan bisa menyedekahi 360 persendian yang ada di tubuh kita, seperti sabda Rasulullah berikut ini : 
“Pada setiap persendian kalian harus dikeluarkan sedekahnya setiap pagi; Setiap tasbih (membaca subhanallah) adalah sedekah, setiap tahmid (membaca Alhamdulillah) adalah sedekah, setiap tahlil (membaca Lailaha illallah) adalah sedekah, setiap takbir (membaca Allahu Akbar) adalah sedekah, amar bil ma’ruf adalah sedekah, nahi ‘anil munkar adalah sedekah. Semua itu dapat terpenuhi dengan (shalat) dua rakaat yang dilakukan di waktu Dhuha.” (HR. Muslim, no. 1181)

5. Sholat Dhuha, Tiket ke Syurga
Setiap orang yang beriman pasti menginginkan kehidupan di syurga setelah kematiannya. Selain melaksanakan ibadah-ibadah wajib yang telah diperintahkan oleh Allah, kita juga melaksanakan ibadah yang telah disunnahkan oleh Nabi Muhammad SAW. Dengan ibadah sunnah inilah kita bisa mendapatkan pahala tambahan sebagai tiket menuju syurga, salah satunya yaitu dengan melaksanakan sholat dhuha seperti hadist berikut ini : 
“Sesungguhnya di dalam syurga, ada pintu yang dinamakan pintu DHUHA, maka ketika datang hari kiamat memanggillah (yang memanggil Allah), dimanakah orang yang selalu mengerjakan sembahyang atas Ku dengan sembahyang DHUHA? inilah pintu kamu, maka masuklah kamu ke dalam syurga dengan rahmat Allah”. (HR. Thabrani dari Abu Huraerah).

Bukan bermaksud menggurui, hanya ingin berbagi. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan semangat untuk melaksanakan sholat dhuha, Aamiin.


“Dan hendaklah ada di antara kalian sekelompok orang yang menyuruh kepada kebaikan, memerintahkan yang ma’ruf dan melarang dari yang mungkar.
Mereka itulah orang-orang yang beruntung.”
(QS. Ali Imran: 104)

Ngopy dari : 
[1] http://rukun-islam.com/cara-mengerjakan-sholat-dhuha/
[2] https://rumaysho.com/550-di-balik-amalan-yang-sedikit-namun-kontinu.html

You Might Also Like

0 komentar

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers