UNS Solo : World Class University ( KATANYA )

Rabu, Februari 26, 2014

 بِسْــــــــــــــــــمِ اﷲِالرَّحْمَنِ اارَّحِيم

Gedung Rektorat UNS
Universitas Sebelas Maret atau lebih dikenal dengan sebutan UNS merupakasn salah satu Perguruan Tinggi negeri yang terletak di Surakarta, Jawa Tengah. Universitas Sebelas Maret diresmikan pada tanggal 11 Maret 1976, yang semula bernama Universita Negeri Surakarta Sebelas Maret. UNS merupakan penyatuan dari 5 unsur Perguruan Tinggi yang ada di Surakarta, yaitu IKIP Negeri Surakarta, STO Negeri Surakarta, AAN Surakarta, Universitas Gabungan Surakarta dan Fakultas Kedokteran Perguruan Tinggi Pembangunan Nasional Veteran Cabang Surakarta.

Universitas yang telah berusia 37 tahun inipun tidak diragukan lagi prestasinya, baik di Indonesia maupun mancanegara. Selain masuk 10 besar Perguruan Tinggi terbaik di Indonesia, UNS juga mulai berani mendeklarasikan diri menuju World Class University.

Namun apakah keberanian kampus ber-almamater biru muda ini menuju World Class University juga dibarengi dengan kesiapan yang seimbang?

Tugu di daerah boulevard UNS
Pernahkah anda menengok sejenak ke aliran sungai yang berada didepan Gedung Rektorat? Ya, jika dilihat sepintas memang terlihat indah, tapi coba amati lebih dekat. Aliran air yang tidak stabil, banyaknya sampah yang mengapung serta warna air yang kehijau-hijauan menunjukkan kurang pedulinya civitas UNS terhadap kebersihan sungai yang ada.

Air Telaga UNS

Kotoran di danau UNS
Selain sungai, UNS juga memiliki telaga didekat Fakultas Pertanian. Telaga ini menampung aliran air dari berbagai sumber di UNS. Namun sayang, perawatan yang kurang maksimal menyebabkan telaga yang seharusnya bisa menjadi salah satu aset UNS, seolah terlantar dan terlihat kotor.
Mungkin bapaknya lelah -____-
Sebagai pusat pendidikan, kampus memang tidak pernah terlepas dari sebuah informasi, baik informasi akan hiburan, informasi seputar kampus, maupun info-info penting lain. Salah satu media penyampai informasi yang murah dan mudah dijangkau adalah melalui pamflet / poster tempel. Di area UNS sendiri hal-hal semacam ini sudah ada sejak dulu dan masih berkembang hingga sat ini. Dari segi biaya memang lebih terjangkau, akan tetapi penempelan poster yang sembarangan serta tidak memerdulikan kebersihan akan menimbulkan dampak-dampak negatif, salah satu contohnya adalah bangunan-bangunan disekitar kampus terlihat kotor dan “semrawut”.
Nempel boleh, tapi kalau kaya gini?
Selain kampus Kentingan sebagai kampus pusat, UNS memiliki tujuh kampus cabang, salah satunya kampus JPOK – FKIP yang berada di daerah Ngoresan, Surakarta. Bagi yang baru pertama kali berkunjung, mungkin akan kaget. Kondisi kampus sangat jauh dari kata nyaman. Fasilitas yang ada kurang memadai, antara lain kamar mandi gelap dan pengap serta keadaan ring basket yang berkarat serta rusak.
Rusak!


Jangan membuang S*FTEK!
Semoga dengan sedikit pendapat "mahasiswa UNS" ini, pihak kampus bisa berbenah agar tagline World Class University tak hanya sekedar menjadi mimpi. Aamiin

You Might Also Like

0 komentar

Yakin udah di baca? Apa cuma di scroll doang?
Yaudah, yang penting jangan lupa komen yes?
Maturnuwun ^^

Member Of

Warung Blogger

Total Viewers